Augmented Reality Application for Human Five Senses Recognition

Penulis

  • Ilham Wisnu Bachtiar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Cindy Taurusta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Azmuri Wahyu Azinar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v15i01.1503

Kata Kunci:

Augmented Reality, Markerless Detection, Media Pembelajaran, Panca Indra, Sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Augmented Reality berbasis markerless sebagai media pembelajaran interaktif pengenalan panca indera manusia bagi siswa sekolah dasar. Aplikasi ini menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) karena sesuai dengan tahap pembuatannya. Fitur dalam aplikasi ini menampilkan visualisasi 3D organ-organ panca indera yang dapat dimanipulasi oleh pengguna, lengkap dengan informasi tambahan dalam bentuk teks dan audio. Pengujian kelayakan yang dilakukan pada siswa sekolah dasar dan guru menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik tentang aplikasi ini, dengan skor rata-rata 98,1% berdasarkan Skala Likert. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut berhasil dalam meningkatkan minat siswa dan efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang materi panca indera.

Referensi

A. Latifah, A. Mulyani, and F. N. Aulia, “Perancangan Alat Panca Indera Manusia untuk Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Jenjang Sekolah Dasar.†[Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/

M. R. Riztiandi and R. Firmansyah, “MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI PANCA INDRA MANUSIA BERBASIS ANDROID,†2020. [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti

A. D. Kurniawan and J. Aryanto, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Android,†SMATIKA JURNAL, vol. 14, no. 01, pp. 53–60, Jun. 2024, doi: 10.32664/smatika.v14i01.1215.

C. Grant and C. Mairn, “3D, virtual, augmented, extended, mixed reality, and extended content forms: The technology and the challenges,†Inf Serv Use, vol. 40, no. 3, pp. 225–230, 2020, doi: 10.3233/ISU-200086.

M. Amdani, N. R. Ade, and I. Purnamasari, “PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALLITY BERBASIS ANDROID PADA KONSEP PANCA INDERA,†2022.

N. Arsy, D. Wijaksana, and S. Urohmah, “Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA Materi Alat Indera Manusia.â€

T. D. Ermawan and Subari, “Perancangan Augmented Reality Bidang Otomotif Untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor,†Teknika, vol. 11, no. 2, pp. 129–137, Jun. 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i2.479.

D. R. Sijabat and A. Djayanto, “Pengembangan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Hewan Pada Buku Kelas IV Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†J-Intech, vol. 10, no. 1, pp. 30–36, 2022, doi: 10.32664/j-intech.v10i1.674.

R. R. C. Putra, T. Sugihartono, and F. Panca Juniawan, “Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Pengenalan Gambar Tokoh Pahlawan Nasional Pada Uang Kertas Berbasis Android,†Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 405–412, Dec. 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1285.

O. H. K. Nicholas Febrian, Hendry Setiawan, “Implementasi Augmented Reality Untuk Cerita Rakyat Malin Kundang Berbasis Perangkat Bergerak Nicholas,†STIKI Informatika Jurnal (SMATIKA Jurnal), vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

A. A. Pranata, E. Harli, and K. Ismanti, “Perancangan Sistem Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality Pada Android,†JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), vol. 1, no. 03, pp. 170–176, 2021, doi: 10.30998/jrkt.v1i03.5836.

Y. Setiawan and M. Basri, “Aplikasi Pengenalan Bentuk Dan Suara Hewan Berbasis Augmented Reality,†Jurnal Sintaks Logika, vol. 3, no. 1, pp. 6–11, 2023, doi: 10.31850/jsilog.v3i1.2086.

J. F. Palandi, T. Rachman, and F. A. Fahmi, “Pengembangan Media Pembelajaran tentang Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Menggunakan Augmented Reality,†J-Intech, vol. 10, no. 2, pp. 109–116, 2022, doi: 10.32664/j-intech.v10i2.801.

R. Aryanto and S. Sofiana, “OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Untuk Pengenalan Panca Indra Pada Manusia (Studi Kasus : SDN Ratu Jaya 3 Kec. Cipayung Kel. Ratu Jaya, Depok, Jawa Barat)â€, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-24