User Interface Design And User Experience Kuysedekah.Id Mobile Applications
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.515Kata Kunci:
user experiance, usability testing, masjidAbstrak
Penduduk Indonesia mayoritas beragama islam, sehingga terdapat banyak masjid di Indonesia. Banyak masyarakat yang melakukan penggalangan dana secara langsung di jalan namun tak jarang pula kegiatan seperti ini malah menghambat mobilitas pengguna jalan seperti kemacetan dan kurangnya transparansi terhadap dana. Sebuah inovasi prototype aplikasi untuk sedekah yang mudah dan berdasarkan keinginan pengguna. Model pengembangan desain design thinking aplikasi Kuysedekah.id berbasis Mobile App. Prototype design UI (User Interface) dan UX (User Experience) bertujuan untuk menghasilkan hasil yang baik, serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna smartphone (user friendly), design thinking, dan menguji prototype. Penilaian UX menggunakan design review dengan hasil penilaian nilai “very goodâ€, pengujian usability menggunakan kuisoner SEQ (Single Ease Question) mendapatkan hasil “mudah digunakan†dan SUS (System Ussability Scale) mendapatkan hasil “accapteble†dengan 50 responden yang telah dilakukan.
Referensi
“Islam di Indonesia,†2020. https://www.indonesia-investments.com/id/budaya/agama/islam/item248?
“User Personas for Mobile Design and Development,†2016. https://www.interaction-design.org/literature/article/user-personas-for-mobile-design-and-development-a-winning-technique-for-great-ux.
J. S. Brooke, A Quick and Dirty Usability Scale. United Kingdom: Sonning, 2013.
T. Churm, “An Introduction To Website Usability Testing,†2012. https://usabilitygeek.com/an-introduction-to-website-usability-testing/.
DosenSosiologi.Com, “Pengertian Kuesioner, Jenis, dan Contohnya Lengkap,†2018. https://dosensosiologi.com/pengertian-kuesioner-jenis-dan-contohnya-lengkap/.
E. Esposito, “Low-fidelity vs. high-fidelity prototyping,†2018. https://www.invisionapp.com/inside-design/low-fi-vs-hi-fi-prototyping/.
Ardiansyah and M. I. Ghazali, “Pengujian Usability User Interface dan User Eexperience Aplikasi E-Reader Skripsi berbasis Hypertext,†J. Ilm. Tek. Inf. Terap., vol. 2, no. 3, pp. 213–220, 2016.
S. Gibbons, “Design Thinking 101,†2016. https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/.
S. H. Hall, “How to Design a User Flow Diagram for Your Website,†2020. https://optinmonster.com/how-to-design-a-user-flow-diagram-for-your-website/.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,†Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.
A. Tristiaratri, A. H. Brata, and L. Fanani, “Perbandingan User Interface Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pesawat Online dengan Design Thinking,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 6, p. 964X, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.