Aplikasi Edukasi Jenis Narkoba Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v15i01.1497Kata Kunci:
Augmented Reality, Edukasi, Markless Bassed Tracking, Model 3 dimensi, NarkobaAbstrak
Narkoba merupakan ancaman serius untuk kesehatan masyarakat, terutama generasi muda. Edukasi narkoba telah dilakukan oleh badan narkotika nasional namun penurunannya tidak maksimal, maka diperlukan tenologi yang dikenal sebagai Augmented reality (AR). Tujuan dari penelitian pada Aplikasi Edukasi Jenis Narkoba Untuk Generasi Muda Berbasis Augmented Reality agar memudahkan generasi muda untuk memahami mengenai narkoba dan membuat pengguna agar lebih interaktif dan menarik, Penelitian ini dikembangkan dengan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle dalam metode ini mempunyai enam tahapan yaitu kosep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi. dari tahapan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil aplikasi Augmented Reallity Edukasi jenis dan efek samping narkoba. pada aplikasi ini masih terdapat batasan pada perangkat android Samsung Tidak mendukung Plugin easy ar. aplikasi ini dibuat menggunakan metode Markless Bassed Tracking dan menggunakan pengujian dengan metode black box dengan kategori sangat baik. Aplikasi ini dapat digunakan untuk edukasi kepada generasi muda hingga masyarakat luas.
Referensi
Badan Narkotika Nasional, “Sosialisasi Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja,†bandungbaratkab.bnn.go.id. Accessed: Oct. 12, 2024. [Online]. Available: https://bandungbaratkab.bnn.go.id/sosialisasi-upaya-pencegahan-penyalahgunaan-narkoba-pada-remaja/
Humas BNN, “TINDAK TANPA PANDANG BULU, TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA BERSINAR,†bnn.go.id. Accessed: Jul. 03, 2024. [Online]. Available: https://bnn.go.id/tindak-tanpa-pandang-bulu-terus-melaju-untuk-indonesia-bersinar/
D. Rahmat Saepulloh, “PENDIDIKAN KARAKTER SESUAI FITRAH PERKEMBANGAN REMAJA.â€
RHAMA PURNA JATI, “Kasus Narkoba di Indonesia Meningkat, Jakarta Paling Rawan,†www.kompas.id. Accessed: Nov. 21, 2024. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/metro/2024/11/11/kasus-narkoba-di-indonesia-meningkat-jakarta-paling-rawan
Yudhy Sanjaya et al., “Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Anak Muda,†REAL COMMUNITY SERVICE CENTER JOURNAL, 2021.
M. R. Tanjung and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality.â€
M. Mustagfirin and I. Riyanto, “Media Penyuluhan Bahaya Narkoba dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile Android,†Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, p. 61, Mar. 2021, doi: 10.36499/jinrpl.v3i1.4037.
F. N. Kumala, A. Ghufron, P. P. Astuti, M. Crismonika, M. N. Hudha, and C. I. R. Nita, “MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students,†in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Apr. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012068.
A. Dwi Putra, M. Ridho, D. Susanto, and Y. Fernando, “Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.58602/chain.v1i2.19.
M. Sholeh, I. Gisfas, Cahiman, and M. A. Fauzi, “Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning Methods,†in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Mar. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1823/1/012029.
A. C. Praniffa, A. Syahri, F. Sandes, U. Fariha, Q. A. Giansyah, and M. L. Hamzah, “PENGUJIAN BLACK BOX DAN WHITE BOX SISTEM INFORMASI PARKIR BERBASIS WEB BLACK BOX AND WHITE BOX TESTING OF WEB-BASED PARKING INFORMATION SYSTEM.â€
N. Hasanah, “Perancangan Video Tutorial Untuk Pembelajaran Keyboard Bagi Pemula Menggunakan Metode MDLC,†Telcomatics, vol. 6, no. 2, p. 67, Jan. 2022, doi: 10.37253/telcomatics.v6i2.6357.
F. Alfiansyah, S. Lina, and M. Sitio, “Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc) Pada Aplikasi Edukasi Interaktif Pengenalan Mental Health Kepada Masyarakat Berbasis Mobile,†2022. [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
Badan Narkotika Nasional, “Jenis-Jenis Narkoba Memiliki Efek Yang Berbeda Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Penggunanya.,†laburakab.bnn.go.id. Accessed: Jul. 25, 2024. [Online]. Available: https://laburakab.bnn.go.id/jenis-jenis-narkoba-memiliki-efek-yang-berbeda-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental-penggunanya/
I. Insyiroh and C. Taurusta, “Indonesia 2 Cindy Turusta, Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi,†Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, vol. 12, no. 1, pp. 123–135, 2023, doi: 10.31571/saintek.v12i1.5825.
A. D. Kurniawan and J. Aryanto, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Android,†SMATIKA JURNAL, vol. 14, no. 01, pp. 53–60, Jun. 2024, doi: 10.32664/smatika.v14i01.1215.
E. Lusiana, N. S. Tamzil, D. Oktarina, and G. D. Prasasty, “Sosialiasi dan edukasi bahaya narkoba pada remaja,†Jurnal Pengabdian Masyarakat: Humanity and Medicine, vol. 3, no. 3, pp. 193–201, Nov. 2022, doi: 10.32539/hummed.v3i3.109.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.