Pembangunan Sistem E-Learning Berbasis Web Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Malang

Penulis

  • Rini Agustina
  • Hari Lugis Purwanto Universitas Kanjuruhan Malang
  • Darul Huda Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.511

Kata Kunci:

E-learning, Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Abstrak

Penelitian ini fokus membahas hasil penelitian Pembangunan Sistem E-learning Berbasis Web sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Malang. Kondisi darurat yang dialami oleh masyarakat seluruh dunia, bahkan di Indonesia yakni adanya pandemi covid-19 membuat pola pengajaran dalam dunia pendidikan beralih menjadi berbasis online. Sekolah harus memikirkan strategi pembelajaran jarak jauh sesuai dengan kompetensi yang dimiliki setiap sekolah baik dari kompetensi guru, siswa, orang tua, maupun sarana yang dimiliki. Oleh karena itu, guru membutuhkan keterampilan dasar mengajar dari tatap muka menjadi virtual dalam jaringan atau daring. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2019-2020, Subjek uji coba adalah guru dan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Malang. Sistem e-learning ini mempunyai tiga hak akses yakni administrator, guru, dan siswa yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Administrator mempunyai hak akses untuk mengelola data pada sistem, guru mempunyai hak akses untuk mengupload materi dan latihan soal pada sistem, sedangkan siswa dapat mendownload materi dan mengerjakan latihan soal serta bisa mengetahui nilainya secara langsung pada sistem. Pengukuran tingkat kelayakan aplikasi dilakukan dengan menggunakan User Acceptence Test (UAT) yang telah diisi dan mendapatkan hasil rata-rata 86% dari 30 responden yang menyatakan setuju jika aplikasi e-learning berbasis web ini digunakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Malang.

Referensi

S. Ulya, “Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan,†no. 9909819018, pp. 1–12, 2020.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,†Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

Permendibud. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf. Diakses tanggal 26 Juli 2020.

E. Rusnandi, “Perancangan software pembelajaran berbasis WEB untuk Madrasah Ibtidaiyah,†vol. 12, no. 3.

Pusvyta Sari, “Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning,†Ummul Quro, vol. 4, no. 2, pp. 20–35, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.

K. Khamidah and R. A. Triyono, “Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Dengan Php Dan MySql Studi Kasus SMPN 1 Arjosari,†IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., vol. 2, no. 2, pp. 11–17, 2013, [Online]. Available: ijns.org.

Pressman, R, & Maxim, Bruce. 2015. Sofware Engineering. McGraw-Hill Education. New York-USA.

R. Agustina and D. Suprianto, “Analisis Hasil Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Aljabar Logika Dengan User Acceptance Test (UAT),†Smatika J., vol. 8, no. 02, pp. 67–73, 2018, doi: 10.32664/smatika.v8i02.205.

F. Rahman and R. Silvia, “PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,†Technologia, vol. 9, no. 2, pp. 95–100, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-18