Aplikasi Pengenalan Alutsista Berbasis Mobile Menggunakan Augmented Reality (AR)

Penulis

  • Ridwan Dwi Sofian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Suhendro Busono Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Yunianita Rahmawati Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v13i02.936

Kata Kunci:

Aplikasi Mobile, Alutsista, Augmented Reality

Abstrak

Indonesia sebagai negara yang berdaulat telah membuat kemajuan signifikan dalam meningkatkan kapasitasnya untuk pertahanan. Sejak saat ini, Indonesia terus bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas alutsista sebagai pendukung utama Tentara Nasional Indonesia. Dalam posisi strategis ini, Indonesia memiliki perbatasan laut dan darat terbuka dengan beberapa negara tetangga. Hal ini membuat Indonesia rentan terhadap ancaman keamanan yang mengakibatkan ketidakstabilan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Pengenalan Alutsista Berbasis Mobile menggunakan Augmented Reality (AR) yang mampu mengenalkan model alutsista di bidang edukasi, yang digunakan sebagai sarana media pembelajaran, agar orang yang tidak mengetahui tentang Alutsista dalam bentuk AR bisa mengetahuinya. Dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), akan tersedia aplikasi edukasi alusista dalam sistem pertahanan militer tentang materi Alutsista dengan kemampuan memindai objek secara tiga dimensi, sehingga dapat mengeksplorasi pengenalan Alutsista secara digital melalui aplikasi serta dapat menambah pengetahuan.

Referensi

R. T. Hermawan, Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember, no. September 2019. 2017.

G. R. Ningtyas, “Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember,†Digit. Repos. Univ. Jember, no. September 2019, pp. 2019–2022, 2021.

L. Y. Prakoso et al., “Implementasi Pengembangan Persenjataan Angkatan Laut Indonesia,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 519–526, 2022.

I. Yanuarti, M. Wibisono, and I. W. Midhio, “Strategi Kerja Sama Indo-Pasifik untuk Mendukung Pertahanan Negara: Perspektif Indonesia,†J. Strateg. Pertahanan Semesta, vol. 6, no. 1, pp. 41–70, 2020.

T. P. R. N. Hapsari and A. Wulandari, “Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang,†Diglosia J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 3, no. 4, pp. 351–364, 2020, doi: 10.30872/diglosia.v3i4.125.

I. D. Saputra, “Analisis Implementasi Augmented Reality (Ar) Berbasis Marker-Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran Hidroponik,†pp. i–62, 2019.

Aripin Ipin, “Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi,†J. Bio Educ., vol. 3, no. April 2018, pp. 01–09, 2018.

T. W. Sari, “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Alutsista pada PT Bhinneka Dwi Persada,†vol. 8, no. 2, pp. 2228–2240, 2022.

A. Pramono and M. D. Setiawan, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan,†INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, p. 54, 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i1.12573.

N. K. P. W. Mustika, “Sistem Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Berbasis Android,†J. Elektro Luceat, vol. 7, no. 2, p. 1:7, 2021, [Online]. Available: http://118.97.29.116/index.php/jelekn/article/view/407

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28