Sistem Rekomendasi Produk Konveksi Pada Deem Clothing Dengan Metode Knowledge Based

Penulis

  • Alwi Irham Hanafi Teknik Informatika, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Agustina Srirahayu Teknik Informatika, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Anisatul Farida Teknik Informatika, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v14i02.1338

Kata Kunci:

Algoritma Berbasis Kendala, Produk Konveksi, Rekomendasi Berbasis Pengetahuan, Sistem Rekomendasi, Waterfall

Abstrak

Sistem rekomendasi berbasis pengetahuan telah menjadi solusi penting dalam membantu pelanggan memilih produk yang sesuai dengan preferensi mereka, khususnya dalam industri konveksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem rekomendasi produk konveksi pada Deem Clothing dengan metode Knowledge Based yang mampu mengatasi kendala konsultasi produk secara langsung. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh melalui wawancara dengan pemilik Deem Clothing, observasi langsung usaha, serta analisis data dari katalog produk. Metode yang digunakan melibatkan tujuh batasan kriteria produk yaitu jenis produk, jenis bahan, motif, detail desain, warna, aksesoris tambahan, dan jenis lengan. Proses rekomendasi dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma Constraint Based sederhana untuk menghasilkan skor kesamaan produk dan diurutkan dari yang tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi yang dikembangkan mampu memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan secara efektif dan efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem rekomendasi berbasis pengetahuan dapat mengurangi ketergantungan pelanggan pada konsultasi langsung, meningkatkan pengalaman berbelanja, serta mengoptimalkan proses penjualan produk konveksi. Implikasi penelitian ini terhadap ilmu pengetahuan adalah bahwa pendekatan berbasis pengetahuan dalam sistem rekomendasi dapat diterapkan secara luas pada berbagai industri untuk meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan.

Referensi

M. W. A. Wijaya and Dian Andriasari, “Bisnis Pakaian Impor Bekas (Thrifting) sebagai Tindak Pidana Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,†Bandung Conference Series: Law Studies, vol. 2, no. 2, Jul. 2022, doi: 10.29313/bcsls.v2i2.2581.

L. Safitri, “Analisis SWOT Pengembangan Industri Konveksi Perusahaan Kogaya Dalam Menghadapi Barang Import Dari China,†Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 1, no. 6, Jul. 2020, doi: 10.31933/JEMSI.

V. Atina and D. Hartanti, “Knowledge Based Recommendation Modeling For Clothing Product Selection Recommendation System,†Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 3, no. 5, pp. 1407–1413, Oct. 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.5.584.

W. Indriawan, A. Irham Gufroni, and J. Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya, “Sistem Rekomendasi Penjualan Produk Pertanian Menggunakan Metode Item Based Collaborative Filtering,†Jurnal Siliwangi, vol. 6, no. 2, 2020.

M. K. Singh and O. P. Rishi, “Event driven recommendation system for E-commerce using knowledge based collaborative filtering technique,†Scalable Computing, vol. 21, no. 3, pp. 369–378, 2020, doi: 10.12694:/scpe.v21i3.1709.

F. Rahmat, A. Bukit, G. Geby, ) Irvan, ) Fahmi, and F. Teknik, “Pembuatan Website Katalog Produk Umkm Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi Produk Kuliner Website Creation Product Catalog MSMEs For Marketing And Promotion Development Of Culinary Products 1),†2019, [Online]. Available: www.imosumut.com.

A. Simangunsong, “Analisa Dan Implementasi Metode Knowledge Base Recomendation Dalam Penerimaan Karyawan,†2019. [Online]. Available: http://thelittlebomb.blogspot.com/2013/01/pengertian-kepribadian-secara-umum.html

M. Muhith, D. Hartanti, J. Maulindar, P. Pertama, P. Kedua, and P. Ketiga, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Paket Instalasi CCTV menggunakan Metode Knowledge Based pada CCTV Center Delanggu.â€

A. Naz et al., “Product Recommendation Using Machine Learning a Review of the Existing Techniques,†IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, vol. 22, no. 5, p. 523, 2022, doi: 10.22937/IJCSNS.2022.22.5.72.

E. Ridhawati, Erlangga, and Y. Syafitri, “Digitalisasi Sistem Marketing Minyak Nilam Dengan Model Perancangan Berbasis Unified Approach Method,†Jurnal Sains Dan Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 29–35, 2021, [Online]. Available: https://publikasi.lldikti10.id//index.php/sains

M. Makbul, “OSF Preprints _ Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian,†Jun. 2021, doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73.

R. Fakhruddin Rizaldi, S. Busono, A. Senja Fitrani, and P. Korespondensi, “Sistem Informasi Inventaris Barang Di UPTD Puskesmas Kemlagi Menggunakan Metode Waterfall,†vol. 14, no. 1, p. 14, 2024, doi: 10.32664/smatika.v14i01.1128.

M. Uta et al., “Knowledge-based recommender systems: overview and research directions,†2024, Frontiers Media SA. doi: 10.3389/fdata.2024.1304439.

T. Tri et al., “Efektivitas Sistem Temu Kembali Informasi Perpustakaan Digital Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dalam Tinjauan Recall dan Precision.†[Online]. Available: http://digilib.isi.ac.id/.

K. L. Owa, K. Karyadi, and F. Abdussalaam, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Kain Hasil Maklon Berbasis Web Pada Perusahaan Manufaktur,†SMATIKA JURNAL, vol. 13, no. 02, pp. 212–224, Dec. 2023, doi: 10.32664/smatika.v13i02.928.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13