Analisa kepuasan pengguna terhadap Aplikasi ThatQuiz dengan Metode WebQual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v13i01.763Kata Kunci:
kepuasan, webqual, siswa, thatquizAbstrak
SMKN 5 Palembang merupakan sekolah yang telah mulai memanfaatkan teknologi informasi dalam proses KBM nya, hal ini dapat dilihat dari telah diterapkannya e-learning sebagai media pendukung dalam kegiatan KBM. Selain dari e-learning tersebut, dalam proses kegiatan evaluasi atau ujian sekolah, beberapa guru telah menerapkan sistem ujian berbasis teknologi informasi yakni dengan aplikasi thatQuiz yang dapat diakses melalui internet baik dengan PC ataupun perangkat handphone. Untuk mengukur kualitas sebuah sistem atau website apakah dapat dikatakan baik atau belum dapat dilihat dari tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem tersebut. Metode webqual merupakan salah satu metode yang tepat dan banyak digunakan dalam mengukur kualitas sebuah sistem. Cara kerja metode dilihat berdasarkan hasil olahan data kuisinoner yang merupakan pendapat dari para pengguna yang disusun berdasarkan 4 variabel penting yaitu pada aspek penggunaan, kualitas informasinya, kualitas interaksi sistem dan pengguna serta kualitas secara umum sistem tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari analisa kepuasaan pengguna menggunakan aplikasi ThatQuiz menggunakan metode Webqual. Hasil yang diperoleh nantinya adalah jawaban dari hipotesa sementara yang penulis hasilkan. Hasil nya adalah variabel information ada pengaruh yang signifikan positif terhadap kepuasaan, walaupun pengaruh nya berfek kecil, variabel interactive ada pengaruh yang signifikan positif terhadap kepuasaan, dengan efek sedang sesuai dengan uji F.
Referensi
S. Anshori, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran,†Civ. J. Ilmu Pendidik. PKn dan Sos. Budaya, vol. 2, no. 1, hal. 88–100, 2019.
Y. Erwin, Y. Arafat, dan D. Wardiah, “Pemanfaatan Information and Communications Technology Sebagai Sumber Belajar Di Era Digital,†JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 6, no. 1, hal. 325–334, 2020.
A. Hafiz, “Mengukur Kualitas Website Dengan Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi,†1Magister Tek. Inform. IBI Darmajaya, hal. 443–457, 2017.
P. Metode, W. Terhadap, A. Manik, I. Salamah, dan E. Susanti, “Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User,†J. Elektro dan Telekomun. Terap., hal. 477–484, 2017.
A. Pratama, A. S. Larasati, dan A. Wulansari, “Analisis Kualitas Website Sistem Langitan Umaha Dengan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,†J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, hal. 519–533, 2021.
K. Syahputri, I. Rizkya, I. Siregar, dan O. C. Syardhi, “Analysis of website service quality with webqual 4.0 integration method,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1122, no. 1, hal. 012035, 2021.
A. Nurhadi, N. Yunita, A. Mukhayaroh, dan A. Sahirudin, “Implementation Of Webqual 4.0 For Measuring The Quality Of Baznas.Go.Id Website For User Satisfaction,†SinkrOn, vol. 3, no. 2, hal. 260, 2019.
W. Warjiyono dan C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, hal. 139, 2018.
A. Kurniawan, G. Prabowo, dan T. Falahudin, “Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom,†Auto Tech J. Pendidik. Tek. Otomotif Univ. Muhammadiyah Purworejo, vol. 15, no. 2, hal. 97–108, 2020.
I. Habiba dan G. Wijaya, “Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,†Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 24, no. 1, hal. 29–36, 2022.
Y. Primadasa, E. Endang Etriyanti, dan V. Amalia, “Analisis Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Portal Akademik Menggunakan Metode Technology Acceptance Model,†CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, hal. 161–170, 2022.
R. N. Putri, L. Widajanti, dan S. A. Nugraheni, “Hubungan Citra Tubuh dan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Pemilihan Makanan Remaja Putri Usia 15-19 Tahun di Kota Semarang,†Media Kesehat. Masy. Indones., vol. 20, no. 3, hal. 193–199, 2021.
T. Tukino, “Analisis Kualitas Layanan Website Sikmb Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Pada Badan Pengusahaan (Bp) Batam),†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, hal. 1, 2019.
F. D. Bahiyyah dan U. B. Wibowo, “Analisis Kualitas Layanan Akademik Madrasah Dengan Metode Servqual Pada Pendidik Dan Tenaga Kependidikan,†Kelola J. Manaj. Pendidik., vol. 6, no. 1, hal. 1–10, 2019.
D. R. Indah, “Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa,†J. Manaj. dan Keuang. Unsam, vol. 5, no. 2, hal. 545–554, 2016.
B. A. Stefany, F. M. Wibowo, dan C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),†J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 1, hal. 172–184, 2021.
Y. Primadasa, A. Y. Saputra, dan H. Juliansa, “Penerapan Metode Technology Acceptance Model Terhadap Faktor Kepercayaan dan Risiko Dalam Penggunan Aplikasi Fintech,†CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, hal. 290–304, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.