Analisis Semiotika Teks pada Arca Loga Lembah Bada

Penulis

  • Hermansyah Muttaqin Desain Komunikasi Visual, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Sigied Himawan Yudhanto Desain Komunikasi Visual, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v7i01.1776

Kata Kunci:

semiotika, Arca Loga, Lembah Bada, Peirce, Barthes, Budaya Megalitik

Abstrak

Lembah Bada di Sulawesi Tengah merupakan situs megalitik yang kaya akan peninggalan budaya, salah satunya adalah Arca Loga. Arca ini memiliki nilai historis dan simbolik yang menarik untuk dikaji melalui pendekatan semiotika teks guna memahami makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanda-tanda visual dan simbolik pada Arca Loga dengan menggunakan pendekatan semiotika Peirce dan Barthes. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana ikon, indeks, dan simbol pada arca tersebut merepresentasikan aspek budaya dan spiritual masyarakat yang menciptakannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, dokumentasi, serta studi literatur yang relevan. Data kemudian dianalisis dengan metode semiotika guna mengungkap makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terkandung dalam arca tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Arca Loga memiliki representasi simbolik yang berkaitan dengan kepercayaan animisme-dinamisme masyarakat prasejarah. Bentuk dan ukiran pada arca mengandung makna spiritual yang menunjukkan hubungan erat antara manusia dan dunia gaib. Selain itu, pola visual pada arca ini juga mengindikasikan adanya sistem komunikasi visual yang digunakan oleh masyarakat masa lalu untuk mengekspresikan nilai-nilai budaya mereka.

Referensi

B. Prasetyo, Megalitik; fenomena yang berkembang di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, 2015.

T. Steimer-Herbet, Indonesian Megaliths: A Forgotten Cultural Heritage. Archaeopress Publishing Ltd, 2018. doi: 10.2307/jj.15136043.

R. Chahyadi, “Menjejakkan Kaki di Lore Lindu, Situs Megalitikum Tertua,†detiktravel. Accessed: May 19, 2023. [Online]. Available: https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5389870/menjejakkan-kaki-di-lore-lindu-situs-megalitikum-tertua

Nidyah Widyamurti, J. Jauhari, and S. H. Yudhanto, “Kajian Sosio Semiotika Megalitikum Pada Sistus Tantaduo Taman Nasional Lore Lindu,†Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, vol. 16, no. 2, pp. 126–142, Jan. 2025, doi: 10.33153/brikolase.v16i2.6242.

BPCB Gorontalo, “ARCA MEGALITIK LOGA, SULAWESI TENGAH,†Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia. Accessed: Mar. 03, 2025. [Online]. Available: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/arca-megalitik-loga-sulawesi-tengah/

R. Kusumo, “Patung Megalitikum Lore Lindu Bukti Peradaban Besar di Sulteng,†GoodNews From Indonesia. Accessed: Mar. 03, 2025. [Online]. Available: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/05/patung-megalitikum-lore-lindu-bukti-peradaban-besar-di-sulteng

A. Setyawan and S. H. Yudhanto, “Langke Bulawa Statue in the perspective of review Bada valley site culture,†Gelar : Jurnal Seni Budaya, vol. 22, no. 1, pp. 25–36, May 2024, doi: 10.33153/glr.v22i1.5923.

A. L. Nesterkina, A. A. Portnova, A. A. Fedorova, and L. Yondri, “The Megalithic Tradition of East and Southeast Asia,†Archaeology, Ethnology & Anthropology of Eurasia, vol. 50, no. 3, pp. 39–48, Oct. 2022, doi: 10.17746/1563-0110.2022.50.3.039-048.

R. BAZANCİR, “Clifford Geertz’s Approach to Interpretational Anthropology and Cultural Relativity and Critics,†YAZIT Kültür Bilimleri Dergisi, vol. 3, no. 2, pp. 225–241, Dec. 2023, doi: 10.59902/yazit.1321431.

“Victor Turner’s Theory of Symbols: The Symbolism of a Religious Site and Object in a Rural Environment in Eastern Slovakia,†Religion and Society in Central and Eastern Europe, vol. 13, no. 1, Dec. 2021, doi: 10.20413/rascee.2020.13.1.21-41.

