Keindahan dalam Kesederhanaan Wayang Krucil Wiloso : Sebuah Kajian Estetika Wabi Sabi
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v7i01.1792Kata Kunci:
Estetika, Wabi Sabi, Wayang Krucil WilosoAbstrak
Wayang Krucil Wiloso Wiloso merupakan salah satu bentuk seni tradisional Jawa yang berkembang di Wagir, Malang. Wayang ini, yang berasal dari kisah penyebaran agama Islam dan juga mengisahkan tentang Panji Asmorobangun dan juga cerita menak dalam penyebaran agama Islam. Wayang ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tetapi juga sebagai sarana edukasi dan penyebaran nilai moral dan budaya lokal. Penelitian ini mengkaji estetika Wabi Sabi dalam desain Wayang. Wayang Krucil Wiloso ini berbeda dengan wayang-wayang lainnya, seperti penggunaan warna kontras, proporsi tubuh yang ekspresif, dan ornamen sederhana, Wayang Krucil Wiloso tetap mempertahankan nilai dan simbolisme tradisional Jawa. Jika dikaji dari sudut pandang estetika timur Wabi Sabi, unsur tradisional dalam Wayang Krucil Wiloso menjadi kajian estetika keindahan dalam kesederhanaan untuk menganalisis tampilan visual yang sederhana namun menarik tanpa menghilangkan identitas dan ciri khasnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk memahami estetika Wabi Sabi pada Wayang Krucil Wiloso. Hasilnya Wayang Krucil Wiloso Wiloso tersebut walaupun tampil dalam kesederhanaan dan jauh dari kemegahan seperti wayang pada umumnya, namun tetap dapat menampilkan fungsi utama yaitu sebagai hiburan, sebagai media edukasi, pembawa pesan moral dan juga sebagai sarana dakwah dan penyebaran agama Islam di Jawa Timur.
Referensi
[2] F. A. Mulya and I. Fauziah, “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pagelaran Wayang Kulit,†Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, vol. 8, no. 1, p. 56, Mar. 2024, doi: 10.55115/widyacarya.v8i1.2522.
[3] S. Purwanto, “Pendidikan Nilai dalam Pagelaran Wayang Kulit,†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, Mar. 2018, doi: 10.21274/taalum.2018.6.1.1-30.
[4] J. J. Ras, “The social function and cultural significance of the Javanese Wayang Purwa theatre,†Indonesia Circle. School of Oriental & African Studies. Newsletter, vol. 10, no. 29, pp. 19–32, Nov. 1982, doi: 10.1080/03062848208729530.
[5] B. Anggoro, “‘Wayang dan Seni Pertunjukan’ Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang di Tanah Jawa sebagai Seni Pertunjukan dan Dakwah,†JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), vol. 2, no. 2, p. 122, Dec. 2018, doi: 10.30829/j.v2i2.1679.
[6] M. I. Cohen, “Contemporary Wayang in Global Contexts,†Asian Theatre Journal, vol. 24, no. 2, pp. 338–369, Sep. 2007, doi: 10.1353/atj.2007.0032.
[7] R. Fatkhurrohman and K. Khotimah, “PERSEPSI MASYARAKAT JAWA TENTANG PEMENTASAN WAYANG SEBAGAI MEDIA DAKWAH ISLAM,†AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam dan Budaya, vol. 3, no. 01, Feb. 2023, doi: 10.57210/trq.v3i01.206.
[8] S. -, “MAKNA PERTUNJUKAN WAYANG DAN FUNGSINYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT PENDUKUNG WAYANG,†Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, vol. 7, no. 2, Jan. 2016, doi: 10.33153/dewaruci.v7i2.1019.
[9] A. R. P. Salsabilla, “Wayang Mbah Gandrung: Studi Ritual dan Eksistensi Seni Budaya Khas Lereng Gunung Wilis,†in Digitalisasi dan Modernisasi dalam Studi Sejarah dan Peradaban Islam: Perspektif dan Implementasi, 2024.
