Metode Simple Additive Weighting Untuk Pemilihan Sosial Media Pada Pemasaran Digital UMKM Kuliner Kota Banjarmasin

Penulis

  • Rusidah Rusidah Universitas Sari Mulia, Indonesia
  • Nurhaeni Nurhaeni Universitas Sari Mulia, Indonesia
  • Ahmad Hidayat Universitas Sari Mulia, Indonesia
  • Mambang Mambang Universitas Sari Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v15i01.1461

Kata Kunci:

Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan, Sosial Media, UMKM

Abstrak

Pemasaran digital menjadi sangat penting karena dunia pemasaran telah berubah melalui kemajuan teknologi informasi. Pemasaran interaktif dan terpadu yang memungkinkan perantara pasar, calon konsumen, dan produsen berinteraksi satu sama lain. Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, Telegram, TikTok, YouTube, dan Shopee adalah media sosial yang sering digunakan dalam pemasaran digital. Dalam penelitian ini data yang didapatkan adalah data UMKM Kuliner Kota Banjarmasin yang diperoleh melalui kuisioner berjumlah 174 data responden yang dibagikan ke dalam grup UMKM Kuliner Kota Banjarmasin dan data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 153 data UMKM kuliner usaha kue Kota Banjarmasin. Data yang diperoleh dari perhitungan sistem pendukung keputusan metode Simple Additive Weighting menunjukkan bahwa banyak sosial media yang populer di masyarakat mungkin tidak cocok untuk digunakan sebagai media digital untuk pemasaran kuliner. Hasil penelitian Simple Additive Weighting menunjukkan bahwa dapat digunakan untuk membantu para pelaku UMKM kuliner di Kota Banjarmasin dalam membuat keputusan tentang penggunaan sosial media melalui hasil perangkingan media sosial. Keputusan ini ditinjau berdasarkan beberapa kriteria seperti lama usaha, lama penggunaan sosial media, pendapatan, dan usia. Lama usaha karena semakin usahanya bertahan lama maka akan semakin dikenal banyak orang. Lama penggunaan media sosial karena semakin lama orang menggunakan media sosial maka akan semakin paham dalam menggunakan fitur dan manfaat dari fitur yang ada di media sosial tersebut. Pendapatan yang semakin besar dalam usaha maka usaha tersebut cepat untuk berkembang. Mempunyai usia yang lebih ideal dalam menjalankan usaha maka akan cepat berkembang usahanya karena memiliki ide kreatif dan wawasan yang luas dalam berbisnis. Hasil penelitian metode Simple Additive Weighting menunjukkan bahwa WhatsApp memiliki nilai akurasi 0,92, sedangkan Telegram memiliki nilai akurasi 0,715. Dampak konkret dari hasil penelitian ini adalah media sosial dapat membantu meningkatkan penjualan dan metode Simple Additive Weighting bisa digunakan sebagai pengambilan keputusan dalam pemilihan sosial media sebagai media pemasaran agar pelaku UMKM Kuliner tidak salah pilih dalam mengggunakan sosial media.

Referensi

A. P. & M. O. Dewi Komala Sari, Buku Ajar DIGITAL MARKETING Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS. 2021.

R. Jannatin, M. W. Wardhana2, R. Haryanto, A. Pebriyanto, and P. N. Banjarmasin, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM,†2020.

A. Nur Iskandar, Y. Dhimas Abiyoso, and H. Al Hafidz, “Penerapan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Bisnis.â€

T. M. Akhriza, E. Sophia, and W. A. Dewa, “Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya,†SMATIKA JURNAL, vol. 12, no. 02, pp. 265–277, Dec. 2022, doi: 10.32664/smatika.v12i02.734.

A. Permana Putra, R. Syafrudin Jurusan Ilmu Ekonomi, S. Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, and U. Lambung Mangkurat, “Pendapatan Umkm Kota Banjarmasin Sebelum dan Sesudah Mengimplementasikan E-Commerce (Studi Kasus UMKM Binaan Dan Mitra Bank Indonesia KPW Kalimantan Selatan),†JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, vol. 4, no. 1, pp. 156–170, 2021.

H. Irfani, F. Yeni, and R. Wahyuni, “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UKM DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0,†JCES (Journal of Character Education Society, vol. 3, no. 3, 2020, doi: 10.31764/jces.v3i1.2799.

M. Hasanah, R. Sari, mah Azizah, P. Mega Puspita, and N. Factur Risa, “PELATIHAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI DESA,†Journal of Character Education Society), vol. 5, no. 4, pp. 163–170, 2022, doi: 10.31764/jces.v3i1.10941.

Desi Wibawati & Adhiningasih Prabhawati, “Upaya Indonesia Dalam Mempromosikan Wisata Kuliner Sebagai Warisan Budaya Dunia,†2021.

Albert Riyandi, “PENERAPAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK DECISION SUPPORT SYSTEM PEMILIHAN USAHA MIKRO,†2019, [Online]. Available: www.nusamandiri.ac.id

A. D. Y. H. A. H. H. Iskandar Nur Achmad, Penerapan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Bisnis. Magnard, 2023.

D. Syofiawan, A. Lucky Fernandes, and J. Teuku Umar Lubuk Baja Kota Batam Kepulauan Riau, “PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) PADA UKM HAFIZAH CAKERY BATAM,†2018.

R. Pratiwi, D. Febriani, R. Ningsih, B. Mukhti, and P. G. Medan, “Pemilihan Platform Media Sosial untuk Bisnis Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting),†2024.

Denny Pribadi, Rizal Amegia Saaputra, Jamal Maulana Hudin, and Gunawan, “Buku-Ajar-Sistem-Pendukung-Keputusan,†2020.

M. P. & R. S. U. P. Fitria Nur Hasanah, BUKU AJAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2020. 2020.

D. A. R. I. P. B. D. C. P. & R. A. V. Mufiddin Zulfa Ipna Saputra, “Sistem Informasi Pendukung Keputusan Pemilihan Toko pada Sentra Oleh-oleh dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,†2022.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-24