Pengembangan Website Chatbot Untuk Kampus Bina Darma

Penulis

  • Syahrul AlFahryan Universitas Bina Darma
  • Suryayusra Suryayusra Fakultas Sains Teknologi, Universitas Bina Darma, Indones

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v13i02.930

Kata Kunci:

Chatbot, Smojo.ai, Mahasiswa, Kampus, Website

Abstrak

Kampus Bina Darma mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang mengakibatkan peningkatan kompleksitas dalam mengelola berbagai aspek kehidupan kampus. Salah satu permasalahan yang muncul adalah peningkatan permintaan layanan informasi dan bantuan bagi mahasiswa. Untuk mengatasi tantangan ini, pengembangan website chatbot menjadi solusi. Chatbot dapat meningkatkan efisiensi dalam memberikan informasi dan pengalaman berinteraksi yang lebih baik kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah website chatbot yang dapat digunakan oleh Kampus Bina Darma. Chatbot ini dirancang untuk memberikan informasi tentang jadwal kuliah, fasilitas kampus, prosedur administrasi, dan pertanyaan umum lain yang sering diajukan oleh pengguna. Metodologi yang digunakan adalah metode spiral, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu perencanaan, analisis, desain, implementasi dan uji coba. Kemudian, chatbot dikembangkan dengan menerapkan teknologi pemrosesan bahasa alami dan diintegrasikan dengan sistem informasi kampus. Setelah itu, uji coba chatbot dilakukan dengan partisipasi dari mahasiswa. Analisis statistik digunakan untuk menginterpretasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan website chatbot untuk Kampus Bina Darma berhasil diimplementasikan secara efisien. Chatbot mampu memberikan respons yang cepat dan akurat terhadap pertanyaan pengguna, yang kemudian menghasilkan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi terhadap pengalaman berinteraksi dengan chatbot. Selain itu, chatbot juga berhasil mengurangi beban kerja staf administrasi dalam memberikan informasi rutin kepada pengguna. Temuan ini mengindikasikan bahwa chatbot memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi layanan kampus secara keseluruhan.

Referensi

G. Guntoro, L. Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi chatbot untuk layanan informasi dan akademik kampus berbasis artificial intelligence markup language (AIML),†Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020.

M. R. Jhaerol and S. Sudianto, “Implementation of Chatbot for Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program using Long Short-Term Memory,†j. nas. pendidik. teknik. inform, vol. 12, no. 2, pp. 253–262, 2023.

S. Al Fakhri, H. U. Lutfi, W. K. Wardana, G. Munawar, and B. Wisnuadhi, “Aplikasi chatbot informasi Kampus Polban menggunakan aplikasi LINE Messenger,†in Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 2019, pp. 302–313.

S. Mulyatun, H. Utama, and A. Mustopa, “Pendekatan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot Sebagai Alat Bantu Customer Service,†Journal of Information System Management (JOISM), vol. 2, no. 2, pp. 12–17, 2021.

H. Herwin and K. Andesa, “Super agent chatbot ‘3s’ sebagai media informasi menggunakan metoda natural language processing (NLP),†Jurnal Teknologi Dan Open Source, vol. 2, no. 1, pp. 53–64, 2019.

A. Muhyidin, “Pengembangan Media Komunikasi Kehumasan Berbasis Chatbot ‘Unysa’ Sebagai Layanan Informasi Tentang Universitas Negeri Yogyakarta,†Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika Volume... Nomor... Tahun, p. 2, 2019.

A. A. Chandra, V. Nathaniel, F. R. Satura, and F. D. Adhinata, “Pengembangan Chatbot Informasi Mahasiswa Berbasis Telegram dengan Metode Natural Language Processing,†Journal ICTEE, vol. 3, no. 1, pp. 20–27, 2022.

Y. R. P. Inggrid, I. Yahdi, and Z. R. Rifki, “Rancang bangun fitur chatbot pada website Politeknik Masamy Internasional,†Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2022.

R. A. Sekarwati, A. Sururi, R. Rakhmat, M. Arifin, and A. Wibowo, “Survei Metode Pengukuran Aplikasi Chatbot Berbasis Media Sosial,†Gema Teknologi, vol. 21, no. 2, pp. 67–73, 2021.

K. Puspita, Y. Alkhalifi, and H. Basri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Website Dengan Metode Spiral,†Paradigma, vol. 23, no. 1, pp. 35–42, 2021.

R. A. Sekarwati, A. Sururi, R. Rakhmat, M. Arifin, and A. Wibowo, “Survey of Chatbot Testing Methods on Social Media to Measure Accuracy,†SISFOTENIKA, vol. 11, no. 2, pp. 172–182, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28