Sebuah Perancangan Brand Identity Oina Craft sebagai Identitas Perusahaan Kriya di Kota Malang

Penulis

  • Retnoningtiyas Ningtiyas STIKI Malang
  • Pujiyanto Pujiyanto Universitas Negeri Malang
  • Mahendra Wibawa STIKI Malang

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v2i2.512

Kata Kunci:

Perancangan, Brand Identity, Usaha, Kriya, Malang

Abstrak

Usaha Oina Craft merupakan usaha kriya di kota Malang yang baru terbentuk dan belum memiliki identitas untuk dikenal masyarakat luas, maka dibutuhkan Perancangan Brand Identity Oina Craft sebagai Identitas Perusahaan Kriya di kota Malang. Perancangan brand identity tersebut dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi dan wawancara, kemudian metode perancangan yang digunakan melalui tahap brainstorming, thumbnail, rough sketch logo, dan comprehensive logo, setelah itu terbentuklah desain final yang kemudian diujicobakan kepada target audiens. Perancangan brand identity Oina Craft menghasilkan logo sebagai media utama dan media pendukung berupa logo, buku Graphic Standards Manual (GSM), kartu nama, kop surat, amplop, nota, brosur, xbanner, stiker, seragam promosi, suvenir, facebook, dan instagram. Kesimpulannya media-media yang dihasilkan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan dalam membantu memperkenalkan usaha Oina Craft.

Referensi

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. CV. Penerbit Qiara Media.

Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Peracangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: DIMENSI PRESS.

Wong, W. (2018). Beberapa Asas

Merancang Dwimatra. Bandung: ITB Press

Dokumen, P. (2019). 5W+1H_ Penjelasan, Unsur & Contohnya Di Segala Bidang - Pakar Dokumen. Retrieved July 21, 2020, from https://www.pakardokumen.com/2020/04/5w1h-penjelasan-contoh.html

Doni003. (2019). Industri Kerajinan Jadi Penyokong Perekonomian Indonesia. Retrieved November 25, 2019, from https://kominfo.go.id/index.php/content/ detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+ Orang/0/berita_satker

Ratri, N. (2019). Potensial, Kota Malang Punya 40 Ribu Lebih Pelaku Ekonomi Kreatif _ MalangTIMES. Retrieved November 25, 2019, from https://www.malangtimes.com/baca/39528/20190517/113100/potensial-kota-malang-punya-40-ribu-lebih-pelaku-ekonomi-kreatif

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-30