Desain Tempat Tidur Anak dengan Kombinasi Hiburan dan Keamanan

Penulis

  • Ali Muharom Universitas Pembangunan Jaya
  • Teddy Mohamad Darajat Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v70i2.2014

Kata Kunci:

Desain Interior Anak, Ergonomis, furnitur multifungsi, tempat tidur anak

Abstrak

Penelitian ini merancang furnitur multifungsi berupa tempat tidur anak dengan perosotan terintegrasi yang menggabungkan fungsi beristirahat dan bermain secara aman serta menyenangkan. Tahap eksplorasi bentuk diawali dengan desk study tren furnitur anak lima tahun terakhir, penyusunan mood board, dan pengembangan 30 sketsa alternatif. Tiga konsep terbaik dipilih melalui metode penilaian pakar Delphi dan kemudian dimodelkan secara digital (CAD) untuk memastikan proporsi dan kestabilan struktur. Seleksi material ramah lingkungan dilakukan menggunakan matriks material–proses yang menilai kepadatan, emisi formaldehida, keberlanjutan rantai pasok, dan potensi daur ulang. Bambu laminasi bersertifikat FSC dan MDF berbahan perekat nol formaldehida (E0) terpilih karena memenuhi kriteria kekuatan, keamanan toksikologi, serta reduksi jejak karbon. Uji ergonomis mencakup penerapan data antropometri anak Indonesia usia 4–10 tahun, simulasi postur menggunakan perangkat lunak HumanCAD, dan pengujian prototipe skala 1:1 untuk menilai kestabilan, kenyamanan genggaman handrail, dan koefisien gesek permukaan perosotan. Hasil akhir menunjukkan desain mampu meningkatkan kualitas visual ruang tidur sekaligus memfasilitasi stimulasi motorik kasar, imajinasi, dan kreativitas anak. Selain itu, penggunaan material rendah emisi memperkecil risiko VOC di ruang dalam dan mendukung prinsip keberlanjutan. Rancangan ini diharapkan menjadi acuan forwardlooking bagi pengembangan furnitur anak yang memadukan keselamatan, keberlanjutan, dan nilai edukatif.

Referensi

Referensi

[1] R. Hidayat, R. Rohayati, and S. Salamah, “Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Bermain Perosotan di Kober Al Mujahid 2 Desa Bangunsari,” JOECE: Journal of Early Childhood Education, vol. 1, no. 1, pp. 44–52, 2024.

[2] C. Aulia Lazuardy, “Perancangan Interior Captains Club College Yogyakarta,” Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2025.

[3] R. Aminy, “Evaluasi dan Pengembangan Desain Tempat Tidur Bayi berbahan Rotan untuk Keamanan Lingkungan Tidur Bayi,” Universitas Sebelas Maret (UNS), 2022.

[4] H. Hadinata and D. Sulistyawati, “Tinjauan Ergonomi Kamar Tidur Anak Berjenis Mezzanine,” in Prosiding, 2021, pp. 144–153.

[5] B. Satriyatama and F. T. Nugrahaini, “Identifikasi Ergonomi terhadap Antropometri Pekerja pada Kamar Tidur Tower Eboni HPK IKN,” in Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur, Jun. 2024, pp. 842–852.

[6] H. Ririen and K. E. Saharullah, Keajaiban Perkembangan Bayi dan Anak. 2022.

[7] R. S. Bunawardi, A. O. Wikramiwardana, S. Q. Ramadhani, and A. Said, “Penerapan Konsep Arsitektur Ramah Anak pada Desain Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif,” Jurnal LINEARS, vol. 6, no. 2, pp. 126–134, 2023.

[8] E. P. Nugroho, Metodologi penelitian kuantitatif. Pustaka Pelajar, 2020.

[9] S. Fatimah, N. Zen, and A. Fitrisia, “Literatur riview dan metodologi ilmu pengetahuan khusus,” Journal Of Social Science Research, vol. 5, no. 1, pp. 41–48, 2025, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative

[10] A. Munib and F. Wulandari, “Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar,” JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, vol. 7, no. 1, pp. 160–172, Jul. 2021, doi: 10.29407/jpdn.v7i1.16154.

[11] N. Trianasari, K. Sari, and A. Prasetio, “Peningkatan kualitas penelitian di bidang kesehatan melalui pelatihan penentuan teknik sampling dan besar sampel di STFI Bandung,” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, vol. 5, no. 1, 2025, [Online]. Available: https://jurnal.penerbitwidina.com/.

[12] P. Rutledge and C. Hogg, “In‐depth interviews,” in International Encyclopedia of Media Psychology, 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/.

[13] R. A. Ananti and A. Wardhana, “Analisis Naratif Komunikasi Interpersonal Ayah dan Anak Dalam Film,” JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, vol. 5, no. 1, pp. 115–120, Mar. 2025, doi: 10.47233/jkomdis.v5i1.2511.

[14] A. Mekarisce, “Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, vol. 12, no. 3, 2020, [Online]. Available: https://jikm.upnvj.ac.id/.

[15] H. Muttaqin and S. H. Yudhanto, “Analisis Semiotika Teks pada Arca Loga Lembah Bada,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 7, no. 01, pp. 22–32, Mar. 2025, doi: 10.32664/mavis.v7i01.1776.

[16] I. Ramawisari, N. F. Bahri, and T. Z. Muttaqien, “Perancangan Poster Ergonomis untuk Anak Usia Dini di POS PAUD Melati Putih, Kota Bandung,” MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 6, no. 02, pp. 140–148, Sep. 2024, doi: 10.32664/mavis.v6i02.1335.

[17] E. S. Marizar, Teknik Merancang Mebel Kreatif. Yogyakarta: Media Pressindo, 2005.

[18] M. Fitriana and Y. W. S. Putra, “Pemilihan Material Furnitur Ramah Anak Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan: Studi Kasus: Lab. Daycare Ar-Rayyan UNIMMA,” Agora: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti, vol. 22, no. 2, pp. 193–204, 2024.

[19] J. Widagdo, Teknik Upholstery. Mitra Cendekia Media, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-15