Analisis Kematangan Layanan Teknologi Informasi Hotel Menggunakan ITIL V.3 Framework

Penulis

  • Istiana Ruswita Universitas Bina Darma Palembang
  • Dedy Syamsuar Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v13i01.680

Kata Kunci:

domain, maturnity level, ITSM, IT-IL, RACI

Abstrak

Standarisasi implementasi TI di perusahaan modern termasuk perhotelan adalah dampak dari penggunaan teknologi yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kematangan manajemen layanan TI atau ITSM pada Hotel Santika Premiere Bandara Palembang dengan menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V.3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Santika Premiere Bandara Palembang dimana jumlah sampel diambil sebanyak 29 responden yang diperoleh dari pemetaan RACI (Responsible, Accountable, Consulted and Informed). Analisis Gap digunakan untuk mengetahui nilai kesenjangan antara kondisi aktual dengan kondisi ideal pada 28 sub domain proses ITIL V3. Berdasarkan proses analisis dan penilaian secara menyeluruh diperoleh maturity level manajemen layanan TI adalah 2.79. Secara keseluruhan tingkat kematangan manajemen layanan TI berada pada level 3 (defined) yaitu setiap proses pada sub domain ITIL V.3 telah didefinisikan namun pada penerapannya masih terdapat banyak kekurangan seperti minimnya dokumentasi dan pelaporan, belum ada pengukuran yang jelas tentang kualitas manajemen layanan TI, dan belum ada strategi-strategi layanan TI yang selaras dengan tujuan bisnis perusahaan. Rekomendasi disusun berdasarkan subdomain dengan nilai gap tertinggi agar perbaikan-perbaikan dapat segera dilakukan untuk mengurangi nilai gap dan mencapai kondisi yang diinginkan.

Referensi

Brewster, E., et al. IT Service Management: a Guide for ITIL Foundation Exam Candidates, BCS, The Chartered Institute for IT, 2012.

D. Mardiana, W. Cholil. "Analisis Information Technology Service Management (ITSM) LPSE Kota Palembang Berdasarkan Framework ITIL V3." Palembang: Universitas Bina Darma, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, Vol. 9, No. 1, Juni 2020.

N. A. Aulia, D. Antoni, D. Syamsuar, dan W. Cholil, “Sistem Tata Kelola Keamanan Teknologi Informasi Berbasis Framework COBIT 5 (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Palembang)â€, Jurnal Informatika,vol. 9, pp. 30-37,2021.

Utami, R. P., et al. "Audit Infrastruktur Teknologi Informasi dengan Standar Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V. 3 Domain Service Strategy dan Service Design (Studi Kasus: I-gracias)." Bandung: Telkom University, 2014

Priatama, Y., et al. "Evaluasi Tatakelola Teknologi Informasi di PD BPR Bank BAPAS 69 Magelang menggunakan IT-IL V3 Domain Service Strategy." Jurnal Mnemonic 2(1): 28-34, 2019

O’Brien, J. and G. Marakas. "Pengantar Sistem Informasi (Introduction to Information System)." Jakarta: Salemba Empat, 2006

Knapp, D. The ITSM Process Design Guide: developing, reengineering, and improving IT service management, J. Ross Publishing, 2010

Malone, T., et al. ITIL V3 MALC-Managing Across the Lifecycle Full Certification Online Learning and Study Book Course-The ITIL V3 Intermediate MALC Complete Certification Kit, Emereo Pty Ltd, 2009.

Febriant, B. A., et al. "Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan Framework ITIL v3 Domain Service Operation pada 24Slides Corporation." Universitas Brawijaya, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 6, Juni 2019, hlm. 5608-5615, 2014

Arfiandy, F., et al. "Sistem Pengukuran Tingkat Kematangan Kualitas Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL)." Yogyakarta: Universitas Jendral Ahmad Yani, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016)

Office, C. ITIL Service Strategy 2011 Edition, the Stationery Office, 2011.

Rochdiansyah, Z. A. TA: Perencanaan Demand Management for IT Services Pada PPTI Stikom Surabaya Menggunakan Standar Service Strategy ITIL V3, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2016

Tan, W.-G., et al. "Implementing IT service management: a Case Study Focusing on Critical Success Factors." Journal of Computer Information Systems 50(2): 1-12, 2009.

Rudd, C. and J. Sansbury. "ITIL® Maturity Model and Self-assessment Service: User guide." AXELOS Limited, Norwich, UK, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-27