Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Tajwid Kelas 5 Pada Hukum Bacaan Mim Sukun Dan Tanwin Berbasis MDA Framework
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v13i02.1002Kata Kunci:
Augmented Reality, Android, Ilmu Tajwid, MDA FrameworkAbstrak
Pembelajaran ilmu tajwid di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen saat ini masih menerapkan pendekatan pembelajaran langsung melalui interaksi antara pengajar dan siswa dengan buku sebagai sumber materi. Namun, hasil pengamatan menunjukkan adanya kekurangan dalam metode yang sedang digunakan, khususnya dalam pengajaran ilmu tajwid. Dari hasil pretest yang diterapkan pada siswa, sebanyak 79,41% mendapatkan skor di bawah 50 (dalam skala nilai 1-100). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran hukum membaca huruf mim sukun dan tanwin dengan menggunakan teknologi Augmented Reality(AR) berbasis Android. Aplikasi ini berisi materi yang diambil dari buku tajwid anshorul Qur’an. Rancangan media pembelajaran dalam bentuk permainan berbasis Augmented Reality menggunakan metode Mechanics, Dynamics dan Aesthetics (MDA) Framework, sedangkan proses perancangannya mengikuti langkah-langkah dari metode Software Development Life Cycle (SDLC) yang sering disebut sebagai metode air terjun (Waterfall). Hasil penelitian telah menghasilkan sebuah aplikasi yang disebut dengan aplikasi “Mahwid†yang memuat penjelasan dan contoh bacaan untuk setiap hukum bacaan mim sukun dan tanwin dalam bentuk tiga dimensi. Aplikasi ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang berbasis Android dengan persyaratan minimal versi Android 8.0. Proses pengujian aplikasi melibatkan uji black box yang menghasilkan bahwa aplikasi berjalan secara optimal, dan pengujian penerimaan (acceptability) serta kompatibilitas (compatibility) yang menunjukkan bahwa aplikasi ini beroperasi secara efektif pada perangkat Android versi 8.0 atau yang diatasnya. Pengujian juga dilakukan terhadap ahli materi dengan hasil 93%, ahli media dengan hasil 91% dan kepada pengguna sebanyak 34 orang dengan tingkat kepuasan sebesar 94%. Dengan kesimpulan positif dari pengujian ini, aplikasi ini dianggap pantas atau layak digunakan sebagai alat pembelajaran dalam memahami ilmu tajwid Al-Qur’an.
Referensi
S. Karomah, ‘Membaca Al-Qur’an Dengan Hukum Bacaan Mad Peserta Didik Kelas VIII MTs SA Raudlatul Huda Al Islamy’, SKULA J. Pendidik. Profesi Guru Madrasah, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Dec. 2022, Accessed: Jun. 23, 2023. [Online]. Available: http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/446
A. Ismail and A. Wardani, ‘Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android’, Pros. SEMANTIK, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Oct. 2019, Accessed: Jun. 23, 2023. [Online]. Available: https://journal.uncp.ac.id/index.php/semantik/article/view/1491
‘Garuda - Garba Rujukan Digital’. Accessed: Oct. 24, 2023. [Online]. Available: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3563364
D. Damayanti, M. F. Akbar, and H. Sulistiani, ‘Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2’, J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Feb. 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020721671.
I. B. M. Mahendra, ‘Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3d Dan Vuporia SDK’.
A. Febrianto, ‘Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Mempelajari Ilmu Tajwid Use Of Augmented Reality Technology In Studying Tajwid Science Using Augmented Reality Technology In Studying Tajwid Science’, J. Din. Inform., vol. 7, no. 1, Art. no. 1, 2018, Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: https://jdi.upy.ac.id/index.php/jdi/article/view/17
I. B. M. Mahendra, ‘Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3d Dan Vuporia SDK’, J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2016, Accessed: Jun. 22, 2023. [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26341
A. S. Kholimi, S. Prasetiyono, and L. Husniah, ‘Pengembangan Game Edukasi Pembiakan Lele Menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) Framework’, J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 9, p. 313, Dec. 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i3.30008.
R. A. Austin, E. M. A. Jonemaro, and W. S. Wardhono, ‘Pengembangan Aplikasi Gim Untuk Pengenalan Cagar Budaya Di Kota Malang Menggunakan MDA Framework’.
A. Wahid, ‘Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi’, Oct. 2020.
Y. E. Ramadhana, E. M. A. Jonemaro, and T. Afirianto, ‘Evaluasi Gameplay pada Game Arknights menggunakan Metode Analisis Mechanics, Dynamics and Aesthetics (MDA) Framework’, J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 11, Art. no. 11, Oct. 2021, Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10153
S. Aysiah, A. Komarudin, and R. Yuniarti, ‘Desain Game Edukasi Bertema Penerapan Akhlakul Karimah Menggunakan Framework Mechanics Dynamics Aesthetics’, Pros. SISFOTEK, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2020, Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: http://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/234
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.

