Media Pengenalan Aksara Bali untuk Sekolah Dasar Kelas Rendah Berbasis Motion graphic

Penulis

  • I Kadek Rus Sukadana Mahasiswa
  • Sarjono Sarjono Universitas Negeri Malang
  • Saiful Yahya STIKI Malang

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v3i02.617

Kata Kunci:

Media Pengenalan, Aksara Bali, sekolah dasar, motion graphic

Abstrak

Aksara bali sudah menjadi mata pelajaran muatan lokal  mulai dari sekolah dasar hingga jenjang Pendidikan menengah, namun aksara bali yang masih menggunakan metode pembelajaran dari media buku merupakan salah satu faktor terhadap ketidaktertarikan akan belajar aksara bali sehingga mengakibatkan berkurangnya minat anak dalam belajar aksara bali, maka dibutuhkannya media baru guna meningkatkan minat anak dalam belajar aksara bali yakni media pengenalan aksara bali untuk sekolah dasar kelas rendah berbasis motion graphic. Perancangan media pengenalan aksara bali tersebut mengunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk metode perancangannya menggunakan tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Hasil akhir dari Media pengenalan aksara bali untuk sekolah dasar kelas rendah berbasis motion graphic menghasilkan media pengenalan aksara bali dalam bentuk motion graphic sebagai media utama serta media pendukung berupa poster, X-banner dan feet Instagram dan merchandise. Kesimpulan perancangan media pengenalan aksara bali untuk sekolah dasar kelas rendah berbasis motion graphic telah berhasil dirancang sebagai media pengenalan aksara bali dengan menggunakan motion graphic.

Referensi

Sanyoto, Sadjiman E. (2010) NIRMANA elemen-elemen seni dan desain.Yogyakarta; Penerbit Jalasutra.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-30