Aplikasi Pencarian Donor Darah Menggunakan Metode Personal Extreme Programming Berbasis Android

Penulis

  • Muhammad Fajri Riki Universitas Bina Darma
  • Irman Effendy Sistem Informasi, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v12i02.698

Kata Kunci:

Donor Darah, Android, Personal Extreme Programming, Black Box Testing

Abstrak

Pada tahun 2019 lalu, dunia dikejutkan dengan adanya wabah COVID-19. COVID-19 menyebabkan berkurangnya stok darah dan pendonor karena khawatir terpapa COVID-19 saat melakukan donor. Pencarian donor darah oleh pasien cenderung mengalami kesulitan karena sulit ditemukannya pendonor. Masih banyak pasien yang kesulitan mendapatkan donor darah karena stok darah yang dibutuhkan tidak selalu ada. Banyak pasien yang menggunakan media sosial untuk mencari donor darah tetapi kurang efektif, informasi pendonor belum jelas, dan tidak selalu tepat sasaran. Berdasarkan masalah tersebut, maka solusinya adalah membuat sebuah aplikasi berbasis android sebagai platform yang dapat membantu pencarian donor darah dan menghubungkan pasien dan pendonor. Aplikasi ini dibangun dengan framework Flutter, Firebase dan Google Cloud. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah Personal Extreme Programming (PXP) dengan pengujian Black Box didapatkan hasil yaitu aplikasi yang dibuat dapat bekerja dengan baik sebagaimana fungsinya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pencari donor darah berbasis android yang dapat mempermudah mencari pendonor.

Referensi

J. Ouâ€Yang dkk., “Blood donor recruitment in Guangzhou, China, during the 2019 novel coronavirus ( COVID â€19) epidemic,†Transfusion (Paris), vol. 60, no. 11, hlm. 2597–2610, Nov 2020, doi: 10.1111/trf.15971.

A. M. P. Djuardi, “Blood Donors During The Covid-19 Pandemicâ€, JMH, vol. 2, no. 01 Oktober, pp. 298-303, Oct. 2020.

Sari, E., & Gultom, D. M. (2022). Penyuluhan Kesehatan Tentang Donor Darah di Institut Teknologi dan Kesehatan Sumatera Utara : Padangsidimpuan. Pengabdian Deli Sumatera, 1(1), 40-46..

“golongan darah rhesus negatif,†Alodokter, 7 Maret 2019. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/golongan-darah-rhesus-negatif (diakses 18 Juli 2022).

O. Jonathan, S. Misra, E. Ibanga, R. Maskeliunas, R. Damasevicius, dan R. Ahuja, “Design and implementation of a mobile webcast application with google analytics and cloud messaging functionality,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1235, no. 1, hlm. 012023, Jun 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1235/1/012023.

APJII, “Buletin APJII,†Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. p. 1, 2020, [Online]. Available: https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020.

Suprapto, Fajrur & Marthasari, Gita & Nuryasin, Ilyas. (2020). Sistem Informasi Penjualan dan Pelelangan Berbasis Web pada Ricardo Corner MLG Menggunakan Metode Personal eXtreme Programming (PXP). Jurnal Repositor. 2. 1535. 10.22219/repositor.v2i11.926.

Mardiana Mardiana; Agus Suharto, “Aplikasi Eresha Mobile Berbasis Android dengan Metode Personal Extreme Programming di Era Industri 4.0,†JurTI J. Teknol. Inf., no. Vol 4, No 2 (2020): DESEMBER 2020, hlm. 335–344, 2020.

Dzhurov, Y., Krasteva, I., & Ilieva, S. (2009). Personal Extreme Programming–An Agile Process for Autonomous Developers.

R. Agarwal dan D. Umphress, “Extreme programming for a single person team,†dalam Proceedings of the 46th Annual Southeast Regional Conference on XX - ACM-SE 46, Auburn, Alabama, 2008, hlm. 82. doi: 10.1145/1593105.1593127.

D. W. T. Putra dan R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,†J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, hlm. 32, Apr 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.V7.1.32-39.

Tashildar, A., Shah, N., Gala, R., Giri, T., & Chavhan, P. (2020). Application development using flutter. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, 2(8), 1262-1266.

S. Nidhra, “Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review,†Int. J. Embed. Syst. Appl., vol. 2, no. 2, hlm. 29–50, Jun 2012, doi: 10.5121/ijesa.2012.2204.

E. Maiyana, “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,†J. Sains Dan Inform., vol. 4, no. 1, hlm. 54–65, Apr 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.3409.

Smyth, N. (2017). Firebase Essentials-Android Edition. Payload Media, Inc..

A. Faisol dan F. Rahmadianto, “Realtime Notification Pada Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM),†J. Mnemon., vol. 1, no. 2, hlm. 14–17, Des 2019, doi: 10.36040/mnemonic.v1i2.32.

H. Wu, “Comparing Google Maps and Uber Movement Travel Time Data,†Transp. Find., Nov 2018, doi: 10.32866/5115.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-06