Penerapan Augmented Reality Pada Brosur Smartphone Menggunakan Algoritma FAST Corner Detection
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v11i01.526Kata Kunci:
Augmented Reality, Brosur, Algoritma FAST Corner DetectionAbstrak
Kemajuan teknologi di era Globalisasi, banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang bisnis. Sebagai contoh pada media promosi, yaitu hadirnya teknologi augmented reality yang merupakan sebuah teknologi yang membawa objek virtual 3D yang dibuat menggunakan komputer, ke dalam dunia nyata 3D. Cara kerja augmented reality sendiri yaitu dengan melacak marker (penanda) melalui kamera yang bertindak sebagai mata yang dimana dapat mengenali objek dan kemudian diproyeksikan dalam waktu nyata. Untuk itu teknologi tersebut akan diterapkan pada penelitian ini, yang membahas tentang penerapan augmented reality pada brosur smartphone dengan algoritma FAST Corner Detection (FCD). Tujuan dari penggunaan teknologi augmented reality pada brosur ini, untuk membuat pembaca dapat melihat objek 3D pada brosur menggunakan aplikasi augmented reality smartphone yang dapat diinstal pada smartphone pembaca. Dan fungsi dari penggunaan algoritma FCD sendiri yaitu untuk mengenali marker dengan cara melacak titik-titik (sudut) pusat pada gambar marker. Hasil pengujian dari peneltian ini yaitu aplikasi dapat digunakan dengan baik untuk scan marker pada intensitas cukup cahaya sampai banyak cahaya dan dengan jarak ≤50 cm - <80 cm dari kamera AR ke penanda.
Referensi
D. Y. Sylfania, “Penggunaan Augmented Reality Untuk Brosur Penjualan Laptop Berbasis Android,†J. Teknol. Inform. dan Komput. Atma Luhur, vol. 3, no. 1, pp. 28–36, 2016.
Y. Cahyaningsih, “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android,†J. Comput. Sci. Eng., vol. 1, no. 2, pp. 90–115, 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i2.60.
F. Hadi, “Penerapan Augmented Reality pada Brosur Yamaha Tjahaja Baru Untuk Promosi Berbasis Android ( Studi Kasus Di Yamaha Tjahaja Baru ),†Lppm Upi Yptk, vol. 25, no. 1, pp. 1–8, 2018.
E. A. Fitriana, A. H. Setyaningrum, and Arini, “Pengembangan Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Augmented Reality Menggunakan Algoritma FAST,†Jiska ISSN 2527-2836, vol. 4, no. 1, pp. 9–21, 2018.
W. H. S. Tsai, S. C. Tian, C. H. Chuan, and C. Li, “Inspection or Play? A Study of How Augmented Reality Technology Can Be Utilized in Advertising,†J. Interact. Advert., vol. 0, no. 0, pp. 1–14, 2020, doi: 10.1080/15252019.2020.1738292.
E. Yulsilviana, B. Basrie, and A. W. Saputra, “Implementasi Augmented Reality Pemasaran Rumah PT. Rika Bersaudara Sakti Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Brosur Perumahan,†Sebatik, vol. 17, no. 1, pp. 11–15, 2017.
A. Sirumapea, S. Ramdhan, and D. Masitoh, “Aplikasi Augmented Reality Katalog Baju Menggunakan Smartphone Android,†Apl. Augment. Real. Katalog Baju Menggunakan Smartphone Android, vol. 7, no. 2, pp. 1–6, 2017.
N. Wahyudi, R. A. Harianto, and E. Setyati, “Augmented Reality Marker Based Tracking Visualisasi Drawing 2D ke dalam Bentuk 3D dengan Metode FAST Corner Detection,†J. Intell. Syst. Comput., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2019.
N. O. Adiwijaya, Y. Wahyu, and C. P. Antonius, “Implementasi Augmented Reality Untuk Brosur Interaktif Dengan Metode Fast Corner Detection,†pp. 28–29, 2016.
C. Arum Sari, I. K. G. Darma Putra, and I. P. Arya Dharmaadi, “Penerapan Augmented Reality dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Android,†J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 6, no. 2, p. 65, 2018, doi: 10.24843/jim.2018.v06.i02.p01.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.

