Perancangan Video Promosi Desa Beji untuk Meningkatkan Brand Awareness

Penulis

  • Jozua F Palandi
  • Ahmad Ufi Amrullah
  • Rahmat Kurniawan
  • Adita Ayu Kusumasari

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v4i02.808

Kata Kunci:

Desa Beji, Video Promosi, Wisata Kuliner, Tempe, Brand Awareness

Abstrak

Desa Beji merupakan salah satu dari bagian desa di wilayah Kecamatan Junrejo yang berada di dataran tinggi dan terletak di jalan utama menuju Kota Batu. Desa Beji terbagi menjadi tiga Dusun yaitu Dusun Krajan Sae, Dusun Sawahan, dan Dusun Karang Jambe. Warga Desa Beji kebanyakan memiliki usaha rumahan yakni sebagai pengrajin tempe. Namun masih belum banyak masyarakat yang mengenal tempe khas Desa Beji termasuk produk olahan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya promosi dari warga desanya sendiri terhadap Desa Beji. Perancangan video promosi ini dilakukan dengan beberapa metode. Mulai dari tahap pengumpulan data yang menggunakan beberapa metode seperti wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Berikutnya, dilakukan studi literatur dan melakukan analisis menggunakan teknik analisis SWOT. Media promosi yang digunakan adalah media video dengan mengangkat judul “Tempenesia†menggunakan konsep storytelling dan menyelipkan konsep softselling produk olahan didalamnya. Hasil pengujian dari perancangan ini mendapat total skor 566 dari total skor maksimal 572 dengan kategori sangat baik.

Referensi

M. I. Sari, A. Fidyasari, and K. A. Setiawan, “Pengembangan Desa Beji sebagai Wisata Edukasi Kampung Tempe,†Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 973–978, 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2806.

S. L. Suknia and T. P. D. Rahmani, “Proses Pembuatan Tempe Home Industry Berbahan Dasar Kedelai (Glycine max (L.) Merr) dan Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) Di Candiwesi, Salatiga,†Southeast Asian J. Islam. Educ., vol. 03, no. 01, pp. 59–76, 2020.

F. Amaliyah, N. W. Wisaniyasa, and N. L. A. Yusasrini, “Pemanfaatan Bekatul Jagung dan Ragi Cap Jago untuk Pembuatan Ragi Tempe dan Karakteristik Tempe yang Dihasilkan,†J. Ilm. Teknol. Pertan. AGROTECHNO, vol. 2, no. 2, pp. 231–237, 2017.

M. Faidah, “Sertifikasi Halal Produk Tempe pada Sentra Industri Sanan untuk Mendukung Malang menjadi Kota Wisata Syariah,†in Inovasi Dan Hilirisasi Hasil Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat, 2016, pp. 165–169.

R. Nugroho, “Tipologi Fasad Hunian Pengrajin Tempe Koridor Jalan Sanan Malang,†Local Wisdom J. Ilm. Kaji. Kearifan Lokal, vol. 9, no. 1, pp. 61–73, 2017, doi: 10.26905/lw.v9i1.1867.

S. E. Sanyoto, Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press, 2006.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-23