Perancangan Multimedia Pembelajaran untuk Terapi Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v6i01.54Kata Kunci:
multimedia pembelajaran, speech delay, terapi visual, terapi wicaraAbstrak
Penelitian dengan judul Perancangan Pembelajaran Multimedia untuk Terapi Anak Berkebutuhan Khusus, merupakan penelitian yang berkaitan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi media digital melalui rancangan suatu produk berupa alat bantu (tools) berbasis multimedia, agar dapat digunakan oleh pihak pendidik, untuk dapat diterapkan sebagai salah satu tolls dalam menunjang dan mengoptimalkan metode terapi bagi anak anak berkebutuhan khusus dengan gangguan speech delay. Penelitian ini secara langsung dilakukan pada lingkup Pendidikan Yayasan Adhikurnia Rapha Kintan Semarang. Pencapaian yang diperoleh dari hasil penelitian ini bahwa rancangan tersebut dapat digunakan oleh guru dan berpengaruh positif terhadap perkembangan siswa didik yang mengalami gangguan speech delay. Dalam proses penelitian ini dihasilkan beberapa saran dan kesimpulan bahwa rancangan dan implementasi pembelajaran berbasis multimedia ini dapat dijadikan salah satu sarana dalam menunjang kebutuhan belajar dan terapi bagi anak-anak berkebutuhan yang mengalami gangguan speech delay khususnya dalam membantu meningkatkan kesadaran fonologi yang dimiliki oleh siswa didik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.