Atribut Local Genius Karya Video Bayu Skak
DOI:
https://doi.org/10.32664/mavis.v6i01.1184Kata Kunci:
Bayu Skak, Eksistensi, local geniusAbstrak
Teknologi komunikasi berkembang sangat pesat terutama komunikasi berbasis internet. Hal ini seiring dengan perkembangan situasi sosial yang ada khususnya penggunaan media sosial yang juga berkembang dengan pesat. Salah satu bentuknya adalah situs Video YouTube. Bahkan penggunaan teknologi internet telah merambah ke dunia usaha (industri). Kepopuleran media sosial YouTube membuat para penggunanya (YouTuber) menggunakan aplikasi atau media sosial ini untuk cara mempublikasikan dirinya. Bayu Skak adalah salah satu YouTuber yang sukses membawa eksistensinya dalam media video bahkan kini merambah layar lebar dan televisi. Tujuan utama dari penelitian deskriptif kualitatif adalah untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai karya video Bayu Skak baik secara visual maupun audio. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya-karya video Bayu Skak di kanal YouTube merupakan salah satu wujud dari kepopuleran media sosial YouTube yang mampu memberikan ruang ekspresi. Ruang ekspresi bagi YouTuber juga tidak lepas dari kemasan industri yang mampu memberikan kombinasi ekspresi maupun ekonomi. Ruang ekspresi inilah yang digunakan Bayu Skak sehingga karyanya memliki identitas local genius yang kuat, salah satunya penggunaan kosa kata dan dialeg Jawa Timur dalam karyanya.
Referensi
J. Burgess and J. Green, YouTube : Online Video and Participatory Culture. Polity Press, 2009.
C. M. Annur, “10 Negara dengan Jumlah Pengguna YouTube Terbanyak di Dunia (Oktober 2023),†Databoks. Accessed: Feb. 24, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/24/indonesia-peringkat-keempat-pengguna-youtube-terbanyak-dunia#:~:text=Menurut%20laporan%20terbaru%20We%20Are,pengguna%20YouTube%20terbanyak%20di%20dunia
“Indonesia. DataReportal – Global DigitalInsights,†Digital. Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digit al-2021-indonesia
F. A. Alfatah and A. A. Kusumasari, “Promotional Media Design for ‘Cafe Nomu9 Bites & Beverages’ as Brand Reinforcement in Malang City,†Mavis : Jurnal Desain Komunikasi Visual , vol. 3, no. 2, pp. 73–78, 2021.
A. Yulistara, “10 YouTuber Indonesia Dengan Penghasilan Miliaran Rupiah,†CNBC Indonesia.
D. Satriawan, “Rhetoric and Cultural Factors Analisis Retorika Bayu Skak dalam Film Yowis Ben sebagai Media Promosi Bahasa Jawa,†Academia, 2019.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA, 2017.
I. S. Wahjuwibowo, SEMIOTIKA KOMUNIKASI EDISI III: aplikasi praktis untuk penelitian dan skripsi komunikasi. Mitra Wacana Media, 2019.
Skak Studio, “daily life analytic.†Accessed: Jan. 12, 2024. [Online]. Available: https://www.youtube.com/channel/UCH6rI2jhtiAEX3oPKPeGaJw
R. Arnheim, Art and Visual Perception : A Psychology of the Creative Eye. University Of California Press, 2004.
A. Ridwan, “Humor Dalam Tablig Sisipan Yang Sarat Estetika,†Jurnal Ilmu Dakwah, vol. 4, 2010.
E. Y. Meidy, “Representasi Budaya Suroboyoan Dalam Film “Yowis Ben 1 Dan 2.†Accessed: Dec. 28, 2023. [Online]. Available: Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/View/Subjects/Bdy.Html
M. A. G. Santo& Ghofur, “Makna Kata ‘Jancok’ Dalam Film ‘Yowis Ben 2,’†Jurnal Nomosleca, 2021.
A. Fauzie and S. Sriyanto, “Penggunaan Kata ‘“jancuk†’ Sebagai Ekspresi Budaya Dalam Perilaku Komunikasi Arek Di Kampung Kota Surabaya,†Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, vol. 7, 2017.
Subari, S. E. Dewangga, and R. Nurfitri, “Motion Graphic Video Design on Waste Distribution in Malang City,†Mavis : Jurnal Desain Komunikasi Visual , vol. 4, no. 2, pp. 94–103, 2022.
S. Natali, R. Maulidi, and R. Nurfitri, “Design Of Jasalindo Sport Promotional Media,†Mavis : Jurnal Desain Komunikasi Visual , vol. 4, no. 2, pp. 68–78, 2022.