Sistem Informasi Customer Relationship Management Untuk Pengelolaan Liquified Petroleum Gas Pada Pangkalan Sudarsono
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v12i02.701Kata Kunci:
gas LPG, Customer Relationship Management (CRM), SDLC, WaterfallAbstrak
Sistem yang diterapkan di Pangkalan Sudarsono artinya salah satu pangkalan Gas LPG yang berada di kota Sampit. Karena itu, maka buat sistem untuk mengelola gas LPG agar mempermudah proses pesanan dan menyampaikan sebuah pelayanan dan berbagai solusi untuk para pelanggannya. Sebagai akibatnya diharapkan suatu sistem informasi ini bisa berguna bagi perusahaan dan tersusun secara terstruktur, khususnya untuk pengelolaan proses pesanan gas sebagai akibatnya dapat bebagai taktik pelayanan dengan memutuskan sebuah pelayanan dengan menggunakan salah satu konsep manajemen korelasi antar pelanggan dengan Customer Relationship Management (CRM) agar bisa menghasilkan yang akan terjadi usaha yang pada inginkan. Sistem informasi Pengelolaan Gas LPG sangat penting bagi pangkalan. Dimana pangkalan sulit mengelola data serta proses pesanan. Dikarenakan penulisan data masih dilakukan secara manual. Yaitu memakai ditulis tangan satu per satu yang dimana sangat rentan terjadinya kesalahan dalam memasukan data-data penjualan pada laporan dan juga pencarian kesalahan data memakan ketika yang lama. Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem informasi buat mengelola data pelanggan, serta proses pesanan. Dalam pembangunan program aplikasi berbasis web ini, memakai perangkat lunak VS Code, berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, javascript dan basis data MySQL.
Referensi
A. Sasongko, “Gas LPG,†Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 2, pp. 124–133, 2015.
“LAPORAN BULANAN PENJUALAN GAS LPG.†.
R. Andriana and E. Prasetyaningrum, “Sistem Informasi Pendistribusian Gas Lpg Di Pt . Budi Bhakti Kalimantan Berbasis Web,†J. Penelit. Dosen Fikom, vol. 10, no. 1, pp. 1–11, 2019.
J. S. Irsandi, I. Fitri, and N. D. Nathasia, “Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile,†J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, p. 346, 2020, doi: 10.35870/jtik.v5i4.192.
Interview BAZNAS dan LAZ, “Dokumentasi Wawancara.†2021.
N. R. Rahma Syabania, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,†Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.
N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,†Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.
H. Larasati and S. Masripah, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian GRC Dengan Metode Waterfall,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 193–198, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.