Game Virtual Reality Sorgum Untuk Ketahanan Pangan
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v15i01.2049Kata Kunci:
Edukasi Pertanian, Pangan Pokok, Realitas Virtual, Simulasi, SorgumAbstrak
Sorgum merupakan salah satu tanaman pangan pokok yang banyak dikonsumsi di wilayah Asia dan Afrika, serta menempati peringkat lima besar tanaman pangan dunia setelah gandum, jagung, padi, dan barley. Tanaman ini kaya akan karbohidrat dan rendah gula, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sorgum juga dapat dibudidayakan di lahan marginal atau kurang produktif. Namun, teknik budidaya yang tidak tepat dapat menyebabkan hasil panen yang tidak optimal bahkan gagal panen. Berdasarkan hasil survei, pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai budidaya sorgum masih terbatas, yang mengakibatkan kesulitan dalam proses penanaman dan perawatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah permainan simulasi berbasis teknologi realitas virtual (virtual reality/VR) yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan imersif mengenai budidaya sorgum. Game ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity dengan memanfaatkan aset gratis dari berbagai sumber. Validasi dilakukan melalui wawancara dengan praktisi sorgum serta pengujian aplikasi kepada masyarakat. Hasil pengujian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pengguna sebesar 31% setelah menggunakan aplikasi. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan berbasis VR dapat secara efektif meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap tahapan penanaman dan perawatan tanaman sorgum.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.