Perancangan Media Promosi "Café Nomu9 Bites & Beverages" Sebagai Penguat Brand di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v3i02.624Kata Kunci:
cafe, media promosi, media sosialAbstrak
Industri makanan dan minuman kini semakin berkembang dan bervariasi mulai dari harga dan jenisnya hal ini menyebabkan persaingan bisnis dibidang tersebut mempengaruhi produsen hingga konsumennya dalam menentukan dan memilih produk sehingga dibutuhkan sebuah media promosi untuk perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Oleh sebab itu penulis merancang sebuah media promosi untuk café Nomu9 Bites & Beverages agar dapat bersaing dengan café-café baru di kota Malang melalui sosial media berupa video di platform Instagram dan Youtube. Sosial media dipilih karena banyak masyarakat yang menggunakannya dan menjadi salah satu media promosi yang murah serta terukur. Model perancangan menggunakan Sadjiman Ebdi Sanyoto, yaitu diawali dengan latar belakang masalah, identifikasi, sumber data lalu dilanjutkan sistesis, konsep perancangan, proses perancangan dan desain final. Software yang digunakan dalam proses pembuatan media promosi ini antara lain : Adobe Premiere, Adobe After Effect, Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Commercial Ads berformat Mp4, memiliki resolusi 1920x1080 dan berdurasi 1 menit. Instagram stories berformat Mp4, memiliki resolusi 1080x1920 (vertical) berdurasi 15 detik. Media pendukung antara lain : Photo slideshow berformat Mp4, memiliki resolusi 1080x1920 (vertical) dan berdurasi 60 detik. Bagi penulis selanjutnya diharapkan dapat merancang dengan permasalahan yang sama namun dengan media yang berbeda.
Referensi
Ambarsari, Riana. 2011. Food Photogrphy for Everyone. Jakarta: Elex Media
Ekawati, Rika. 2016. Geonusantara Journal of Tutorial. Food Photography
Hendratman, Hendi. 2008. Tips dan Trix Computer Graphic Desain. Bandung: Informatika
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Gramedia.
Jogiyanto. 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi
Sadjiman, E.S. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.
Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sarwono, J., & Lubis, H. 2007 Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Widya, Helma. Sistem Pembelajaran dan Pemahaman Algoritma Electronic Code Book (ECB) Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). Medan: Institut Teknologi Medan
Aedy, Syaiful dan Godham Eko Saputro. Perancangan Media Promosi Kafe Maha Coffee Untuk Memperluas Pangsa Pasar di Semarang. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Hanstefanus, Michael., Petrus Gogor Bangsa dan Mendy Hosana. Perancangan Media Promosi Untuk Kedai Kopi Logika. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Santosa, Edwin., Lista Natadjaja dan Erandaru. Perancangan Media Promosi Dream Café and Resto Malang. Surabaya: Universitas Kristen Petra
https://pakarkomunikasi.com/pengertian- media-sosial-menurut-para-ahli, 28 Maret 2019 Jam 8:40
https://www.arsitur.com/2015/10/klasifikasi-restoran-menurut- para-ahli.html, 28 Maret 2019 Jam 9:00
https://kuliner.radarmalang.id/bisnis-kuliner-kota-malang-tumbuh-30-persen, 29 November 2018 Jam 10:15
http://eprints.mercubuana- yogya.ac.id/1298/4/BAB%20II.pdf, 28 Maret 2019 Jam 9:50
https://idseducation.com/articles/mari-mengenal-apa-itu-typography/, 11 April 2019 jam 09:30
http://ilmunesia.com/mengenal-macam-macam-aliran-style-desain-grafis/, 11 April 2019 Jam 21:00
https://eprints.uny.ac.id/9291/3/bab%202- %2007209241033.pdf, 03 April 2019 Jam 10:00
https://www.astalog.com/4021/apakah-yang- dimaksud-dengan-media.htm, 15 April 2019 Jam 13:30
https://www.kata.co.id/Pengertian/Promosi/980, 03 April 2019 Jam 11:09
http://chillmusic.org, 05 Agustus 2019 Jam 10:40