Perancangan Aplikasi Mobile Penjualan Ikan Segar Dengan Pendekatan Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v14i01.1226Kata Kunci:
antarmuka penguna, aplikasi mobile, design thinking, pengalaman pengguna, penjualan ikan segarAbstrak
Menurunnya produktivitas budidaya perikanan akibat pandemi COVID-19 dan meningkatnya persaingan global serta kesulitan nelayan dalam menjual ikan akibat mahalnya biaya distribusi dan rendahnya kepercayaan konsumen terhadap kesegaran ikan menuntut solusi inovatif bagi industri perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan mengembangkan aplikasi pemasaran ikan segar berbasis mobile bernama "FreshCatch". Kami menggunakan metode Design Thinking untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan desain antarmuka. Metodologi ini meliputi pemahaman kebutuhan pengguna, penentuan permasalahan inti seperti masalah kepercayaan terhadap kesegaran ikan, pencarian solusi, pembuatan prototipe desain dengan fidelitas rendah dan tinggi, serta pengujian kegunaan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan dan kepuasan pengguna yang tinggi dengan peningkatan signifikan pada kepercayaan pengguna dan aksesibilitas pasar bagi nelayan. Studi tersebut menyimpulkan bahwa "FreshCatch" secara efektif meningkatkan transisi digital dalam penjualan ikan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan petani ikan sekaligus memastikan ketersediaan ikan segar bagi konsumen. Penelitian ini berkontribusi untuk memajukan solusi digital dalam industri akuakultur, mendorong praktik pasar yang berkelanjutan dan efisien.
Referensi
KKP, “Produksi Ikan dengan Perbandingan Tahun,†[KKP] Kementrian Kelautan dan Perikanan. Accessed: Apr. 14, 2024. [Online]. Available: https://statistik.kkp.go.id/home.php? m=total&i=2#panel-footer
E. Nugroho, R. Roro Sri Pudji Sinarni Dewi, Aisyah, T. Handanari, and Muhammad Natsir, “Utilization Of Marine And Fishery Resources Through Sustainable Aquaculture For The Nation’s Welfare Towards A Community Of 5.0,†Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, vol. 14, no. 2, 2022, doi: 10.15578/jkpi.14.2.2022.111-119.
Inka Kris Dwi Cahyono, Amelia Puji Astuti, Nur Hikma Eka Sari, Regina Suci Fitria, Yunita Fitriyani, and Tanbiyaskur Tanbiyaskur, “Perluasan Segmen Pasar UKM Pembudidaya Ikan Berbasis E-Commerce Menggunakan Aplikasi Fishket di Era Revolusi 4.0,†Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal, 2020.
N. Kusuma Putri, R. Fauzi, and D. Pramesti, “Desain User Experience dan User Interface Website ‘Nufish’ Menggunakan Metode Design Thinking dan Extreme Programming,†Smart Comp : Jurnalnya Orang Pintar Komputer, vol. 12, no. 1, 2023.
S. I. Adam, “Aplikasi Pelelangan Ikan Online (E-Lelang) Berbasis Mobile,†Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 2, p. 173, Apr. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i2.43973.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,†JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, Aug. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, pp. 2548–964, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. N. Islami and M. Dody Firmansyah, “Evaluasi UI/UX Dari Aplikasi Ikmas Dengan Menggunakan Metode Design Thinking Dan Pengujian Pengguna,†Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 9, no. 1, pp. 29–38, Dec. 2023, doi: 10.36341/rabit.v9i1.4116.
S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,†Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, Jul. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
Diana Makarti, “perencanaan strategi digital menggunakan metode design thinking studi kasus : PT Neurosensum,†UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.
C. V. Siagian, R. Kartika Dewi, and F. Al Huda, “Perancangan User Experience Aplikasi Online Market berbasis Mobile di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 3, pp. 1340–1349, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,†Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
A. Lelitasari, R. Ilyasa, R. G. Satria, N. Effendi, and M. Qaddasa, “Penerapan Metode Design Thinking dan Agile Development Pembangunan Aplikasi Marketplace ‘Hijab,’†Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, pp. 1082–1092, Jul. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3695.
D. Fitra Aryansyah, P. Sokibi, R. Fahrudin, and S. Artikel, “Perancangan Design Ui/Ux Aplikasi Penjualan Store Pakaian Dengan Metode Design Thinking Berbasis Android Info Artikel,†Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi Dan Teknologi Komputer (Jumistik) , vol. 2, no. 1, p. 135, 2023, doi: 10.xxxxxx/xxxx.
J. M. Dumalang, C. E. J. C. Montolalu, and D. Lapihu, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking,†Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 2, no. 2, pp. 41–52, Sep. 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.19.
M. Alda, M. H. Koto, and A. Wardani, “IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPING PADA RANCANGAN TOKO TANAMAN BERBASIS ANDROID,†Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 8, no. 2, pp. 254–261, Jul. 2023, doi: 10.36341/rabit.v8i2.3156.
Khikma Mei Rida, Gita Fadila, and Darmansah Darmansah, “PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI TIKET WISATA DI KOTA PEMALANG MENGGUNAKAN UX LIFECYCLE,†Rabit Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 7, no. 1, pp. 90–100, 2022, doi: https://doi.org/10.36341/rabit.v7i1.1984.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.