Pengembangan Desain Tote Bag melalui Pendekatan Design Thinking sebagai Upaya Pelestarian Tenun Buton
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v7i01.1773Kata Kunci:
Design Thinking, Inovasi Tenun, Pelestarian Budaya, Tenun Buton, Tote BagAbstrak
Kain tenun Buton adalah satu dari sekian banyak kebudayaan Buton yang mengandung aneka makna simbolis. Kain tenun Buton adalah cerminan jati diri masyarakat Buton yang berproses dari masa ke masa. Kondisi terkini pengembangan kain tenun Buton sudah dibuat dalam bentuk produk baik fashion maupun fungsional. namun belum ada produk yang menjelaskan detail terkait makna yang ada pada kain tenun Buton yang digunakan pada produk. Tujuan penelitian ini berupa pembuatan produk olahan dari tenun Buton yang tidak hanya sebagai unsur estetis saja namun dapat digunakan sebagai suvenir sebagai upaya pelestarian Tenun Buton. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu analisis deskriptif untuk mengevaluasi potensi yang terdapat pada kain tenun Buton. Menggunakan metode perancangan Design Thinking untuk mendapatkan inovasi produk tenun Buton yang sesuai untuk produk suvenir. Dalam pengumpulan data menggunakan literatur studi, observasi lapangan, pembuatan produk, dokumentasi serta wawancara mendalam kepada Budayawan dan pelaku usaha. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah yaitu terkait tenun Buton, suvenir dan kondisi terkini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diidentifikasi bahwa kain tenun Buton dapat dikembangkan melalui produk suvenir berupa Tote Bag tanpa merusak aturan dan nilai yang terkandung di dalamnya dengan mencantumkan makna yang terkandung pada motif tenun Buton yang dicantumkan pada produk
Referensi
T. Tahara, “Rencana Induk Pembangunan Kebudayaan Kota Baubau The Baubau City Cultural Development Master Plan,†2019. [Online]. Available: http://jurnalkainawa.baubaukota.go.id/index.php/knw
N. Sabariah, R. R. Wulan, and M. I. P. Koesoemadinata, “Pengembangan Ragam Produk Kain Tenun Buton sebagai Upaya Revitalisasi Kebudayaan Buton (Variety Development of Buton Woven Fabric Products as Revitalization Efforts of Buton Culture),†2021.
R. Salam, J. Ch. Tambahani, and A. Sangian, “MODIFIKASI TENUNAN BUTON MENJADI FASHIONABLE UNTUK BUSANA PESTA MUSLIMAH,†2022. [Online]. Available: https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/gearbox
Widagdo, Desain dan Kebudayaan. Bandung: Penerbit Institut Teknologi Bandung (ITB), 2005.
A. Sachari, Estetika : Makna, Simbol dan Daya. Bandung: Penerbit ITB, 2006.
W. O. D. P. Hani, L. O. Amaluddin, Surdin, and Andrias, “Eksistensi Tradisi Bertenun dan Implikasinya Terhadap Masyarakat,†Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, vol. 9, pp. 80–82, Apr. 2024, Accessed: Mar. 11, 2025. [Online]. Available: https://jppg.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/154
R. Untari and R. Sanjaya, “Penggunaan e-Marketplace untuk Pengrajin Tenun Sumba,†Jurnal Ecodemica, vol. 4, no. 1, pp. 13–22, Apr. 2020, Accessed: Mar. 11, 2025. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
T. Sharma, “Innovation in Design & Technology in Traditional Textile,†Jan. 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/377355897
N. T. M. Luu, P. T. Phung, S. M. Hua, A. T. Van Nguyen, A. Siriwardana, and A.-P. Hoang, “Role of Digital Technologies and Digital Marketing in the Fashion and Textile Supply Chain,†Singapore: Springer, 2025, pp. 305–329. doi: 10.1007/978-981-97-7528-6_12.
N. Cross, Design Thinking: Understanding How Designers Think and Work. Oxford: Berg Publishers, 2011.
C. M. Chandra, C. M. Putri, D. R. Theja, R. Umami, S. N. Hakim, and M. R. Pribadi, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Femine Menggunakan Metode Design Thinking,†pp. 406–412, 2021.
K. M. Syahid, “Penerapan Proses ‘Design Thinking’ ke dalam Bisnis Anda.â€
W. Vera Nurfajriani, M. Wahyu Ilhami, A. Mahendra, R. A. Sirodj, and M. W. Afgani, “Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif,†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, pp. 826–833, Sep. 2024, doi: 10.5281/zenodo.13929272.
I. Kudus and A. Slamet, Kerajinan Tradisional Buton: Warisan Negeri yang Menakjubkan. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT Kanisius, 2019.
A. Souvia, “11 Kelebihan Tote Bag, Praktis dan Cocok Dijadikan Souvenir,†https://www.souvia.co.id/blog/kelebihan-tote-bag/.
N. Samparadja, K. Jayadi, and Satriadi, “STUDI TERHADAP KAIN TENUN BUTON (PROSES, MAKNA MOTIF DAN PENGGUNAANNYA),†vol. 2, no. 2, 2023, Accessed: Mar. 11, 2025. [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/paratiwi/article/view/50388
Baharudin, I. A, and H. E, “Pengembangan Kerajinan Kain Tenun Khas Buton Sebagai Pewarisan Budaya dan Pendorong Ekonomi Kreatif Masyarakat di Desa Gumanano Kabupaten Buton Tengah,†Pangea: Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi, vol. 6, pp. 1–11, 2024.
R. Lin, M.-X. Sun, Y.-P. Chang, Y.-C. Chan, Y.-C. Hsieh, and Y.-C. Huang, “Designing ‘Culture’ into Modern Product: A Case Study of Cultural Product Design,†in LNCS, Springer, 2007, pp. 146–153. doi: https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-540-73287-7_19.
F. J. Tsang and V. D. Adindarena, “EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PROMOSI PRODUK(STUDI PADA USAHA TENUN IKAT KAMBERA DI KELURAHAN LAMBANAPU,†Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, vol. 2, pp. 193–210, Sep. 2022, Accessed: Mar. 11, 2025. [Online]. Available: https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:vZgNRiRJiEoJ:scholar.google.com/+Eksplorasi+penggunaan+media+sosial+sebagai+promosi+produk:+Studi+pada+usaha+tenun+ikat+Kambera+di+Kelurahan+Lambanapu&hl=en&as_sdt=0,5
A. Abdurrohman, A. Aditya, and R. Nurfitri, “Perancangan Desain Maskot Kabupaten Situbondo Dengan Pendekatan Design Thinking,†MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 5, pp. 38–46, Mar. 2023, doi: 10.32664/mavis.v5i01.757.
K. W. Rato, R. Sairo, A. V. Bulu, S. Malo, and O. Dappa, “Analisis Pemasaran Kain Tenun di Desa Radamata, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya,†TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, no. 1, pp. 25–34, 2025, doi: 10.47861/tuturan.v3i1.1398.
A. Goyal and J. Choudhury, “Exploring the revival of traditional Handloom techniques in contemporary fashion trends in emerging technologies and sustainable finance,†Atlantis Press, Oct. 2024, pp. 472–485. doi: 10.2991/978-94-6463-544-7_31.