Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Sistem Operasi Jaringan Berbasis Smartphone

Penulis

  • Martanto Martanto STMIK IKMI Cirebon
  • Cep Lukman Rohmat STMIK IKMI Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v11i02.623

Kata Kunci:

Sistem operasi jaringan, addie, media pembelajaran, User Acceptance Test

Abstrak

Mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021 tercatat sebanyak 831, dari jumlah mahasiswa baru  tersebut, 51% pendaftar adalah dari lulusan SMK. Walau berasal dari SMK tetapi untuk memulai belajar tentang Sistem Operasi jaringan masih sangat sulit dipahami. Hal itu terbukti dari hasil nilai perkuliahan Sistem Operasi Jaringan yang nilai murni hanya 1-2 orang saja yang lulus di tiap-tiap kelas. Untuk mengatasi masalah kurangnya pemahaman mahasiswa dapat di atasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis smartphone. Penggunaan media smartphone akan lebih memudahkan dosen untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pola aktifitas pembelajaran student center learning dapat berjalan lebih baik tanpa mengenal waktu yang imbasnya mahasiswa sebagai objek belajar akan mampu lebih memahami materi dengan baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation dan  Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dibagi 5 tahap yaitu : tahap pertama peneliti melakukan analisis, ada dua tahap analisis yaitu analisis kinerja dan analisis kebutuhan , tahap kedua peneliti membuat perancangan desain system yang meliputi tujuan pembelajaran, instrumen penilaian, latihan, konten, analisis materi pelajaran, perencanaan pelajaran dan pemilihan media,  tahap ketiga peneliti mulai membuat system yang meliputi kegiatan membuat, membeli, dan memodifikasi bahan ajar untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang telah ditentukan,  tahap keempat peneliti menerapkan system yang telah dibuat, data yang dihasilkan dalam penerapan akan digunakan untuk proses perbaikan selanjutnya, tahap kelima peneliti melakukan evaluasi dari data yang dapat pada tahap sebelumnya, apakah perlu perbaikan atau tidak pada system yang sudah dibuat. Hasil uji User Acceptance Test (UAT) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matakuliah sistem operasi jaringan berbasis smartphone sudah cukup baik karena mempunyai persentase nilai yang rata-ratanya di atas 70%.

Referensi

I. Ali, R. D. Dana, O. Nurdiawan, R. P. Lunak, and M. Informatika, “Rancang bangun sistem informasi terintegrasi penerimaan mahasiswa baru di stmik ikmi cirebon,†vol. 9, no. 3, 2021.

M. Amna, R. H. Wirasasmita, and A. Fathoni, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi di Universitas Hamzanwadi,†EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 2, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v2i1.816.

E. L. Hady, K. Haryono, and N. W. Rahayu, “User Acceptance Testing ( UAT ) pada Purwarupa Sistem Tabungan Santri ( Studi Kasus : Pondok Pesantren Al-Mawaddah ) User Acceptance Testing ( UAT ) of the Prototype of Students ’ Savings Information System ( Case Study : Al-Mawaddah Islamic Boarding Scho,†J. Ilm. Multimed. dan Komun., vol. 5, pp. 1–10, 2020.

S. Muyaroah and M. Fajartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi,†Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 22–26, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i2.19336.

R. O. Salmiati, Zahnur, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PENDAHULUAN,†vol. 11, no. 1, pp. 77–84, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30