Rancang Bangun Game Adventure 3D Kesehatan Gigi

Penulis

  • Naufal Luqmanul Hakim Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Cindy Taurusta Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Arif Senja Fitrani Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v14i02.1292

Kata Kunci:

Perawatan Kesehatan Gigi, MDLC, game petualangan 3D

Abstrak

Karena praktik yang baik pada masa kanak-kanak akan mempengaruhi kebiasaan orang dewasa, pendidikan kesehatan gigi harus dimulai sejak dini. Sampai saat ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi tentang perawatan kesehatan gigi dan pilihan makanan yang baik dan buruk untuk gigi adalah melalui ceramah dan pamflet. Pendekatan tradisional dianggap membosankan, tidak perlu divisualisasikan, dan tidak cukup sulit untuk dimengerti oleh anak-anak. Rizza Dwi Prasetya dari K24 Dental Care Lamongan mengatakan bahwa salah satu hal yang paling penting untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan gigi yang baik adalah dengan menanamkan nilai perawatan gigi pada anak sejak dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat game petualangan 3D untuk smartphone Android yang mengajarkan tentang kesehatan gigi dan mulut. Pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap-yaitu ide, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi-digunakan dalam pembuatan aplikasi ini. Dengan indikator 81% "Sangat Baik", game petualangan 3D tentang kesehatan gigi ini telah melalui pengujian user acceptability dan pengujian black box. Hal ini berarti aplikasi ini layak untuk digunakan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk membantu mereka merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Referensi

S. Sussi et al., “Perancangan dan Implementasi Game Edukasi Kesehatan Gigi ‘Tooth and Fairy’ berbasis Android Menggunakan Unity Engine,†Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 2, p. 287, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2021864992.

N. Y. W. Putri Abadi and S. Suparno, “Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini,†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, p. 161, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i1.161.

A. Riolina, “Peran Guru dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut siswa di Sekolah Dasar,†Jurnal Ilmu Kedokteran Gigi, vol. 1, no. 2, pp. 51–54, 2017.

H. Pramudita and A. Riyantomo, “Sosialisasi Perawatan Gigi dan Mulut pada Anak Berbasis Android,†Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, p. 113, 2020, doi: 10.36499/jinrpl.v2i2.3567.

S. Ramadaniati, D. A. Sani, and M. F. Arif, “Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran,†INTEGER: Journal of Information Technology, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.31284/j.integer.2021.v6i1.1200.

A. Amila and E. K. Hasibuan, “Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini Dalam Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut,†Jurnal Abdimas Mutiara, vol. 1, no. 1, pp. 30–41, 2020.

E. Yuniarly, R. Amalia, and W. Haryani, “Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut anak sekolah dasar,†Journal of Oral Health Care, vol. 7, no. 1, pp. 01–08, 2019, doi: 10.29238/ohc.v7i1.339.

M. N. Pay, A. Wali, F. Fankari, and T. Purnama, “Penerapan Permainan Puzzle Tentang Karies Gigi Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar,†GEMAKES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 146–153, 2023, doi: 10.36082/gemakes.v3i2.1412.

P. R. Sandri, A. Trisnadoli, and E. S. Nugroho, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar untuk Anak TK,†Smatika Jurnal, vol. 9, no. 02, pp. 59–64, 2020, doi: 10.32664/smatika.v9i02.384.

N. Wirata, “Implementasi Game ‘ Sibasso Menyikat Gigi ’ sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan,†vol. 4, no. 4, pp. 4158–4164, 2023.

M. Kurniawan, “Aplikasi Pencarian Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus : Smp Di Kota Bandar Lampung),†Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 2, pp. 169–179, 2021.

M. N. Pay, A. L. Obi, M. S. Eluama, M. O. Nubatonis, L. M. A. Pinat, and B. I. Sakbana, “Penerapan Permainan Kartu Tos Gambar Sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi Pada Siswa Sd Gmit Oehani Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang,†GEMAKES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 90–97, 2022, doi: 10.36082/gemakes.v2i2.728.

I. S. Jatmiko, S. Kuswandari, L. G. S. Talida, and S. H. Ningrum, “Penggunaan Metode Game Interaktif untuk Edukasi Menggosok Gigi terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut serta Kesehatan Gingiva pada Anak Tunanetra,†e-GiGi, vol. 13, no. 1, pp. 15–21, 2024, doi: 10.35790/eg.v13i1.52942.

M. N. Pay, A. L. Obi, M. O. Nubatonis, L. M. A. Pinat, and Y. E. Eky, “the Effectiveness of Counseling Using Puzzle and Snake and Ladder Game Media on Dental Caries Knowledge in Elementary School Students,†JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy, vol. 4, no. 2, pp. 140–145, 2023, doi: 10.36082/jdht.v4i2.1311.

J. C. Wicaksono, T. A. S. Prasida, and J. Prestiliano, “Perancangan Card Game ‘Happy Teeth’ sebagai Media Edukasi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut,†Nirmana, vol. 22, no. 2, pp. 78–88, 2022, doi: 10.9744/nirmana.22.2.78-88.

P. Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan, F. Nurlisa, S. Prasetyowati, S. Fitria Ulfah, J. Kesehatan Gigi, and P. Kesehatan Kemenkes Surabaya, “Mulut Pada Anak Sekolah Dasar Ditinjau Dari Media Permainan,†E-Indonesian Journal of Health and Medical, vol. 2, no. 4, pp. 596–603, 2022.

M. Akbar, A. Sofiawinoto, R. Meimaharani, T. Informatika, F. Teknik, and U. M. Kudus, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat dan Tidak Sehat untuk Kesehatan Gigi Anak Berbasis Android Perkembangan media teknologi informasi dan komunikasi pada zaman sekarang sangatlah pesat serta menujukan semakin banyak media komunikasi yang ber,†vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2024, doi: 10.55123/jumintal.v3i1.3331.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-12