Evolusi Logo Pertama dan logo terbaru Apple: Dari ilustrasi Tradisional ke Identitas Dinamis

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v7i02.2144

Kata Kunci:

Evolusi logo , identitas dinamis, ilustrasi

Abstrak

Logo merupakan elemen krusial dalam membangun identitas sebuah merek. Lebih dari sekadar simbol visual, logo berfungsi sebagai media komunikasi yang mencerminkan nilai, visi, dan kepribadian perusahaan kepada khalayak. Seiring dengan perubahan zaman, desain logo mengalami evolusi yang signifikan, dipengaruhi oleh tren desain grafis, perkembangan teknologi, serta perubahan ekspektasi konsumen. Penelitian ini mengeksplorasi dampak transformasi logo Apple terhadap citra merek, dengan fokus pada fenomena perubahan logo menjadi lebih sederhana dan dinamis. Metode yang digunakan meliputi observasi dan analisis terhadap logo Apple yang telah berevolusi mengikuti tren minimalis dalam desain. Hasil penelitian ini menunjukkan alasan-alasan strategis di balik evolusi logo, seperti kebutuhan untuk tetap relevan di era digital, memperkuat daya tarik visual, dan meningkatkan kemudahan pengenalan merek. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi desainer grafis dan pelaku bisnis dalam memahami pentingnya adaptasi desain logo untuk mempertahankan daya saing merek di pasar yang terus berkembang.

Referensi

[1] S. Rustan, Logo 2021. Nulisbku Jendela Dunia., 2021. Accessed: Nov. 03, 2025. [Online]. Available: https://www.suriantorustan.com/logo2021-buku-1-2/

[2] N. B. , & R. N. D. Rangkuti, “Peran Identitas Visual dalam Membangun Loyalitas Konsumen Era Digital,” Jurnal Manajemen Merek Kontemporer, , vol. 5, no. 2, 2023.

[3] W. A. , & K. N. Sudiana, “Analisis Perubahan Logo Perusahaan Terkemuka: Dampak Minimalisme Terhadap Persepsi Merek (Studi Kasus: Google dan Apple),” Jurnal Desain Visual Inovatif , vol. 4, no. 1, 2021.

[4] Merdeka.com, “Fakta Menarik Evolusi Logo Apple yang Mungkin Belum Banyak Orang Tahu,” Merdeka.com, Indonesia, Mar. 10, 2025. Accessed: Oct. 31, 2025. [Online]. Available: https://www.merdeka.com/teknologi/fakta-menarik-evolusi-logo-apple-yang-mungkin-belum-banyak-orang-tahu-338960-mvk.html?page=3

[5] A. Kuznetsova, “Bagaimana Cara Membuat Logo yang Sukses? Sejarah Kreasi Apple,” Sribu. Accessed: Oct. 31, 2025. [Online]. Available: https://www.sribu.com/id/blog/sejarah-penciptaan-logo-apple/

[6] IBGADGETSTORE, “Makna dan Sejarah Logo Apple yang Bikin Kamu Makin Jatuh Hati Sama iPhone,” IBGADGETSTORE. Accessed: Oct. 31, 2025. [Online]. Available: https://ibgadgetstore.id/makna-dan-sejarah-logo-apple/

[7] H. Pratiwi et al., “Indonesian Journal of Applied Statistics (IJAS) Editor in Chief Editorial Board Associate Editor IT Team.”

[8] SOLOGO, “Apple 2025 Interactive Logo Design: Heat-Reactive Branding Innovation,” SOLOGO. Accessed: Oct. 31, 2025. [Online]. Available: https://www.sologo.ai/blog/apple-2025-interactive-logo-design-heatreactive-branding-innovation/

[9] N. ; Naziah, R. ; Adhytia, and Suparti, “AESTHETICS OF JOURNALISTIC PHOTOGRAPHY BY WAHYU ADJI FEBRIANTO IN INSTAGRAM RADAR KEDIRI MAY-JUNE 2025 EDITION.” [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty

[10] A. Smith Sinaga and D. Khrisna Sawitri, “Meningkatkan Citra Merek Melalui Desain dan Identitas Visual,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 14, pp. 279–287, 2024, doi: 10.5281/zenodo.13377508.

[11] N. Nilda Syah and P. Studi Seni, “SAMPAH PLASTIK SEBAGAI IDE PENCIPTAAN DAN TINJAUAN KARYA FOTOGRAFI,” 2025. [Online]. Available: https://aceh.tribunnews.com/2019/04/27/

[12] R. F. Daud, P. Suryanti, H. Dewi, L. Ati3, and Z. Miranda4, “THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN PROMOTING GENDER EQUALITY ISSUES.”

[13] T. H. Reditya, “Sejarah Logo Apple, dari Apel Newton hingga Warna Pelangi Sumber: https://www.kompas.com/global/read/2021/11/14/212703970/sejarah-logo-apple-dari-apel-newton-hingga-warna-pelangi.,” Kompas.com, Indonesia, Nov. 14, 2021. Accessed: Oct. 31, 2025. [Online]. Available: https://www.kompas.com/global/read/2021/11/14/212703970/sejarah-logo-apple-dari-apel-newton-hingga-warna-pelangi

[14] Stuart L. Crawford, “Beyond the Bite: The Untold Story of the Apple Logo Design,” Inkbot Design.

[15] J.-N. Kapferer, “The New Strategic Brand Management Advanced insights and strategic thinking.”

[16] D. B. Holt, How Brands Become Icons: The Principles of Cultural Branding. . Harvard Business Press. United States Of America, 2024.

[17] L. and M. M. De Chernatony, “Creating Powerful Brands in Consumer, Service and Industrial Markets.”

[18] C. Llorente-Barroso, O. Kolotouchkina, and F. García-García, “The meaning of the logo from its semiotic construction and its reliance on new formats of digital communication: The case of Apple,” Revista Latina de Comunicacion Social, no. 79, pp. 333–256, Feb. 2021, doi: 10.4185/RLCS-2021-1529.

[19] E. Anggraini, “Riset: iPhone Jadi Simbol Kekayaan Baca artikel CNN Indonesia ‘Riset: iPhone Jadi Simbol Kekayaan’.,” CNN Indonesia, Indonesia, Jul. 09, 2018. Accessed: Oct. 31, 2025. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180709090628-185-312618/riset-iphone-jadi-simbol-kekayaan

[20] D. Priyono and I. Rifaah, “Konstruksi Makna Visual dalam Iklan Fashion: Perbandingan antara Fotografi AI Generatif dan Fotografi Konvensional,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 7, no. 02, pp. 129–136, Sep. 2025, doi: 10.32664/mavis.v7i02.2102.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30