Faktor Angin Pada Special-Effect Api Untuk Objek Bergerak Menggunakan Particle System
DOI:
https://doi.org/10.32664/smatika.v9i02.392Kata Kunci:
particle system, efek api, faktor anginAbstrak
Salah satu teknik dalam komputer grafis yang menangani objek-objek tidak beraturan dengan ukuran kecil dan berjumlah sangat banyak adalah particle system. Saat ini, particle system tidak hanya digunakan untuk menciptakan efek-efek fantasi tapi juga digunakan untuk melakukan simulasi. Salah satu fungsi dari particle system adalah untuk menciptakan efek kobaran api. Variabel pokok untuk menciptakan efek api diantaranya adalah start-delay, lifetime, speed, size, rotation, max-particle, emission-rate, shape-style, shape-angle, dan shape-radius. Untuk menciptakan efek kobaran api yang dipengaruhi oleh faktor angin pada objek bergerak dapat dilakukan dengan melakukan perubahan dua parameter pada particle system yaitu size dan speed.
Referensi
W. T. REEVES, "Particle System Technique for Modeling a Class of Fuzzy Objects," ACM Transactions on Graphics, vol. 2, 1983.
H. O. Haraldsson, "Particle System in SFX," particlesystem.org.
Simulation of Bomb Residu Deposition Following The Oslo Bombing July 22, "Emma M.M Wingstedt," Norwegian Defence Research Establishment (FFI), 2012.
Daniel Schroeder and Howard J. Hamilton, “Desirable Elements for a Particle System Interface,†International Journal of Computer Games Technology, vol. 2014, Article ID 623809, 12 pages, 2014. https://doi.org/10.1155/2014/623809
Meiqi Jiang et al, “Fire-fighting Training System Based on Virtual Realityâ€, IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 170 042113, 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis telah menyetujui bahwa pemegang hak cipta adalah SMATIKA Jurnal. Dan Author berhak menyebarkan artikel tanpa seijin SMATIKA jurnal.