Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Android

Penulis

  • Ardian Danang Kurniawan Teknik Informatika, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
  • Joko Aryanto Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v14i01.1215

Kata Kunci:

augmented reality, media pengenalan, tata surya

Abstrak

Sebagian besar mata pelajaran IPA, terutama yang berkaitan dengan bidang tata surya masih diajarkan secara konvensional yaitu menggunakan alat peraga seperti buku, papan tulis, dan alat peraga. Alat peraga ini tidak menarik perhatian siswa, sehingga siswa menjadi kurang tertarik pada mata pelajaran. Sehingga dibutuhkan media alternative dalam pengenalan materi sistem tata surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi pengenalan tata surya yang berbasis Augmented Reality. Aplikasi ini akan membuat objek planet lebih realistis dan meningkatkan pemahaman siswa tentang literatur tentang tata surya. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian studi pustaka. Mengidentifikasi masalah, melakukan penelitian literatur, mengumpulkan data, mengembangkan sistem, menguji aplikasi, dan menulis laporan adalah langkah-langkah penelitian. Penelitian ini menghasilkan aplikasi augmented reality yang menggunakan metode markerless sehingga objek 3D dapat digerakkan secara bebas oleh pengguna. Aplikasi ini dapat menjadi alternative media pengenalan mengenai sistem tata surya, membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran aktif

Referensi

A. Zaenatun, A. A. Setiani, R. Farrah, R. Widyastuti, and A. N. Aeni, “Pengaruh Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,†Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 5, no. 2, p. 183, 2021, doi: 10.24036/jippsd.v5i2.115170.

Y. P. Putra, “Implementasi Wisata Antariksa Virtual Sebagai Pengenalan Tata Surya Dengan Virtual Reality Berbasis Android,†Jurnal Teknologi Pintar, vol. 2, no. 12, pp. 1–17, 2022.

S. Fatimah, S. Supangat, and A. R. Sinensis, “Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Berbasis Literasi Qur’an Pada Materi Tata Surya Kelas VI,†Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 2, pp. 98–107, 2023, doi: 10.54069/attadrib.v5i2.278.

L. N. Ainni, “Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenai Tata Surya Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar,†Jurnal Multi Media dan IT, vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.46961/jommit.v4i2.334.

Y. Fatma, A. Salim, and R. Hayami, “Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya,†Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 2, no. 1, pp. 53–59, 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i1.2178.

A. H. Matin and H. W. Utomo, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Pada Sekolah Dasar Kelas 6,†JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 752–761, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i3.6264.

N. Ain, N. Fashokha, M. Rohmah, L. Sulthoniyah, P. Guru, and M. Ibtidaiyah, “JURNAL KAJIAN PEMBELAJARAN DAN KEILMUAN Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman 9-15 PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI,†vol. 7, pp. 9–15, 2023, doi: 10.26418/jurnalkpk.v7i2.70732.

S. Deti Nurhamidah, A. Sujana, and D. A. Karlina, “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa,†Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1318–1329, 2022.

R. A. Saskia, A. Ajizah, and E. Hafizah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs,†Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, vol. 2, no. 2, p. 17, 2022, doi: 10.20527/i.v2i2.7389.

Z. Makhasin, W. Sri Utami, U. Teknologi Yogyakarta, J. Siliwangi Jl Ring Road Utara Jombor Sleman, and D. Yogyakarta, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android,†JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 301–313, 2023.

D. Hetri S, Z. Alfiyah, and M. F. Marsuki, “Optimalisasi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Tata Surya Melalui Implementasi Project Based Learning Kelas 7E di Smp Negeri 49 Surabaya,†Jurnal Multidisiplin Indonesia, vol. 2, no. 7, pp. 1661–1676, 2023, doi: 10.58344/jmi.v2i7.328.

L. Hidayat, “Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal,†Journal of Education Research, vol. 5, no. 1, pp. 781–794, 2024.

Marsono, Mulyanto, and Isfarudi, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren,†Jurnal Pendidikan Tambusa, vol. 5, pp. 3463–3469, 2021.

M. R. Firmantara, I. Mudakir, and N. Nuriman, “Augmented Reality Research Trends in Indonesia: A systematic Literature Review,†Journal of Science Education Research, vol. 7, no. 2, pp. 71–81, 2023, doi: 10.21831/jser.v7i2.60776.

A. Saca, “Penerapan Marker-Based Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya,†JIKA (Jurnal Informatika), vol. 5, no. 1, p. 33, 2021, doi: 10.31000/jika.v5i1.3560.

I. W. Andis Indrawan, K. O. Saputra, and L. Linawati, “Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19,†Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 1, p. 61, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i01.p07.

J. F. Palandi, T. Rachman, and F. A. Fahmi, “Pengembangan Media Pembelajaran tentang Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Menggunakan Augmented Reality,†J-Intech, vol. 10, no. 2, pp. 109–116, 2022, doi: 10.32664/j-intech.v10i2.801.

D. N. Cahyani and C. A. Oktavia, “Media Penunjang Pembelajaran Organ Paru-Paru Manusia Berbasis Mobile Menggunakan Augmented Reality (Studi Kasus SDN 2 Ardimulyo),†J-Intech, vol. 7, no. 02, pp. 120–125, 2019, doi: 10.32664/j-intech.v7i02.438.

D. R. Sijabat and A. Djayanto, “Pengembangan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Hewan Pada Buku Kelas IV Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†J-Intech, vol. 10, no. 1, pp. 30–36, 2022, doi: 10.32664/j-intech.v10i1.674.

R. I. Firmansyah, A. Aditya, and M. Kartikasari, “Game Edukasi Sistem Tata Surya Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Virtual Reality,†Jurnal Simantec, vol. 9, no. 2, pp. 39–44, 2021, doi: 10.21107/simantec.v9i2.9912.

M. Agil and S. L. M. Sitio, “Implementasi Metode Markerless Augmented Reality Untuk Edukasi Nama Buah-Buahan Berbasis Android,†Jurnal Dinamika Informatika, vol. 14, no. 2, pp. 105–115, 2022, doi: 10.35315/informatika.v14i2.9199.

A. P. Kusuma, M. F. Rahmat, and A. A. Rofiq, “Analisis Pengujian Sistem Pengiriman Barang Menggunakan Black Box Testing,†J-Intech, vol. 11, no. 2, pp. 287–293, 2023, doi: 10.32664/j-intech.v11i2.999.

M. Minarni and S. Sigit, “Pengujian Fungsionalitas dan Kualitas Website Wisata Kotawaringin Timur Menggunakan Metode Black Box dan Standar ISO,†J-Intech, vol. 11, no. 1, pp. 18–25, 2023, doi: 10.32664/j-intech.v11i1.820.

P. R. Sandri, A. Trisnadoli, and E. S. Nugroho, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar untuk Anak TK,†Smatika Jurnal, vol. 9, no. 02, pp. 59–64, 2020, doi: 10.32664/smatika.v9i02.384.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-27