Evaluasi User Experience Aplikasi AR Tutorial Yamaha R15 Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)

Penulis

  • Setiabudi Sakaria Universitas Bhinneka Nusantara, Indonesia
  • Subari Subari Universitas Bhinneka Nusantara, Indonesia
  • Evy Poerbanintyas Universitas Bhinneka Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v15i01.2055

Kata Kunci:

Augmented Reality (AR), User Experience (UX), User Experience Questionare(UEQ)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna (User Experience/UX) dari aplikasi Augmented Reality (AR) yang dirancang sebagai media tutorial pengenalan komponen sepeda motor Yamaha R15 VVA. Evaluasi dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang mencakup enam aspek: attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa yang telah atau sedang mengikuti mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer di Universitas Bhineka Nusantara. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pragmatis memiliki nilai rata-rata -0.092 dan kualitas hedonis sebesar 0.108, dengan skor keseluruhan sebesar 0.008, yang dikategorikan sebagai netral. Simpangan baku rata-rata sebesar 0.666 menunjukkan tingkat kesesuaian tinggi antarresponden. Meski aplikasi telah memenuhi beberapa aspek visual dan interaktif, namun terdapat kelemahan pada fitur navigasi, petunjuk penggunaan, dan dukungan audio visual. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen UEQ layak digunakan dengan nilai Cronbach’s alpha sebesar 0.88 (pragmatis) dan 0.77 (hedonis). Hasil ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut pada aspek usability dan fitur pendukung untuk meningkatkan efektivitas aplikasi dalam pembelajaran teknis berbasis AR.

Referensi

A. Hermawan and S. Hadi, “Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa,†Jurnal Simki Pedagogia, vol. 7, no. 1, pp. 328–340, 2024, [Online]. Available: https://jiped.org/index.php/JSP

Dendodi, N. Simarona, A. Elpin, and Y. Bahari, “Analisis Penerapan Augmented Reality dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Sains di Era Digital,†Alacrity : Journal Of Education, vol. 4, no. 3, pp. 2775–4138, Oct. 2024.

C. Renuga Devi, “Augmented Reality and Teaching: Alternative Pedagogy for Modern Learners,†Proceedings of 4th International Conference on Mathematical Modeling and Computational, pp. 468–476, 2025, doi: 10.1007/978-3-031-91008-1_41.

S. Sakaria and A. W. Kurniawan, “Augmented Reality for Topeng Malangan Face Recognition as a Media for Cultural Education,†JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, vol. 5, no. 2, pp. 423–432, Jan. 2022, doi: 10.31289/jite.v5i2.6218.

S. Graser, S. Böhm, F. Kirschenlohr, and S. Bö, “User Experience Evaluation of Augmented Reality: A Systematic Literature Review,†Proceedings of the Seventeenth International Conference on Advances in Human-oriented and Personalized Mechanisms, doi: 10.48550/arXiv.2411.12777.

M. Kiourexidou, A. Kanavos, M. Klouvidaki, and N. Antonopoulos, “Exploring the Role of User Experience and Interface Design Communication in Augmented Reality for Education,†Multimodal Technologies and Interaction, vol. 8, no. 6, Jun. 2024, doi: 10.3390/mti8060043.

E. Anjamilen Bailaen et al., “Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Ticketing Menggunakan User Experience Questionnaire Evaluating the User Experience of a Mobile Ticketing Application using the User Experience Questionnaire (UEQ),†Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 14, no. 3, pp. 1460–1470, 2025, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

H. Hermawan, R. Waluyo, and M. Ichsan, “Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA), vol. 1, no. 01, pp. 1–7, Dec. 2019, doi: 10.35970/jinita.v1i01.88.

G. Trinanda and S. L. Rahayu, “APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN KOMPONEN SEPEDA MOTOR BERBASIS ANDROID,†Jurnal Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, 2023, doi: 10.46576/djtechno.

B. Laugwitz, T. Held, and M. Schrepp, “Laugwitz2008 - Construction and evaluation of a user experience questionnaire,†2008, Accessed: Jul. 11, 2025. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1007/978-3-540-89350-9_6

T. D. Ermawan and Subari, “Perancangan Augmented Reality Bidang Otomotif Untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor,†Teknika, vol. 11, no. 2, pp. 129–137, Jun. 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i2.479.

E. Anjamilen Bailaen and D. Hosanna Bangkalang, “Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Ticketing Menggunakan User Experience Questionnaire Evaluating the User Experience of a Mobile Ticketing Application using the User Experience Questionnaire (UEQ),†Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 14, no. 3, pp. 2540–9719, 2025, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

W. Ilmberger, M. Schrepp, and T. Held, “Cognitive processes causing the relationship between aesthetics and usability,†in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), Springer Verlag, 2008, pp. 43–54. doi: 10.1007/978-3-540-89350-9_4.

M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,†Sep. 2023. [Online]. Available: www.ueq-online.org

Y. Sachin Renuse, “Understanding the Significance of Pilot Testing in Research and Development Article in,†International Journal of Multidisciplinary Research & Reviews, no. 04, pp. 8–13, 2024, doi: 10.56815/IJMRR.V314.2024/8-13.

M. Schrepp and J. Thomaschewski, “Design and Validation of a Framework for the Creation of User Experience Questionnaires,†International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 5, no. 7, pp. 88–95, 2019, doi: 10.9781/ijimai.2019.06.006.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-28