Integrasi Visualisasi Sintak Bahasa Pemrograman PHP dengan Sistem LMS

Penulis

  • Akhmad Zaini Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hestiningtyas Yuli Pratiwi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v12i01.630

Kata Kunci:

bahasa pemrograman, sintak PHP, LMS, blockly, puzzle

Abstrak

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi para pemula dalam mempelajari bahasa pemrograman adalah rumitnya sintak yang harus dipelajari. Pustaka Blockly merupakan solusi yang bisa ditempuh untuk mengurangi kesalahan penulisan sintak bahasa pemrograman. Blockly memungkinkan penggunanya untuk menulis sintaks bahasa pemrograman secara visual, pengguna cukup menata puzzle kemudian susunan puzzle dapat dibangkitkan secara otomatis menjadi skrip bahasa pemrograman. Namun demikian, pustaka Blockly hanyalah sebatas tools untuk penyunting. Blockly belum dilengkapi dengan fitur alur pembelajaran, agar materi dapat tersampaikan ke pengguna, kita harus mengatur alur pembelajaran yang baik. Learning Management System (LMS) merupakan sistem pengolah konten pembelajaran yang telah menyediakan fitur alur pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan kelebihan yang dimiliki pustaka Blockly dengan kelebihan yang dimiliki oleh sistem LMS sehingga menjadi sebuah media pembelajaran bahasa pemrograman yang baik. Alur pembelajaran disusun dengan mengutamakan pemahaman pola penulisan sintak melalui serangkaian simulasi, baru kemudian diikuti penjelasan teori dan diskusi. Hasil tanggapan pengguna terhadap media pembelajaran ini menunjukkan efektifitas sebesar 79%, kemenarikan 81 % dan efisiensi sebesar 81%.

Referensi

D. Pérez-Marín, R. Hijón-Neira, A. Bacelo, and C. Pizarro, “Can computational thinking be improved by using a methodology based on metaphors and scratch to teach computer programming to children?,†Comput. Human Behav., vol. 105, 2020, doi: 10.1016/j.chb.2018.12.027.

C. Angeli et al., “A K-6 computational thinking curriculum framework: Implications for teacher knowledge,†Educ. Technol. Soc., vol. 19, no. 3, pp. 47–57, 2016.

A. Vahldick, P. R. Farah, M. J. Marcelino, and A. J. Mendes, “A blocks-based serious game to support introductory computer programming in undergraduate education,†Comput. Hum. Behav. Reports, vol. 2, no. November, p. 100037, 2020, doi: 10.1016/j.chbr.2020.100037.

M. Thuné and A. Eckerdal, “Analysis of Students’ learning of computer programming in a computer laboratory context,†Eur. J. Eng. Educ., vol. 44, no. 5, pp. 769–786, 2019, doi: 10.1080/03043797.2018.1544609.

D. Brandstetter, X. Yang, D. Lüftner, F. S. Tautz, and P. Puschnig, “kMap.py: A Python program for simulation and data analysis in photoemission tomography,†Comput. Phys. Commun., vol. 263, p. 107905, 2021, doi: 10.1016/j.cpc.2021.107905.

K. Gao, G. Mei, F. Piccialli, S. Cuomo, J. Tu, and Z. Huo, “Julia language in machine learning: Algorithms, applications, and open issues,†Comput. Sci. Rev., vol. 37, p. 100254, 2020, doi: 10.1016/j.cosrev.2020.100254.

K. Adu-ManuSarpong, J. Kingsley Arthur, and P. Yaw Owusu Amoako, “Causes of Failure of Students in Computer Programming Courses: The Teacher Learner Perspective,†Int. J. Comput. Appl., vol. 77, no. 12, pp. 27–32, 2013, doi: 10.5120/13448-1311.

N. L. Mingoc and E. L. R. Sala, “Design and development of learn your way out: A gamified content for basic Java computer programming,†Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 1011–1018, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.211.

M. S. Naveed, M. Sarim, and K. Ahsan, “Learners Programming Language a Helping System for Introductory Programming Courses,†Mehran Univ. Res. J. Eng. Technol., vol. 35, no. 3, pp. 347–358, 2016, doi: 10.22581/muet1982.1603.05.

D. Weintrop and U. Wilensky, “How block-based, text-based, and hybrid block/text modalities shape novice programming practices,†Int. J. Child-Computer Interact., vol. 17, pp. 83–92, 2018, doi: 10.1016/j.ijcci.2018.04.005.

D. E. Yawson and F. A. Yamoah, “Understanding satisfaction essentials of E-learning in higher education: A multi-generational cohort perspective,†Heliyon, vol. 6, no. 11, p. e05519, 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05519.

L. Abazi-Bexheti, A. Kadriu, M. Apostolova-Trpkovska, E. Jajaga, and H. Abazi-Alili, “LMS Solution: Evidence of Google Classroom Usage in Higher Education,†Bus. Syst. Res., vol. 9, no. 1, pp. 31–43, 2018, doi: 10.2478/bsrj-2018-0003.

G. V. Davidson-Shivers, K. L. Rasmussen, and P. R. Lowenthal, Web-based learning: Design, implementation and evaluation: Second edition. 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-13