Analisis SWOT Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung untuk Merumuskan Grand Strategy dan Pertimbangan Penyusunan Kurikulum DKV
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v3i1.540Kata Kunci:
SWOT, Manajemen Strategi, Grand Strategy, Kurikulum, Program StudiAbstrak
Analisis SWOT menjadi langkah yang pertama bagi penyusunan kurikulum pendidikan tinggi, yakni mengkaji kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, dalam hal ini adalah Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung (PSDKVUMC). Tujuan dari analisis SWOT ini adalah menemukan rumusan strategi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung berupa : 1) Grand strategy; 2) Penentuan tujuan utama grand strategy, 3) Uraian faktor internal dan eksternal dan 4) Saran bagi pengembangan kurikulum dalam kaitannya dengan grand strategy organisasi. Dengan menggunakan baik metode kuantitatif maupun kualitatif (mix method) diperoleh hasil strategi : 1) Penggunaan dan penguatan pengembangan pembelajaran Blended Learning-OBE; 2) Penyempurnaan manajemen strategis program studi, 3) Mengatur kembali administrasi akademik pada tataran program studi dengan prosedur yang formal, jelas, dan pasti; 4) Memberi perhatian lebih kepada metode pembelajaran studi lapangan, 5) Menjalin kerjasama dengan berbagai mitra baik industri, dalam hal sharing infrastruktur dan fasilitas; 6) Penggunaan perangkat lunak open source; 7) Kuliah tamu yang memprioritaskan lulusan/alumni; 8) Menajamkan kembali, sekaligus mengevaluasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam moda freelancer; dan 9) Memperbarui/memutakhirkan konsentrasi studi; dan 10) Mengutamakan kegiatan berkelompok untuk meningkatkan teamwork.
Referensi
Alhamuddin. (2014), Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum), Nur El-Islam, (1) 2, pp 48-58
Rangkuti, F. (2014), Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Suharsaputra, U. (2015), Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi : Strategi Menghadapi Perubahan, Refika Aditama, Bandung.
Sutrisno dan Suyadi. (2016), Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, PT Remaja Rosdakarya, Bandung