Perancangan Playbook Sebagai Pendukung Buku Tema 7 Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Pisangcandi 2 Malang
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v1i1.270Kata Kunci:
Playbook, Buku Interaktif, belajarAbstrak
Kegiatan belajar siswa semester 2 di SDN Pisangcandi 2 Malang menggunakan buku Tema 7 dengan konsep berisikan banyak tulisan, soal-soal berhitung, dan larangan tidak diperbolehkannya Buku Tema dijadikan sebagai lembar kerja. Hal tersebut berdampak pada kurangnya minat siswa untuk menggunakan buku tersebut di luar jam pelajaran. Maka dari itu, solusi dari permasalahan tersebut adalah dibuatnya buku interaktif dalam bentuk playbook sebagai pendukung dari Buku Tema 7. Selain itu perancangan playbook juga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada saat belajar serta bermain sesuai materi Buku Tema 7 di luar jam pelajaran. Metode yang digunakan dalam perancangan ini diawali dengan fase pembuatan konsep materi playbook, pemilihan jenis interaktif yang akan digunakan, pembuatan desain dari karakter hingga layout, dan tahap prototyping sebelum ke tahap hasil akhir. Perancangan ini menghasilkan sebuah playbook berupa buku dengan menggunakan 3 konsep interaktif yaitu peek a boo, games, dan participations dengan pembahasan materi yaitu benda hidup dan benda tak hidup, hewan, dan tanaman.
Referensi
Utami, Lina Oktariani, Indah Sari Utami dan Nora Sarumpaet. 2017. Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Bandung: PGPAUD IKIP Siliwangi.
Mustakim, Arief Insan. 2012. Implementasi Dongeng Melalui Media Boneka Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Wisma Pojok Dongeng Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.