Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok bagi Anak Usia 10-14 Tahun di Indonesia

Penulis

  • Saifuddin Dayana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
  • Daniar Wikan Setyanto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32664/mavis.v6i02.1250

Kata Kunci:

ILM, Indonesia, poster, remaja, rokok

Abstrak

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Rokok Bagi Anak Usia 10-14 Tahun di Indonesia. Masa remaja merupakan masa dimana seseorang memiliki rasa ingin tahu tinggi. Emosi yang labil membuat pikiran rentan terpengaruh oleh faktor negatif. Kurangnya pengawasan, terutama dari keluarga, dapat membuat mereka merasa bebas tanpa memahami batasan yang seharusnya diperhatikan, sehingga muncul fenomena sosial terkait kenakalan remaja. Penelitian ini dilakukan untuk merancang iklan layanan masyarakat yang efektif tentang bahaya merokok bagi anak-anak usia 10-14 tahun di Indonesia melalui poster digital. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran, mengubah sikap dan persepsi terhadap rokok, serta meningkatkan pengawasan di keluarga dan sekolah untuk mendukung perubahan perilaku positif, untuk masa depan penerus bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, kemudian untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan, literatur. Untuk metode analisis data menggunakan analisis framing. Hasil perancangan iklan layanan masyarakat ini menggunakan gaya ilustrasi simpel supaya dapat diterima dengan baik oleh target audiens anak-anak dan remaja usia 10-14 tahun, sehingga  audiens dapat lebih sadar akan dampak negatif rokok pada tumbuh kembang, kesehatan jangka panjang, dan dapat menjadi pintu gerbang menuju NAPZA.

Referensi

T. Nurhidayati, H. Purwanto, L. K. Atmojo, and M. Nasyikin, “Karakteristik Jiwa Remaja dan Penerapannya dalam Pendidikan Menurut Islam,†AS-SUNNIYYAH, vol. 1, no. 01, Feb. 2022, [Online]. Available: https://ejournal.uas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/778

J. R. Lindartono and S. Yahya, “Perancangan Motion Graphic Series sebagai Media Edukasi tentang Depresi bagi para Remaja,†MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 4, no. 02, pp. 56–67, Sep. 2022, doi: 10.32664/mavis.v4i02.761.

Rizky Septi Nugroho, “PERILAKU MEROKOK REMAJA (Perilaku Merokok Sebagai Identitas Sosial Remaja Dalam Pergaulan Di Surabaya),†Universitas Airlangga, 2017.

UNAIR News, “Perilaku Merokok pada Remaja Pelajar Usia 12-15 Tahun,†UNAIR News, Oct. 15, 2020. Accessed: May 22, 2024. [Online]. Available: https://news.unair.ac.id/2020/10/15/perilaku-merokok-pada-remaja-pelajar-usia-12-15-tahun/?lang=id

H Widowati, “Indonesia, Negara dengan Jumlah Perokok Terbanyak di Asean,†Databoks. Accessed: Dec. 23, 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/31/indonesia-negara-dengan-jumlah-perokok-terbanyak-di-asean

D. Suharyanta, D. Widiyaningsih, and S. Sugiono, “Peran Orang Tua, Tenaga Kesehatan, Dan Teman Sebaya Terhadap Pencegahan Perilaku Merokok Remaja,†Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, vol. 4, no. 1, p. 8, May 2018, doi: 10.29241/jmk.v4i1.96.

Mirnawati Mirnawati, Nurfitriani Nurfitriani, Febriana Maya Zulfiarini, and Widya Hary Cahyati, “Perilaku Merokok pada Remaja Umur 13-14 Tahun,†HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), vol. 2, no. 3, 2018.

M. Dimas Syahputra and Heldi Heldi, “Poster Elektronik Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Stress Pada Remaja,†Misterius : Publikasi Ilmu Seni dan Desain Komunikasi Visual., vol. 1, no. 2, pp. 85–94, May 2024, doi: 10.62383/misterius.v1i2.123.

L. Riski, “Manajemen Kampanye Bahaya Merokok melalui Iklan Layanan Masyarakat Televisi,†UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2017.

G. E. Saputro, R. Rachmawati, I. Nurhayati, and T. Haryadi, “Perancangan Buku Cerita Bergambar Pengenalan Esensi Perjuangan R.A Kartini kepada Generasi Muda,†ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 9, no. 4, pp. 528–540, Jan. 2024, doi: 10.33633/andharupa.v9i4.9204.

F. Khairifa, “Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi,†Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), vol. 2, no. 2, pp. 23–28, 2023.

N. Elisabeth, F. Yulika, and A. E. B. Waspada, “Desain Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat tentang Pelecehan Seksual pada Anak di Kota Medan,†ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 4, no. 02, pp. 188–195, Aug. 2018, doi: 10.33633/andharupa.v4i02.1683.

Ahmad Setiadi, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI,†Cakrawala - Jurnal Humaniora, vol. 16, no. 2, 2016.

Kartini Kartini, Juwita Syahrina, Nisya Siregar, and Nurhasanah Harahap, “Penelitian Tentang Instagram,†Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 20–26, 2022.

W. Situmorang and R. Hayati, “Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi Dan Representasi Diri,†Jurnal Sosiologi Nusantara, vol. 9, no. 1, pp. 111–118, Jun. 2023, doi: 10.33369/jsn.9.1.111-118.

S. Maddalena, “Digital 2024,†We Are Social Indonesia. Accessed: May 17, 2024. [Online]. Available: https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/

Mahdi Nurcahyo, “KAJIAN PERAN SKETSA DALAM PROSES KREATIF DAN PENDIDIKAN DESAIN (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital),†Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, vol. 10, no. 2, pp. 86–97, 2022.

Siti Syahra Banun, “Analisis Tipografi Pada Poster Film Drama Indonesia Garapan Ernest Prakasa,†2023.

L. D. S. Kinasih and D. W. Setyanto, “Perancangan Infografis Tentang Bahaya HIV/AIDS untuk Mahasiswa di Wilayah Kota Semarang,†MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 6, no. 01, pp. 39–51, Apr. 2024, doi: 10.32664/mavis.v6i01.1181.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30