[10] Anisa Ussolihah and Yusuf Falaq, “The Aesthetics of Wayang Klithik as A Study Of Local Cultural Wisdom in Wonosoco Village, Kudus Regency,†JURNAL PENDIDIKAN IPS, vol. 13, no. 2, pp. 328–333, Dec. 2023, doi: 10.37630/jpi.v13i2.1346.
[11] N. E. Wardani and E. Widiyastuti, “MAPPING WAYANG TRADITIONAL THEATRE AS A FORM OF LOCAL WISDOM OF SURAKARTA INDONESIA,†Asian journal of social sciences and humanities, vol. 2, pp. 314–321, 2013, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:207821783
[12] K. H. Prayitno, “Preservation, Development, and Utilization of Wayang Era Millenium,†in Proceedings of the 1st International Conference on Interdisciplinary Arts and Humanities, SCITEPRESS - Science and Technology Publications, 2019, pp. 314–321. doi: 10.5220/0008764103140321.
[13] R. G. Lawrence, The Wabi-Sabi House: The Japanese Art of Imperfect Beauty. Clarkson Potter, 2004.
[14] W. Lidwell, K. Holden, and J. Butler, Universal Principles of Design, Revised and Updated: 125 Ways to Enhance Usability, Influence Perception, Increase Appeal, Make Better Design Decisions, and Teach Through Design. Rockport Publishers, 2010. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zXAx9_Y8GiEC
[15] Sugiaryo and A. Trisiana, “WAYANG PANCASILA AS A POLITICAL EDUCATION EFFORTS IN THE GLOBAL ERA,†International Journal of Psychosocial Rehabilitation, vol. 24, no. 8, 2020.
[16] A. E. Kadarisman, “Wedding narratives as verbal art performance: Explorations in Javanese poetics,†University of Hawai’i, 1999.
[17] R. Irawanto, “Wayang krucil as identity of kejawen community,†Scientific and Literature Open Access Publishing (SLOAP), vol. 4, no. 1, 2021.
[18] S. Yanuartuti, A. Juwariyah, P. Puspito, and J. Winarko, “Adaptation of The Wiruncana Murca Play in The Wayang Topeng Jatiduwur (Jatiduwur Mask Puppet) Jombang Performance,†Harmonia: Journal of Arts Research and Education, vol. 20, no. 1, pp. 58–72, Jun. 2020, doi: 10.15294/harmonia.v20i1.24807.
[19] E. Ardianto, Komunikasi massa suatu pengantar . Simbiosa Rekatama Media, 2007.
[20] T. K. S. Dewi, “PANJI TRADITION IN THE JARANAN JOR AND WAYANG TIMPLONG PERFORMANCE ARTS IN EAST JAVA,†ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, vol. 2, no. 2, pp. 13–20, Dec. 2018, doi: 10.17977/um006v2i22018p013.
[21] F. Kurniawan and I. Fitriani, “Wayang-based digital storytelling: a project to promote students" collaborative and digital literacy skills,†Enrichment: Journal of Multidisciplinary Research and Development, vol. 2, no. 6, Sep. 2024, doi: 10.55324/enrichment.v2i6.154.
[22] Yunita Yuyun, “WAYANG IN ISLAMIC PHILOSOPHY,†Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, vol. 5, no. 1, 2020.
[23] S. Trihantoro and D. Supriadi, “CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS OF PANJI STORY IN SERAT BABAD KADHIRI: HEROIC LEADERSHIP, PROPAGANDA, CHARACTER EDUCATION,†in Proceedings of Fine Arts, Literature, Language, and Education, 2024.
[24] B. Akhbar, Warto, and Susanto, “Social Critical Discourse Forms in the Wayang Beber Kota Suluk Banyu Story,†International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, 2024.
[25] S. Weiss, Listening to an Earlier Java. BRILL, 2010. doi: 10.1163/9789004253698.
[26] R. Irawanto, “Wayang Krucil Panji Identitas Ideologi kultural Masyarakat Jawa Timur,†Nuansa Journal of Arts and Design, vol. 2, no. 1, 2018.