Analisis Pemesanan Hosting PT Qwords Company International Menggunakan Metode K-Means Clustering

Penulis

  • Cahyo Prianto Politeknik Pos Indonesia
  • Shinta Amelia Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v9i01.242

Kata Kunci:

analisis, hosting, K-Mens Clustering

Abstrak

Qwords.com adalah perusahaan penyedia jasa layanan Web Hosting yang melayani registrasi nama domain dan web hosting. Qwords.com berdiri pada 10 Juli 2005, dan mulai menggunakan brand Qwords sejak 28 Agustus 2005. Hosting adalah tempat untuk membuat halaman website yang telah dibuat online, sehingga bisa di akses oleh orang lain. Dalam penelitian ini, penulis menemukan masalah, yaitu sulitnya menemukan client yang sering memesan hosting dan dari daerah mana client itu berasal. Sehingga perusahaan sulit untuk menentukan target promosi yang akan dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang dapat memecahkan masalah yang ada di perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode K-Means Clustering untuk memesahkan masalah yang ada. Dimana metode ini berguna untuk memberikan output berupa hasil perhitungan yang menunjukkan produk yang paling banyak dibeli dalam ketegori paket hosting tahun 2017, dan nantinya data ini berguna untuk menentukan strategi promosi.

Referensi

E. Firdaus Aditya, “Perbandingan Paid Hosting dan Free Hosting Berdasarkan Fasilitas Backup yang Ada,†Jurnal Teknologi, p. 1, 2011.

J. E. I. S. R. Ema Utami, “Metodologi Penelitian Pada Ilmu komputer,†Seminar Nasional Teknologi ISSN 1978-9777, p. 3, 2007.

J. O. Ong, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering untuk Menentukan Strategi Marketing President University,†Jurnal Ilmiah Teknik Industri ISSN 1412-6869, pp. 17,19, 2013.

Y. A. S. Sigit Adinugroho, Implementasi Data Mining Menggunakan Weka, Malang: UB Press, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-23