Perancangan Media Informasi Tentang Gangguan â€Attention Deficit Hyperactivity Disorder†(ADHD) pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v7i02.2099Kata Kunci:
ADHD, Animasi Edukatif, Informasi Visual, kesadaran, remajaAbstrak
Perancangan media informasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman remaja usia 12–17 tahun mengenai Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan mengurangi stigma negatif yang menyertainya. Media disajikan dalam bentuk animasi edukatif yang menarik, komunikatif, dan sesuai dengan karakteristik remaja. Proses perancangan mengikuti metode 5W+1H dan melibatkan tiga tahap: briefing, desain, dan animasi. Karya akhir berupa tiga video berjudul “Apa itu ADHD?”, “ADHD & Teenagers”, dan “Solusi untuk Diagnosis yang Telat”. Media ini tidak hanya menyampaikan informasi dasar, tetapi juga membangun empati dan membantu remaja mengenali gejala ADHD sejak dini. Diharapkan hasil karya ini dapat meningkatkan kesadaran remaja, orang tua, dan lingkungan akan pentingnya diagnosis dan penanganan ADHD secara tepat.
Referensi
[1] K. Holland, “History of ADHD,” Apr. 2024, Healthline. [Online]. Available: https://www.healthline.com/health/adhd/history#1936
[2] Ciputra Medical Center, “Ciri-Ciri Anak ADHD,” Jun. 2025. [Online]. Available: https://www.ciputramedicalcenter.com/ciri-ciri-anak-adhd/
[3] H. Yulianasari and N. Susanti, “Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Dengan Metode Neuro Sensp Motor Reflex Development and Play Therapy Di YPAC Surakarta,” 2019.
[4] D. L. Hayati and N. C. Apsari, “Pelayanan Khusus Bagi Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Dalam Meningkatkan Kebutuhan Pengendalian Diri dan Belajar di Sekolah Inklusif,” Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 1, pp. 108–122, Apr. 2019.
[5] ADDitude Editors, “ADHD Symptoms in Teens,” Apr. 2024, ADDitude. [Online]. Available: https://www.additudemag.com/adhd-symptoms-in-teens/
[6] gloriabarus, “Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental,” Jun. 2025, Universitas Gadjah Mada. [Online]. Available: https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/
[7] F. J. Purba and C. A. Haryani, “Design Storyboard dalam Mengembangkan Virtual Laboratorium,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 8, no. 2, pp. 323–329, Jun. 2024.
[8] A. Y. Kahfi, Teori Warna: Pengenalan dan Penerapan Warna dalam Dunia Fashion. 2021.
[9] S. Dayana and D. W. Setyanto, “Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok bagi Anak Usia 10-14 Tahun di Indonesia,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 6, no. 02, pp. 100–111, Sep. 2024, doi: 10.32664/mavis.v6i02.1250.
[10] R. Iswanto, Perancangan Buku Ajar Tipografi. 2023.
[11] R. W. Putra and A. Thabathaba’is, Pengantar Dasar Perencanaan dan Pembuatan Film Animasi. 2022.
[12] N. K. Sari, A. Gutama, and C. I. R. Nita, “Pengembangan Video Gerak dan Lagu Anti Bullying Untuk Siswa Sekolah Dasar,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 7, no. 01, pp. 1–11, Mar. 2025, doi: 10.32664/mavis.v7i01.1479.
[13] R. Zhou, S. Khemmarat, L. Gao, J. Wan, and J. Zhang, “How Youtube Videos are Discovered and Its Impact on Video Views,” Multimed Tools Appl, vol. 75, pp. 6035–6058, Jan. 2016.
[14] S. Yang, D. Brossard, D. A. Scheufele, and M. A. Xenos, “The Science of Youtube: What Factors Influence User Engagement With Online Science Videos?,” PLoS One, May 2022.
[15] Y. Damayanti, T. Rostikawati, and Y. Mulyawanti, “Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flipbook pada Subtema 2 Perubahan Lingkungan,” Jurnal Sain dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 626–634, Dec. 2023.
[16] Z. F. Nurhadi, H. Parentza, A. Munandar, D. Rachman, and Y. D. Muldan, “Strategi Komunikasi dan Edukasi Pencegahan COVID-19 Melalui Media Poster,” Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 537–543, 2024.
[17] I. Ramawisari, N. F. Bahri, and T. Z. Muttaqien, “Perancangan Poster Ergonomis untuk Anak Usia Dini di POS PAUD Melati Putih, Kota Bandung,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 6, no. 02, pp. 140–148, Sep. 2024, doi: 10.32664/mavis.v6i02.1335.
[18] Y. Fitriani, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital,” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 5, no. 4, pp. 1006–1013, Nov. 2021.
[19] R. Rogers, “Visual Media Analysis For Instagram And Other Online Platforms,” Big Data Soc, vol. 8, no. 1, Jan. 2021.
[20] K. E. Anderson, “Getting Acquainted With Social Networks And Apps: It Is Time To Talk About Tiktok,” Library Hi Tech News, vol. 37, no. 4, pp. 7–12, May 2020.
[21] J. Clement, “U.S. TikTok users by age 2020,” Nov. 2020, Statista. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/1095186/tiktok-us-users-age
[22] D. N. Umairoh, S. Subari, and R. Kurniawan, “Perancangan Motion Graphic Pentingnya Sterilisasi Kucing Untuk Menstabilkan Populasi Kucing,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 5, no. 02, pp. 64–77, Sep. 2023, doi: 10.32664/mavis.v5i02.988.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.