Kajian Visual Kemasan Sebagai Media Informasi

(Case Study of Flying Glider Toy Product Packaging)

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v1i02.415

Kata Kunci:

Visual, kemasan, flying glider, informasi

Abstrak

Kemasan merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi mengenai produk yang terdapat di dalamnya, sedangkan informasi diharapkan dapat memberikan keterangan dengan jelas. Dalam kemasan mainan, terkadang informasi yang diberikan didominasi oleh gambar produknya. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memberikan informasi berdasarkan kepada penggambaran yang terdapat di kemasan khususnya kemasan mainan flying glider. Dengan pendekatan berupa studi kasusu diharapkan akan memberikan jawaban yang dapat membantu dalam melihat visual kemasan mainan dalam memberikan informasi yang terkait dengan produk yang dikemasnya. Visual dari kemasan mainan flying glider lebih didominasi oleh penggunaan gambar sebagai informasi yang menjelaskan mengenai isi dari kemasan tersebut. Sedangkan teks sebagai salah satu cara menyampaikan informasi digunakan sebagai pelengkap penjelasan dari mainan.

Kata kunci: Visual, kemasan, flying glider, informasi.

Referensi

Pengantar Ilmu Kemasan. (2003). Dirjen Industri Dan Dagang Kecil Menengah, Departemen Perindustrian Dan Perdagangan: Jakarta.

Pelatihan Kemasan. (2007) Direktorat Jenderal Industri Kecil Dan Menengah Departemen Perindustrian : Jakarta

Package Design A Comprehensive Guide To Packing It. (2008). Rockport: Massachusetts.

Budiarti, N, L dan Agung, E, B, W,. (2011) Metode Penelitian DKV. Penerbit ITB, Bandung.

Calver, G,. (2007). What Is Packaging Design, Page One Publishing, Singapore.

Collins,M, J. (1989) The Gliding Flight, Ten Speed Press : California

Davis, H dan Paul, W. (2010) Bahasa, Citra, Media. Jalasutra, Yogyakarta.

Dervin, B and Nilan, M,. (1986). Information Needs and Uses. Annual Review of information Science and Technology, Vol 49,

Fisher, T & Shipton, J, (2010). Designing For Re-Use The Life Of Consumer Packaging, Earthsca: London.

Julianti, S. (2010). The Art Of Packaging: Mengenal Metode, Teknik Dan Strategi Pengemasan Produk Untuk Branding Dengan Hasil Maksimal, Kompas Gramedia: Jakarta.

Klimchuk, M, R and Krasovec, S, A,. (2006). Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk Yang Berhasil Mulai Dari Konsep Sampai Penjualan. Erlangga : Jakarta.

Krikelas,J. (1983). Information seeking behavior: Patterns and concepts. Drexel Library Quartely, vol 19.

Lakoro, R. (2006). Studi Komunikasi Visual Pada Kemasan Makanan Ringan. ITS : Surabaya,

Mudra, I, W. (2010). Desain Kemasan Produk, Puslit Seni Kreasi Baru LP2M ISI : Denpasar.

Natadjaja, L. (2007, Januari). Analisa Elemen Grafis Desain Kemasan Indomie Goreng Pasar Lokal Dan Ekspor, Jurnal Nirmana, Vol.9(1) : 20-30

Palgunadi, B, (2007), Desain Produk 1 Desain, Desainer Dan Proyek Desain, Penerbit ITB, Bandung,

Pannen, P. (1990). A Study in information seeking and use behaviors of resident students and non residents students in indonesian tertiary education. Syracuse University: Syracuse

Roth, L. (1990). Packaging Design: An Introduction, John Wiley & Sons: New York.

Spradley, J, P. (1979). The Ethnographic. Holt. Ricnehart and Winston: London

Suyanto,M. (2003). Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit ANDI : Yogyakarta.

Triyono, A. (2002). Modul Pengemasan Produk Makanan. UPT B2PTTG-LIPI: Subang.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999.

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-30