Ideologi Maskulinitas Dalam Film "Ngeri-Ngeri Sedap" Tahun 2022

Penulis

  • Ghifran Muhammad Baghiz Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v6i02.1309

Kata Kunci:

Film Ngeri-Ngeri Sedap, Ideologi Maskulinitas, Semiotika John Fiske

Abstrak

Media seperti film digunakan sebagai Gambaran realitas kejadian pada kehidupan nyata seperti menyampaikan pesan melalui tokoh. “Ngeri-Ngeri Sedap†menjadi film yang menceritakan Pak Domu dan keluarganya yang berlatar belakang Suku Batak dimana mereka melalui beberapa konflik. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 8 sampel scene dari total populasi 129 scene mewakili alur cerita secara menyeluruh. metode pengumpulan data berupa studi dokumen sebagai data primer dan data sekunder yaitu studi pengamatan langsung, studi wawancara mendalam, serta studi kepustakaan. Triangulasi data sumber dari tiga narasumber ahli dilakukan untuk mendapatkan kevalidasian hasil penelitian. Analisis semiotika John Fiske (level realitas, level representatif, dan level ideologi) digunakan untuk mendapatkan bentuk maskulinitas pada Pak Domu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada level realitas khususnya kode perilaku, gesture, ekspresi dan cara bicara Pak Domu dengan level representasi kode kamera, cahaya, penyuntingan, musik dan sound, merekonstruksi kode ideologi oposisi biner gender dari feminitas yang identik dengan ketergantungan, lemah, subjektif, mudah terpengaruh, emosional, irasional, tidak logis, dan kegiatan indoor atau domestik. Temuan penelitian didapatkan bahwa ideologi maskulinitas lebih menonjol pada tokoh utama dengan indikator kekuatan relasional, dihormati, pengontrolan emosi, menghindari feminisme, ketangguhan/kekerasan fisik, kemandirian, dan berani mengambil resiko.

Referensi

“Undang-Undang Republik Indonesia NO.8 Tahun 1992 tentang Perfilman.†[Online]. Available: https://www.kpi.go.id/download/regulasi/UU%20No.%208%20Tahun%201992%20tentang%20Perfilman.pdf

Muhammad Ali Mursid Alfathoni and Muhammad Ali Mursid Alfathoni (penulis) Dani Manesah, Pengantar teori film. Sleman: Sleman : Deepublish, 2020.

D. H. Wikonanda, “Penggambaran Maskulinitas Pria dalam Film Indonesia (Analisis Isi Pada Film Catatan Si Boy, Ada Apa Dengan Cinta Dan Axelerate The Series episode The Finale),†2017. [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:198582814

. “Raih 2.6 Juta Penonton, ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Tumbangkan Rekor Cek Toko Sebelah,†KumparanHits. Accessed: Oct. 10, 2023. [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparanhits/raih-2-6-juta-penonton-ngeri-ngeri-sedap-tumbangkan- rekor-cek-toko-sebelah-1yOhwxbXjvJ

H. Pardede, “Sociocultural values in ’umpama’ of toba Batak / by Hilman Pardede,†1994.

John Fiske and Hapsari Dwiningtyas, Pengantar ilmu komunikasi = Introduction to communication studies. Jakarta: Jakarta: Rajawali, 2012.

J. A. Purba, Shooting yang benar : jadikan video anda sekelas karya videografer profesional. ANDI, 2013.

T. Eagleton, “Ideology: An Introduction,†Studies in East European Thought, vol. 45, no. 3, 1991.

R. F. Levant and Y. J. Wong, Eds., The psychology of men and masculinities. Washington: American Psychological Association, 2017. doi: 10.1037/0000023-000.

A. Risi and Z. Zulkifli, “Kajian Semiotika Ilustrasi Digital Karya Agung Budi Santoso (Pendekatan Semiotika Roland Barthes),†MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 4, no. 02, pp. 47–55, Sep. 2022, doi: 10.32664/mavis.v4i02.739.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA, 2017.

H.B. Sutopo, Metodologi penelitian kualitatif: dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Surakarta: Univ. Sebelas Maret, 2006.

S. C. Hamel, Semiotics: Theory and Applications. in Languages and linguistics series. Nova Science Publishers, 2011. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=0sW9bwAACAAJ

NAWIROH VERA and Risman Sikumbang, Semiotika dalam riset komunikasi / Nawiroh Vera ; editor Risman Sikumbang. Bogor: Bogor Ghalia Indonesia, 2014.

“Ngeri-Ngeri Sedap,†IMDb. [Online]. Available: https://www.imdb.com/title/tt16266336/?ref_=nm_knf_t_1.

Dewi Atika Mayasari, “Review Film Ngeri-Ngeri Sedap: Kisah Keluarga Batak yang Kehilangan ‘Rumah,’†Kumparan. Accessed: May 10, 2024. [Online]. Available: https://kumparan.com/dewi-atika-mayasari/review-film-ngeri-ngeri-sedap-kisah-keluarga-batak-yang-kehilangan-rumah-1z3vxDztidO

John Fiske, Television Culture. London, 1987.

Dwi Yuliyani, “Analisis Peran Ayah Dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap Karya Bene Dion (Kajian Semiologi),†Uin Raden Mas Said, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30