Indonesia Sistem Informasi E-Kondektur Untuk Transaksi Tiket Bus

Penulis

  • Mochamad Subianto Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung, Malang, Indonesia
  • Rendy Jhon Kailola Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung, Malang, Indonesia
  • Paulus Lucky Tirma Irawan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung, Malang, Indonesia
  • Oesman Hendra Kelana Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v13i01.723

Kata Kunci:

bus, kondektur, penjualan tiket bus di perjalanan, supir, tiket bus

Abstrak

Penjualan tiket konvensional atau paper ticket masih memiliki prosentase penjualan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan penumpang dapat langsung bertemu dengan travel agent dan memperoleh informasi dengan lebih mudah serta menghindari kesalahan tujuan yang tercantum pada tiket karena pembelian dilakukan secara langsung. Namun, keamanan transaksi dan efisiensi model paper ticket masih dapat ditingkatkan. Masalah lain yang dihadapi adalah penumpang kurang mendapatkan informasi tentang waktu kedatangan bus ke halte, kondisi tempat duduk di bus (penuh atau tidak), dan jurusan dari bus tersebut. Di sisi lain, bus yang telah melakukan perjalanan harus mengangkut penumpang di halte-halte bus pada jalur yang dilalui jika tempat duduk bus belum terisi semua. Penelitian ini akan mengembangkan sebuah model sistem pembayaran tiket bus yang baru dengan menggunakan media smartphone yang disebut ticket on the road. Model ini akan menggantikan model paper ticket yang dibawa oleh kondektur bus. Dengan menggunakan smartphone dan printer kecil, kondektur bus dapat mencetak tiket sebagai bukti pembayaran yang lengkap dengan tarif sebenarnya. Model ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan transaksi dan efisiensi, serta mengurangi biaya percetakan tiket.

Referensi

R. Jansen, M. Holsheimer dan P. Dijksma, “Electronic Ticketing for Public Transport: A User Survey on Perception and Usage,†Transportation Research Procedia, vol. 51, pp. 451-458, 2021.

A. Hermawan, A. Hanifa dan A. Budiman, “Implementation of Near Field Communication (NFC) Technology to Develop Ticket Payment System at Bus Stop,†International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), vol. 14, no. 8, pp. 58-68, 2020.

I. Sommerville, Software Engineering, 1 penyunt., Boston: Pearson, 2011.

S. Syafinidawaty, “Metode Waterfall,†Universitas Raharja, 4 4 2020. [Online]. Available: https://raharja.ac.id/2020/04/04/metode-waterfall/. [Diakses 16 2 2022].

R. S. Pressman dan B. R. Maxim, Software engineering: A practitioner's approach., Palgrave Macmillan, 2015.

A. Hermawan, A. Hanifa dan A. Budiman, “Implementation of Near Field Communication (NFC) Technology to Develop Ticket Payment System at Bus Stop,†International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), vol. 14, no. 8, pp. 58-68, 2020.

I. Sommerville, Software Engineering, 1 penyunt., Boston: Pearson, 2011.

S. Syafinidawaty, “Metode Waterfall,†Universitas Raharja, 4 4 2020. [Online]. Available: https://raharja.ac.id/2020/04/04/metode-waterfall/. [Diakses 16 2 2022].

R. S. Pressman dan B. R. Maxim, Software engineering: A practitioner's approach., Palgrave Macmillan, 2015.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30