Pengembangan Video Gerak dan Lagu Anti Bullying Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v7i01.1479Kata Kunci:
Anti Bullying, Siswa Sekolah Dasar, Video Gerak dan LaguAbstrak
Bullying di sekolah pada saat ini menjadi perhatian serius dari dinas pendidikan maupun dinas kesehatan karena kasus bullying yang semakin marak terutama dilingkungan sekolah. Tanpa adanya kejadian bullying kegiatan pembelajaran di sekolah menjadi menyenangkan sehingga diperlukan alternatife solusi dalam meminalisir kasus bullying yang terjadi di SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat video berisikan gerak dan lagu yang seru untuk mengajarkan anak agar tidak melakukan bullying, serta memastikan bahwa video yang telah dibuat bisa digunakan dengan baik dan bermanfaat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, Dessiminate. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data , yaitu data berupa angka dan data berupa angka. Melalui uji kepantasan Video Gerak dan Lagu Anti Bullying ini memenuhi kriteria “Sangat Layak†dengan hasil presentase 93% ahli materi, 96% ahli bahasa, dan 97,5% ahli media. Uji kepraktisan memperoleh kategori “Sangat Praktis†dengan hasil presentase 96% oleh guru, dan 93% uji kepraktisan siswa. Dengan demikian produk video gerak dan lagu anti bullying layak digunakan di sekolah dasar dan praktis dauntuk digunakan dalam mengurangi kejadian bullying di sekolah dasar. Pada tahap uji keefektifan video gerak dan lagu anti bullying dinyatakan sangat efektif.
Referensi
Tingkat Sekolah Menengah Pertama,†Journal of Education Research, vol. 4, no. 1, pp. 297–301, 2023, doi: 10.37985/jer.v4i1.117.
I. Indramaya, “Sosialisasi Bullying Dan Cara Mengatasi Bullying Di Sekolah,†Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 115–118, 2023, doi: 10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.115-118.
A. I. H. Cholilalah, Rois Arifin, “済無No Title No Title No Title,†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., vol. 2, no. 2, pp. 82–95, 1967.
S. R. A. Putri, E. Aditia Ismaya, and M. Arsyad Fardani, “Fenomena Verbal Bullying di Masyarakat Pedawang,†Journal.Umtas.Ac.Id, vol. 5, no. 2, pp. 792–796, 2021.
M. Agustin, I. Saripah, and A. D. Gustiana, “Analisis Tipikal Kekerasan Pada Anak Dan Faktor Yang Melatarbelakanginya,†JIV-Jurnal Ilmiah Visi, vol. 13, no. 1, pp. 1–10, 2018, doi: 10.21009/jiv.1301.1.
D. S. Utomo, “PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA SISWA (Penelitian …,†2020.
R. Yunita, “Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal,†Muhafadzah, vol. 1, no. 2, pp. 93–110, 2023, doi: 10.53888/muhafadzah.v1i2.430.
F. S. Mutma, “Deskripsi Pemahaman Cyberbullying Di Media Sosial Pada Mahasiswa,†Jurnal Komunikasi, vol. 13, no. 2, pp. 165–182, 2019, doi: 10.21107/komunikasi.v13i2.5928.
T. G. Sutaji, “PERAN GURU KRISTEN UNTUK MENOLONG MURID SD KORBAN PERUNDUNGAN MELALUI CERITA VIDEO ANIMASI,†Aletheia Christian Educators Journal, vol. 2, no. 1, pp. 69–83, 2021.
E. Anggeriyane, “Mengatasi Bullying Dengan Edukasi Dan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Melalui Media Audiovisual,†vol. 1, no. 2, pp. 104–112, 2023.
D. Oktaviani and Z. H. Ramadan, “Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar,†vol. 9, no. 3, pp. 1245–1251, 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i3.5400.
Cicilia Ika Rahayunita and Andika Gutama, “Workshop Pengembangan Konten Video Tari Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Sukun,†J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 4, pp. 4775–4780, 2022, doi: 10.53625/jabdi.v2i4.3448.
A. Gutama, “Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak,†Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, vol. 3, no. 1, p. 23, 2020, doi: 10.26740/vt.v3n1.p23-32.
Cicilia Ika Rahayunita, “No Title,†vol. 9, no. November, pp. 91–95, 20AD.
R. Mesra, Research & Development Dalam Pendidikan. 2023.
A. G. A. Gutama, “PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION MUSIK ANSAMBEL PENTATONIS PADA MATA PELAJARAN SBdP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR,†MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 5, no. 2, pp. 84–95, 2022.
A. Maydiantoro, “Model Penelitian Pengembangan,†Chemistry Education Review (CER), vol. 3, no. 2, p. 185, 2020.
B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri, and D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,†Intersections, vol. 6, no. 1, pp. 23–33, 2021, doi: 10.47200/intersections.v6i1.589.
A. Rihanah and C. N. Irma, “Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog,†Rihana, A Nurika, C, vol. 5, no. 1, pp. 32–42, 2022, doi: 10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03.
A. Ilsa, F. F, and M. Harun, “Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar,†Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 288–300, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.643.
P. Diah Purnami Dewi and N. Wayan Suniasih, “Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar A R T I C L E I N F O,†Jurnal Edutech Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 156–166, 2022.