Strategi Visual Kosmetik Jacquelle Dalam Membangun Brand Awareness Bagi Para Cosplayer Indonesia

Penulis

  • Edy Chandra Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8894-1136
  • Vira Wilona Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v6i02.1362

Kata Kunci:

cosplay, media sosial, hero

Abstrak

Porsi besaran perkembangan generasi Z semakin berkembang, salah satunya dari porsi dari  generasi Z yang menyukai â€cosplayâ€. Tentunya porsi dari fakta ini memberikan sebuah gambaran peluang bagi produk Jaquelle Beaute untuk memperkenalkan brand produk kepada target sasarannya(tujuan penelitian). Kenyataan ini  akan menjadi daya tarik untuk melakukan penelitian dan rencana perancangan sebuah strategi visual pada media sosial Instagram. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif agar dapat menghasilkan ide-ide kreatif visual yang pada akhirnya dapat meningkatkan brand awareness produk Jaquelle Beaute. Hasil yang dicapai berupa strategi verbal produk Jaquelle Beaute untuk dieksekusi dalam wujud visual.

Referensi

M. Agustin, “Pencinta Anime Wajib Punya! Jacquelle Rilis Koleksi Makeup Hasil Kolaborasi dengan SPY X FAMILY,†Beauty Journal. Accessed: Feb. 29, 2024. [Online]. Available: https://www.beautyjournal.id/article/kolaborasi-makeup-jacquelle-kolaborasi-spy-x-family

D. Angelia, “7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022,†Good Stats. Accessed: Feb. 29, 2024. [Online]. Available: https://goodstats.id/article/7-merek-kosmetik-lokal-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-36qU3

T. Gustafson and B. Chabot, “Brand awareness,†Cornell Maple Bulletin, vol. 105, no. 1, pp. 1–5, 2007.

E. T. Elisabeth, “BUDAYA POP JEPANG ‘COMIC FRONTIER 16’SEBAGAI PRODUK WISATADI KABUPATEN TANGERANG,†2023, Poltekpar NHI Bandung.

Y. A. Naufal, “SEJARAH PERKEMBANGAN POP CULTURE ‘JEJEPANGAN’ DI KOTA JAMBI 2018-2023,†Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, vol. 3, no. 1, pp. 154–162, 2024.

F. B. Sabka, Y. Setyanto, and S. Winduwati, “Pengungkapan Identitas Diri Melalui Komunikasi Non Verbal Artifaktual Pada Komunitas Crossdress Cosplay Jepang,†Koneksi, vol. 2, no. 2, pp. 345–351, 2018.

A. Velda and K. N. Jamiati, “STRATEGI PROMOTION MIX SR12 SKIN CARE DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS,†Bicang komunikasi.

L. J. Moleong, “Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya,†2013, Mosal.

B. Alim and E. Chandra, “REBRANDING UMKM MENTAI MELALUI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL,†Gorga: Jurnal Seni Rupa, vol. 12, no. 1, pp. 174–181.

D. Alir, “Metodelogi penelitian,†Jakarta: PT Rajawali Prees, 2005.

T. Lubart, “Creative process,†Palgrave Studies in Creativity and Culture,(Online), https://doi. org/10.1057/978-1-137-50563-7_1, 2018.

T. K. Wirakusumah, “Konstruksi makna proses kreatif pada kreator di biro iklan,†Jurnal Manajemen Komunikasi, vol. 5, no. 2, p. 135, 2021.

S. Natali, R. Maulidi, and R. Nurfitri, “Perancangan Media Promosi Jasalindo Sport,†Jurnal MAVIS, vol. 4, no. 2, pp. 68–78, 2022.

D. Yogyanti and A. Atiqah, “Headline Dan Subheadline Dalam Wacana Iklan Katalog Produk Kecantikan Oriflame: Pelanggaran Maksim Dan Implikatur,†JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 7, no. 1, pp. 785–793, 2023.

K. Syafuddin, “Cosplay Sebagai Ajang Mendapatkan Pengakuan Masyarakat (Analisis Politik Identitas Cosplayer di Dunia Virtual),†MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, vol. 1, no. 3, pp. 158–173, 2020.

C. S. Adia, P. Pujiyanto, and F. W. Arizal, “Branding TPA Wisata Edukasi Talangagung Kabupaten Malang,†MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 1, no. 02, pp. 64–71, 2019.

E. Chandra and M. W. Mutiara, “New Ancol Logo Design, Brings the Meaning of ‘Happiness’ or ‘Disappointment’ for Indonesian People,†IMAGIONARY, vol. 1, no. 1, pp. 10–15, 2022.

GFRcreative, “STAR7,†dafont.com. [Online]. Available: https://www.dafont.com/star7.font

E. Koelpin, “DELI FONT,†2022, Drizy Studio.

S. Rustan, Layout. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-17