Pembuatan Iklan Digital Guna Meningkatkan Promosi Sebuah Toko Kelontong
DOI:
https://doi.org/10.32664/dharma.v3i2.1829Kata Kunci:
promosi digital, strategi pemasaran, toko klontongAbstrak
Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, menciptakan peluang sekaligus meningkatkan persaingan bisnis. Kondisi ini menuntut pelaku usaha mengadopsi strategi pemasaran terintegrasi untuk koordinasi program yang sinergis dan efektif. Penelitian ini berfokus pada Toko Kelontong Kanaan di Kelurahan Paniki, Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Analisis internal menunjukkan kekuatan berupa variasi produk lengkap dan loyalitas konsumen baik, namun promosi digital masih lemah. Analisis eksternal mengidentifikasi tantangan persaingan ketat serta ancaman pesaing baru yang aktif memanfaatkan platform digital untuk pemasaran. Untuk mengatasi masalah ini, dilaksanakan pelatihan iklan digital. Hasilnya, pengetahuan mitra meningkat 80% dalam penggunaan platform media sosial untuk promosi digital. Pasca pelatihan, Toko Kelontong Kanaan berhasil mengimplementasikan pemasaran digital melalui Instagram dan Facebook, yang menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 25% dalam tiga bulan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharma Nusantara: Jurnal Ilmiah Pemberdayaan dan Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
