Perancangan Desain Maskot Kabupaten Situbondo Dengan Pendekatan Design Thinking

Penulis

  • Abdurrohman Abdurrohman Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI)
  • Addin Aditya Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI)
  • Rina Nurfitri Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Informatika Komputer Indonesia (STIKI)

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v5i01.757

Kata Kunci:

maskot, kota situbondo, karakter situbondo

Abstrak

Perancangan maskot Kabupaten Situbondo sudah melakukan riset terhadap Kabupaten Situbondo, karena banyak masyarakat luar Situbondo tidak tahu tentang Kabupaten Situbondo cuman Kabupaten terdekat saja. penulis mendaptkan beberapa informasi mengenai maskot tapi masyarakat Situbondo banyak tidak tau apa itu maskot dan fungsinya. Maskot digunakan tidak hanya untuk mempromosikan sebuah Kabupaten atau daerah, memberikan edukasi secara persuasif tentang Kabupaten atau daerah tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kuisioner. Pengumpulan data dilakukan online dengan membagikan kuesioner untuk memperoleh sebuah informasi yang akurat dan hasilnya digunakan untuk mencapai tujuan penelitian.hasil yang didapat berupa karya maskot yang bernama simpan karya ini didapat dari sebuah informasi wawancara dan Ide dari maskot Kabupaten Situbondo ini diambil dari ikon Kabupaten yaitu perahu yang didesain hidup (antrophomorfism) layaknya icon Kabupaten dengan menggunakan topi khas (odheng ) berupa motif kerang yang berasal dari lautan Kabupaten Situbondo dan menciptakan beberapa pose dari karakter maskot Kabupaten SitubondoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menciptakan city branding melalui maskot untuk mempromosikan Kabupaten Situbondo.

Referensi

R. Yuda, F. D. Sucipto, and M. Ghifari, “Perancangan Maskot Isbi Aceh Sebagai Upaya Penguatan Brand Awareness,†Gorga J. Seni Rupa, vol. 11, no. 1, pp. 36–44.

R. E. Toding, E. Poerbaningtyas, and R. Nurfitri, “Perancangan Corporate Identity Cv Arya Wasa Sebagai Citra Perusahaan,†Gorga J. Seni Rupa, vol. 11, no. 2, pp. 480–488.

O. Ariesta, “Perancangan Maskot Isi Padang Panjang sebagai Media Branding,†J. Bhs. RUPA, vol. 3 no. 2, p. 105, 2020.

M. Wibawa, “Perancangan Identitas Visual Kampung Keramik Dinoyo Malang,†J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 3, no. 2, p. 93, Dec. 2019, doi: 10.32815/jeskovsia.v3i2.394.

M. Mulfi, “Perahu Layar Nol Emisi di Pantai Pasir Putih Situbondo,†2022. https://lautsehat.id/pariwisata/miftah/perahu-layar-nol-emisi-di-pantai-pasir-putih-situbondo/.

D. R. Novica and I. K. Hidayat, “Kajian visual desain karakter pada maskot Kota Malang,†JADECS (Journal Art, Des. Art Educ. Cult. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 52–58, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28