Prediksi Loyalitas Pelanggan Pada Fast Moving Consumer Goods Menggunakan Klasifikasi Metode C4.5

Penulis

  • Laila Isyriyah Informatika, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, Malang, Indonesia
  • Imam Baihaqi Informatika, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, Malang, Indonesia
  • Febry Eka Purwiantono D3 Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v13i02.1115

Kata Kunci:

prediksi, C4.5, loyalitas pelanggan, data mining, klasifikasi

Abstrak

Mie instan merupakan salah satu produk makanan dari industri Fast Moving Customer Goods (FMCG) yang mana industri yang cukup besar di Indonesia. Namun, persaingan tidak bisa dihindari. Sehingga untuk memenangkan persaingan dari perusahaan lainnya, majamen perusahaan dituntut untuk menentukan strategi mempertahankan loyalitas konsumen. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi untuk melakukan prediksi terhadap loyalitas pelanggan dan menentukan atribut yang berpengaruh dengan menerapkan Data Mining Klasifikasi dalam bentuk pohon keputusan. Metode aplikasi yang digunakan dalam Klasifikasi untuk prediksi adalah metode C4.5. Dalam algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain dimana atribut loyalitas pelanggan sebagai atribut tujuan (class), sedangkan harga, kemasan, citarasa, variasi, iklan, distribusi, dan kualitas sebagai atribut sumber untuk memperoleh node akar dan node lainnya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi dengan menggunakan metode C4.5 menghasilkan akurasi 97.5%, jadi medote C4.5 dapat digunakan untuk membantu manajemen perusahaan mie instan dalam rangka menentukan strategi mempertahankan loyalitas konsumen.

Referensi

Indonesia Investment, "Ekonomi Indonesia - Pasar Berkembang Asia | Indonesia Investment," [Online]. Available: https://www.indonesia-investments.com/id/budaya/ekonomi/item177.

BINUS, 2019. [Online]. Available: https://bbs.binus.ac.id/bbslab/2019/11/%20keadaan-fmcg-di-indonesia/.

Tirto.id, Tirto.id, 2016. [Online]. Available: https://tirto.id/mi-instan-gurih-pasarnya-sengit-persaingannya-yeZ.

T. B. Santoso, "Analisa Dan Penerapan Metode C4.5 Untuk Prediksi Loyalitas Pelanggan," Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik LIMIT, vol. 10, no. 1, 2011.

P. Chapman, Chapman, P. (2000). CRISP-DM 1.0: Step-by-step data mining guide., 2000.

F. Gorunescu, Data Mining Concepts, Models and Techniques, 2011.

I. F. Rohman, "Penerapan Algoritma C 4.5 pada Kepuasan Pelanggan Perum DAMRI," Ilmu Komputer, pp. 1-14, 2015.

P. Meilina, "PENERAPAN DATA MINING DENGAN METODE KALSIFIKASI MENGGUNAKAN DECISION TREE DAN REGRESI," Jurnal Teknologi, vol. 7, no. 1, 2015.

J. L. Whitten, L. D. Bentley and K. Dittman, Metode Desain dan Analisis Sistem, 2004.

M. Sokolova and G. Lapalme, "A systematic analysis of performance measures for classification," Information Processing & Management, vol. 45, no. 4, pp. 427-437, 2009.

Indrajani, Database Design (Case Study All in One), PT. Elex Media Komputindo, 2015.

E. Irfiani and F. Indriyani, "Data Mining untuk Sistem Pengambilan Keputusan Menentukan Kenaikan Kelas Berbasis Web," Informatics for Educators and Professionals, vol. 2, no. 1, 2017.

Kusrini and E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining, 2009.

A. Y. R. Pradana, ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MIE SEDAAP ( studi kasus pada Indomaret cabang Gedangan Sidoarjo ), Repository UPN Veteran JATIM, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-05