Desain Asset Visual Game Mobile Matematika

Penulis

  • Andreatono Nathaniel STIKI Malang
  • Saiful Yahya Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI)

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v5i01.791

Kata Kunci:

desain, asset visual, game mobile, matematika

Abstrak

Matematika adalah salah satu mata pelajaran wajib untuk para siswa di Indonesia. Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipahami oleh setiap siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan kulalitas pembelajaran pada mata pelajaran, khususnya matematika pada masa pandemi, diperlukan media pembelajaran yang efektif, seru, dan tidak membuat siswa merasa bosan. Salah satu caranya adalah dengan membuat game edukasi menggunakan mobile atau telepon seluler. Game edukasi tersebut merupakan game mobile berbasis Android agar memudahkan pengguna untuk menggunakannya dimanapun dan kapanpun dibandingkan dengan platform lainnya salah satunya seperti komputer..Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana cara membuat asset visual game mobile matematika?â€. Penyelesaian permasalahan dari penelitian ini adalah membuat rancangan asset visual tema alam. Maka dibuatlah desain icon , button , dan background dengan desain hutan, desain kayu dan objek yang berhubungan dengan matematika. Yang selanjutnya digabungkan menjadi desain akhir. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Asset Visual Game digunakan untuk membuat tampilan game agar mudah dan seru untuk dimainkan khususnya untuk kelas 3 SD ke bawah

Referensi

Ramdhan, W., Setyadi D. I., (2015). Perancangan Aset Visual Mobile Game Bertema Jajanan Pasar Surabaya. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 4, No.2, (2015) 2337-3520 (2301-928X Print)

Wibawanto, W., (2015). Pengembangan Aset Visual Dalam Game Simulasi Pertanian Organik “Astro Farmer†Dengan Pendekatan Symbolic Analogy.Vol. IX No. 1 - Januari 2015.

Anwar, S,. Subari, Yahya, S., (2022). Eksplorasi Punokawan Dalam Perancangan Asset Game Bergaya Chibi Untuk Generasi Muda Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Nusantara.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Kholil M, Zulfiani S, (2020) Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa maadrasah ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1 no. 2, Juni 2020, https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28