A. Asa Berger and A. A. Berger, What Objects Mean. Routledge, 2016. doi: 10.4324/9781315415857.

F. M. A. Kaba, “Tapak Waktu Megasitus Lore.†Accessed: Dec. 25, 2024. [Online]. Available: https://repositori.kemdikbud.go.id/25754/1/BPCB_LORELINDU_JUNI2021_HAQ07.mp4

Moh Arsyal, Shity Rahma Watie, Mochtar Zein, Nabila N, and Abd. Gafur, “ETHONOSPHER MEGALIT: KEHIDUPAN MASYARAKAT DAN MEGALITIK DI LEMBAH BEHOA,†Cultural Diversity: Jurnal Sosial dan Budaya, vol. 1, no. 1, 2024.

A. Iliopoulos, “The Evolution of Material Signification: Tracing the Origins of Symbolic Body Ornamentation through a Pragmatic and Enactive Theory of Cognitive Semiotics,†Signs and Society, vol. 4, no. 2, pp. 244–277, Jan. 2016, doi: 10.1086/688619.

J. Anderson and M.-K. Lotman, “Intrasemiotic translation in the emulations of ancient art: On the example of the collections of the University of Tartu Art Museum,†Semiotica, vol. 2018, no. 222, pp. 1–24, Apr. 2018, doi: 10.1515/sem-2016-0118.

S. H. Yudhanto, F. Risdianto, and A. T. Artanto, “Cultural and Communication Approaches in the Design of Visual Communication Design Works,†Journal of Linguistics, Culture and Communication, vol. 1, no. 1, pp. 79–90, Jun. 2023, doi: 10.61320/jolcc.v1i1.79-90.

E. V. Américo, “O conceito de fronteira na semiótica de Iúri Lotman,†Bakhtiniana: Revista de Estudos do Discurso, vol. 12, no. 1, pp. 5–20, Apr. 2017, doi: 10.1590/2176-457326361.

S. Caillaud, M. Doumergue, M. Préau, V. Haas, and N. Kalampalikis, “The past and present of triangulation and social representations theory: A crossed history,†Qual Res Psychol, vol. 16, no. 3, pp. 375–391, Jul. 2019, doi: 10.1080/14780887.2019.1605272.

A. Syukur, A. Ardiansyah, and Kurniawati, “The Use of Historical Sources in History Learning,†in ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences , Universitas Negeri Jakarta, 2021.

G. Aiello, “Visual Semiotics: Key Concepts and New Directions,†in The SAGE Handbook of Visual Research Methods. London: SAGE Publications, 2019.

C. Bianchi, “Thresholds, boundaries, limits: Ideological analysis in the semiotics of Umberto Eco,†Semiotica, vol. 2015, no. 206, pp. 109–127, Aug. 2015, doi: 10.1515/sem-2015-0015.

A. Winter, “Race, Multiculturalism and the ‘Progressive’ Politics of London 2012: Passing the ‘Boyle Test,’†Sociol Res Online, vol. 18, no. 2, pp. 137–143, May 2013, doi: 10.5153/sro.3069.

A. Risi and Z. Zulkifli, “Kajian Semiotika Ilustrasi Digital Karya Agung Budi Santoso (Pendekatan Semiotika Roland Barthes),†MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 4, no. 02, pp. 47–55, Sep. 2022, doi: 10.32664/mavis.v4i02.739.

W. Kaudern, “Temuan Megalitik di Sulawesi Tengah,†LOBO Annals of Sulawesi Research, vol. 6, no. 1, 2022.

M. Rahmat, Siti Hajar N. Aepu, I. Hatta, and Hapsa, “MO LALUTA: STUDI ETNOGRAFI SEMIOTIK PADA SITUS MEGALIT DI LEMBAH BADA,†Cultural Diversity: Jurnal Sosial dan Budaya, vol. 1, no. 1, 2024.

T. Steimer and M. Besse, “Indonesian Megaliths as the Result of the Interaction between Indigenous Peoples and Hindu-Buddhist Kingdoms,†in Proceedings the International Symposium on Austronesian Diaspora, Mar. 2016.

G. Onosu, “The Impact of Cultural Immersion Experience on Identity Transformation Process,†Int J Environ Res Public Health, vol. 18, no. 5, p. 2680, Mar. 2021, doi: 10.3390/ijerph18052680.

I. G. N. T. Marutama, A. Setyawan, and S. H. Yudhanto, “Perspektif Visual dan Interaksi nilai Budaya di Situs Pokekea,†Narada : Jurnal Desain dan Seni, vol. 11, no. 3, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-26