Analisis Future Time Perspective (FTP) dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Sistem Informasi Menghadapi Dunia Kerja Bidang Informatika

Penulis

  • Rini Agustina
  • Yoyok Seby Dwanoko Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v11i01.571

Kata Kunci:

Future Time Perspektif, Kematangan Karir, Kesiapan Kerja, Pengangguran Intelektual, sistem informasi

Abstrak

Salah satu pemicu tingginya angka pengangguran intelektual adalah karena perencanaan karir yang kurang baik. Kurangnya keterampilan dan kompetensi membuat mahasiswa merasa sulit untuk memilih karir. Setelah menyelesaikan program pendidikan tinggi, dalam banyak kasus, mahasiswa tidak siap menghadapi persaingan di dunia kerja, terutama di bidang Informatika yang terus menerus memiliki keterbaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh future time perspective dan kematangan karir mahasiswa prodi Sistem Informasi terhadap kesiapan kerja mereka dibidang informatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel adalah mahasiswa Prodi Sistem Informasi sebanyak 150 responden. Alat ukur yang digunakan adalah skala future time perspective (FTP), skala career maturity (Kematangan Karir) dan skala Kesiapan Kerja. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan korelasi untuk mengetahui pengaruh tiap variabel. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh kedua variabel sebesar 38%. Adapun sumbangan sumbangan efektif future time perspective terhadap Kesiapan Kerja sebesar 5%. Sementara sumbangan efektif variabel kematangan karir terhadap kesiapan kerja sebesar 33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Kematangan Karir memiliki pengaruh dominan terhadap variabel kesiapan kerja daripada variabel future time perspective. Meskipun sumbangan variabel future time perspective kecil namun memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi mahasiswa karena memberikan wacana baru dalam mempertimbangkan kesiapan karir mereka.

Referensi

M. Isnain and D. Nurwidawati, “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI DI SMKN 1 Surabaya,†Character J. Penelit. Psikol., vol. 05, no. 02, p. 1, 2018.

C. L. Wahyuni, S. Nurdin, and Nurbaity, “Kematangan Karir Siswa SMA Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya. Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3 (4), 10–18.Kematangan Karir Siswa SMA Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya,†Ilm. Mhs. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 4, pp. 10–18, 2018.

W. Pinasti, “Pengaruh Self-Efficacy, Locus Of Control Dan Faktor Demografis Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,†Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

A. Saifuddin, L. Ruhaena, and W. D. Pratisti, “Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier,†J. Psikol., vol. 44, no. 1, p. 39, 2017.

P. Greenbank, “Re-evaluating the role of social capital in the career decision-making behaviour of working-class students,†Res. Post-Compulsory Educ., vol. 14, no. 2, pp. 157–170, 2009.

A. El Hami et al., “Gambaran Kematangan Karir Pada Para Calon Sarjana Di Lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran,†2006.

Y. E. Rachmawati, “Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Awal Dan Tingkat Akhir Di Universitas Surabaya,†Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 1, no. 1, pp. 1–25, 2012.

E. Dairiana, “Kematangan Karir Dalam Perencanaan Studi Para Siswa Kelas X Akuntansi Smk N 43 Jakarta,†J. Psiko-Edukasi, vol. 11, no. 1, pp. 9–20, 2013.

A. Wulandari, “Differences of Career Decision Making in Senior High School’s Student Based on Gender,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1318, no. 1, pp. 1–6, 2019.

D. S. Almaida, D. A. Febriyanti, and S. Psi, “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Yayasan Pharmasi Semarang,†Empati, vol. 8, no. 1, pp. 87–92, 2019.

E. B. Hurlock, Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, no. 2011. 2012.

J. Husman, J. C. Hilpert, and S. K. Brem, “Future Time Perspective connectedness to a career: The contextual effects of classroom knowledge building,†Psychol. Belg., vol. 56, no. 3, pp. 210–225, 2016.

W. Lens, M. P. Paixão, D. Herrera, and A. Grobler, “Future time perspective as a motivational variable: Content and extension of future goals affect the quantity and quality of motivation,†Jpn. Psychol. Res., vol. 54, no. 3, pp. 321–333, 2012.

M. Betts, “Future Time Perspective: Examination of Multiple Conceptualizations and Work-Related Correlates,†no. May, pp. 1–84, 2013.

D. T. A. M. Kooij, R. Kanfer, M. Betts, and C. W. Rudolph, “Future Time Perspective: A systematic review and meta-analysis,†J. Appl. Psychol., vol. 103, no. 8, pp. 867–893, 2018.

D. M. McInerney, “A discussion of future time perspective,†Educ. Psychol. Rev., vol. 16, no. 2, pp. 141–151, 2004.

I. J. Park, J. Rie, H. S. Kim, and J. Park, “Effects of a Future Time Perspective–Based Career Intervention on Career Decisions,†J. Career Dev., vol. 47, no. 1, pp. 96–110, 2020.

Y. S. Park, “An analysis of the relationship between self-study , private tutoring , and self-efficacy on,†no. March 2016, 2012.

A. R. Prasetyo, D. E. H, and L. Ardhiani, “Appreciative Inquiry Training to Improve Career Maturity as a Working Capital in Students,†J. Educ. Heal. Community Psychol., vol. 9, no. 2, pp. 84–97, 2020.

A. R. Rahmawati and S. Mayasari, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kematangan Pilihan Karir The Influence of Group Guidance Services toward Option Career Maturity,†2020.

S. Rosalin et al., “Pengaruh Gender dan Perbedaan Jurusan terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Program Diploma Tiga Sekretaris Pendidikan Vokasi,†vol. 6, no. 1, pp. 21–27, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-01