Analisis Bibliometrik Studi Perkembangan Metode Service Quality pada Database Google Scholar Menggunakan Vosviewer (Studi Literatur Tahun 2016 – 2020)

Penulis

  • Yeny Rostiany Komputerisasi Akuntansi, STMIK Rosma, Karawang
  • Evelyn Tjandra Sistem Informasi, STMIK Rosma, Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v12i01.677

Kata Kunci:

Bibliometric, Google Scholar, Service Quality, VOSviewer

Abstrak

Penelitian ini mengkaji perkembangan dengan topik metode service quality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peta perkembangan jumlah publikasi mengenai topik service quality; (2) mengetahui artikel ilmiah yang memiliki jumlah kutipan tertinggi mengenai topik service quality; (3) mengetahui peta perkembangan publikasi ilmiah berdasarkan kata kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran pada database google scholar dengan kata kunci service quality dan servqual, dengan katagori article title, abstract, keywords dalam rentang tahun 2016 –2020. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa terdapat 907 artikel ilmiah yang sesuai dengan kata kunci berdasarkan aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan publikasi tahun 2016-2020 dengan topik penelitian metode service quality meningkat disetiap tahunnya, dengan jumlah publikasi tertinggi pada tahun 2020 sebanyak 287 artikel. Sedangkan publikasi yang memiliki jumlah kutipan terbanyak adalah JE Panjaitan, AL Yuliati (2016) dengan judul artikel Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Peta perkembangan publikasi ilmiah pada aplikasi VOSViewer berdasarkan kata kunci service quality dan servqual. Visualisasi network pada aplikasi VOSViewer menunjukkan bahwa peta Litbang pertanian terbagi menjadi sembilan cluster. Cluster 1 terdiri dari 10 item, Cluster 2 terdiri dari 10 item, Cluster 3 terdiri dari 10 item, Cluster 4 terdiri dari 8 item, Cluster 5 terdiri dari 7 item, Cluster 6 terdiri dari 6 item, Cluster 7 terdiri dari 5 item, dan Cluster 8 terdiri dari 3 item, Cluster 9 terdiri dari dua item.

Referensi

P. S. Hasibuan and Alimmurtani, “Persepsi Nasabah Tabungan Mudharabah Terhadap Service Quality (Servqual) PT. Bank Sumut Syariah KCPSy Marelan Raya,†J. FEB, vol. 1, no. 1, pp. 784–793, 2020.

D. S. K. Aji, S. M. Setyawati, and R. Rahab, “Analisis Pengaruh Religiosity, Service Quality Dan Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Trust Sebagai Mediasi,†J. Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 22, no. 1, pp. 78–94, 2020.

T. P. KPPRI, “Panduan Pembuatan Profil Google Scholar,†Universitas Indonesia, 2017.

F. Effendy, V. Gaffar, R. Hurriyati, and H. Hendrayati, “Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer,†J. Interkom, vol. 16, no. 1, pp. 10–17, 2021.

P. Mongeon and A. Paul-Hus, “The journal coverage of Web of Science and Scopus: a Comparative Analysis,†Scientometrics, vol. 106, no. 1, pp. 213–228, 2016, doi: 10.1007/s11192-015-1765-5.

R. Herdianto, N. Windyaningrum, B. Masruroh, and M. A. Setiawan, “Filsafat Pendidikan dan Perkembangannya: Kajian Bibliometrik berdasarkan Database Scopus,†Belantika Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 44–56, 2021, doi: 10.47213/bp.v4i2.101.

E. Trisnawati, S. Assegaff, and E. Rohaini, “Pengaruh Perceived Ease Of Use , Perceive Usefulness , Service Quality , Perceived Value Terhadap Customer Saticfaction Pada Pengguna Grab ( Studi Kasus Mahasiswa STIKOM DB Jambi ),†J. Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 82–96, 2019.

L. L. Berry, A. Parasuraman, and V. A. Zeithaml, “Improving service quality in America: Lessons learned,†Acad. Manag. Perspect., vol. 8, no. 2, pp. 32–45, 1994, doi: 10.5465/ame.1994.9503101072.

A. Parasuraman, L. L. Berry, and V. A. Zeithaml, “Perceived service quality as a customerâ€based performance measure: An empirical examination of organizational barriers using an extended service quality model,†Hum. Resour. Manage., vol. 30, no. 3, pp. 335–364, 1991, doi: 10.1002/hrm.3930300304.

A. R. Surianto and E. Japarianto, “Analisa Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Salon Madass,†J. Strateg. Pemasar., vol. 4, no. 2, p. 8, 2017.

Y. Tan, “Service Quality Terhadap Repurchase Intention dengan Costumer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Nasabah PT. Bank Central Asia Tbk Studi Kasus KCU Darmo di Surabaya,†J. Strateg. Pemasar., vol. 6, no. 1, 2019.

Y. Royani and D. Idhani, “Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia 1,†Mar. Res. Indones., vol. 25, no. 4, pp. 63–68, 2018.

L. Hakim, “Analisis Bibliometrik penelitian inkubator bisnis pada publikasi ilmiah terindeks Scopus,†Procur. J. Ilm. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 176–189, 2020.

Tupan, “Pemetaan Bibliometrik dengan Vosviewer Terhadap Perkembangan Hasil Penelitian Bidang Pertanian Di Indonesia,†Visi Pustaka, vol. 18, no. 3, pp. 217–230, 2016.

J. E. Panjaitan and A. L. Yuliati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung,†DeReMa J. Manaj., vol. 11, no. 2, p. 32, 2016, doi: 10.24929/feb.v6i2.268.

R. Wulandari, “Analisis QoS (Quality of Service) pada Jaringan Internet UPT Loka Uji Teknik Penambangan-LIPI),†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–172, 2016.

Y. Alaan, “Pengaruh Service Quality (Tangible, Empathy, Reliablitity, Responsiveness Dan Assurance) Terhadap Customer Satisfaction: Penelitan Pada Hotel Serela Bandung,†J. Manaj., vol. 15, no. 2, pp. 255–270, 2016.

S. Hendhana and G. S. Darma, “Service Quality Rumah Sakit Dan Efeknya Terhadap Patient Satisfaction, Perceived Value, Trust, dan Behavioral Intention,†J. Manaj. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 37–55, 2017.

M. Cristo, D. P. E. Saerang, and F. G. Worang, “The Influence Of Price, Service Quality, And Physical Environment On Customer Satisfaction. Case Study Markobar Cafe Mando,†J. EMBA, vol. 5, no. 2, pp. 678–686, 2017.

R. Subagiyo and M. A. Adlan, “Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty,†J. Ekon. Mod., vol. 13, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.21067/jem.v13i1.1567.

W. Sastika, “Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakan e-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus : Pelanggan Shopee Di Kota Bandung 2017),†Ikraith-Humaniora, vol. 2, no. 2, 2018.

N. Wilson, “The Impact of Service Quality and Brand Image Toward Customer Loyalty in the Indonesian Airlines Industry,†J. Manaj. Indones., vol. 18, no. 3, p. 222, 2019.

B. Perwira, E. Yulianto, and S. Kumadji, “Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Valaue terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang Melakukan Transaksi Pembelian Online dengan Mobile Application Tokopedia),†J. Adm. Bisnis, vol. 38, no. 2, pp. 46–54, 2016.

H. Winarno and T. Absor, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Pt. Media Purna Engineering,†J. Manaj. Ind. dan Logistik, vol. 1, no. 2, 2017, doi: 10.30988/jmil.v1i2.15.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-04