Rancang Bangun Sistem E-commerce Clothing Store dan Modul Custom Design Lab Terintegrasi

Penulis

  • paulus lucky tirma irawan program studi teknik informatika, fakultas sains dan teknologi, universitas ma chung
  • David Rozando Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.397

Kata Kunci:

Custom Design Lab, Kustomisasi Produk, PyroCMS

Abstrak

Kemudahan akses internet saat ini dan faktor kemudahan dalam mengembangkan sebuah website E-commerce menjadi alternatif yang laris bagi para penggiat bisnis di dunia internet. Toko baju online adalah salah satu jenis bisnis E-commerce yang banyak bermunculan di dunia internet saat ini. Penerapan E-commerce pada bisnis ini dapat menangani proses perdagangan yang terdiri dari proses pemesanan, pembelian, pembayaran, hingga pengiriman barang. Kustomisasi pemesanan terhadap barang yang dipesan juga menjadi salah satu nilai tambah yang dapat ditawarkan kepada calon konsumen. Adanya modul yang disebut dengan Custom Design Lab dapat menjadi solusi terhadap permintaan tersebut. Modul ini dalam implementasinya akan diintegrasikan dengan sistem E-commerce yang ada sehingga proses perdagangan yang ada juga berlaku pada sistem preorder tersebut. Pengembangan website E-commerce ini menggunakan framework PyroCMS sebagai aplikasi dasar dengan melakukan konfigurasi pada beberapa modulnya. Fokus utama dari penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah situs E-commerce yang sudah merepresentasikan proses bisnis online secara umum dan juga sudah memiliki fitur Custom Design Lab untuk kustomisasi pemesanan produk.

Referensi

Davidson, A. 2009. The Law of Electronic Commerce. New York: Cambridge University Press.

Pranata, I.M.A. and Darma, G.S., 2014. Strategi Penerapan E-commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1), pp.69-81.

Pujani, V., 2011. Use of ecommerce websites in developing countries. World Academy of Science, Engineering and Technology, 78, pp.790-795.

Harsandi, B., Purnama, J., Soetomo, M.A.A. and Galinium, M., 2013, September. Internet user trust measurement analysis towards E-commerce system in Indonesia. In 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) (pp. 225-230). IEEE.

Jauhari, J., 2014. Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan E-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1).

Diterbitkan

2020-06-30